12 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Beserta Strukturnya

12 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Beserta Strukturnya – Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Teks ini memiliki tujuan utama untuk memandu dan memberi petunjuk cara menyelesaikan sesuatu pada orang yang tidak tau. Teks prosedur selalu ditandai dengan adanya urutan langkah yang disusun secara kronologis baik menggunakan angka maupun konjungsi temporal. Selain itu, teks prosedur kompleks juga selalu menggunakan kalimat perintah pada setiap langkah-langkahnya. Sampai disini apakah anda sudah memiliki gambaran?

Buku resep masakan menjadi contoh teks prosedur kompleks yang sangat ideal. Mengapa saya katakan ideal? karena pada resep masakan kita bisa menemukan setiap unsur teks prosedur. Mulai dari struktur teks hingga kaidah kebahasaannya. Namun, cakupan tema teks prosedur kompleks tidak serta merta terbatas pada masakan saja. Kita bisa mendapati penggunaan teks prosedur pada hampir semua hal bahkan yang paling simpel sekalipun seperti prosedur merebus mie yang tertera di balik kemasan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Beserta Strukturnya
Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Beserta Strukturnya

Di jenjang sekolah menengah, guru sering kali memberikan tugas untuk menyusun contoh teks prosedur kompleks yang berhubungan dengan keseharian siswa. Bahkan, tidak sedikit pula siswa yang diminta menganalisa setiap unsur yang ada di dalam teks tersebut. Apakah anda salah satu diantaranya?

Dalam artikel kali ini saya telah menyediakan beberapa contoh teks prosedur kompleks ntuk membantu teman-teman memenuhi tugas dari bapak/ibu guru. Selain itu, kita juga akan mengulang kembali pembahasan pada artikel sebelumnya sebagai bentuk pendalaman materi.

Materi Teks Prosedur Kompleks

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian, struktur teks prosedur kompleks, dan kaidah kebahasaanya secara lengkap. Namun dalam kesempatan kali ini kita akan mengulangnya kembali agar kita semua selalu ingat unsur unsur teks prosedur tersebut. Sesi pertama kali ini sekaligus menjadi pengantar sebelum kita membahas lebih dalam beragam contoh teks prosedur kompleks nantinya.

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian teks prosedur kompleks adalah teks yang di dalamnya memuat sekumpulan panduan membuat/melakukan sesuatu. Panduan tersebut disusun menggunakan urutan kronologis dan bersifat permanen atau tidak bisa diubah-ubah. Pernyataan diatas juga dibenarkan oleh beberapa ahli Bahasa diantaranya Ismail Masya, Mulyadi, dan Muhammad Ali. Pengertian tersebut juga telah dirumuskan kembali dalam buku pedoman bahasa Indonesia yang bisa kita baca di sekolah.

Setiap jenis teks disusun untuk tujuan yang berbeda beda. Misalnya saja teks eksposisi untuk memaparkan kejadian, teks narasi untuk menghibur, teks pidato untuk memberikan ceramah, dan lain sebagainya. Sedangkan tujuan dan fungsi sosial teks prosedur kompleks adalah memberikan informasi atau petunjuk agar orang bisa melakukan sesuatu dengan benar.

Struktur Teks Prosedur

Setiap orang pasti sudah pernah membaca teks prosedur, namun tidak semuanya memperhatian unsur-unsur yang ada di dalamnya. Teks ini tersusun dari 3 struktur utama yakni bagian judul, material, dan langkah-langkah. Silahkan simak penjabaran dari setiap langkah di bawah ini:

Judul
Bagian judul memegang peran penting dalam struktur teks prosedur kompleks. Mengapa demikian? karena judul merefleksikan isi dari teks itu sendiri. Melalui judul pula orang-orang bisa tau maksud dan tujuan teks hingga mau membacanya. Oleh karena itu, judul harus ditulis secara singkat, jelas, namun tetap menarik.

Material
Bagian material dapat dibagi menjadi dua unsur yang berbeda yakni alat dan bahan. Bagian material memberikan informasi tentang apa saja alat serta bahan yang diperlukan untuk membuat/melakukan sesuatu. Meskipun demikian, struktur teks prosedur kompleks yang satu ini bisa menjadi sangat fleksibel. Ada prosedur yang tidak memerlukan alat seperti cara membuat origami. Ada pula yang tidak memerlukan bahan seperti prosedur cara mematikan laptop. Bahkan, ada pula teks yang tidak memerlukan bagian material sama sekali dan langsung menuju tahapan langkah.

Langkah-langkah
Tahapan langkah menjadi intisari dari struktur teks prosedur kompleks. Pada bagian ini kita akan mendapati panduan/petunjuk berupa perintah yang disusun secara kronologis.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Selain pengertian dan struktur diatas, ada pula hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu unsur kebahasaan. Kaidah kebahasaan teks prosedur mengatur segala tata bahasa, aturan dasar, dan komponen lain yang harus ada dalam teks itu sendiri. Lewat kaidah kebahasaan inilah orang bisa mengetahui ciri ciri teks prosedur kompleks dengan benar. Adapun unsur bahasa dalam teks ini adalah:

  • Kalimat perintah (Imperatif).
  • Konjungsi temporal (pertama, kedua, selanjutnya, lalu, dst).
  • Verba tingkah laku.
  • Verba material.
  • Partisipasi manusia.

Kita telah selesai membaca rangkuman materi teks prosedur kompleks diatas. Jika masih terdapat pertanyaan, ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu. Karena sekarang saatnya kita beranjak menuju topik bahasan yang sebenarnya. Yakni membaca contoh teks prosedur kompleks dalam konteks kehidupan nyata sehari-hari.

Baca juga: Materi Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Sebenarnya, tanpa perlu mencari di Internet pun kita bisa menemukan adanya prosedur hampir di semua tempat. Cobalah ke dapur dan ambil mie instan, lihatlah di bagian belakang bungkus maka akan ada petunjuk saran penyajian. Ketika kita membeli ponsel iphone baru maka akan dibekali dengan manual book atau panduan pengoperasian. Intinya, kita bisa dengan mudah menemukan penggunaan teks prosedur kompleks disekitar kita.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat

Dalam artikel sebelumnya telah saya sebutkan bahwa teks prosedur merupakan jenis teks yang fleksibel jika dilihat dari sudut pandang strukturnya. Seperti tidak adanya bagian material (alat /bahan) dan langsung menuju pembahasan langkahnya. Sehingga contoh teks prosedur tersebut terkesan singkat karena hanya terdiri dari bagian judul dan langkah saja.

Teks seperti diatas biasanya ditemukan pada panduan yang tidak berhubungan dengan makanan. Misalnya panduan pada barang elektronik, prosedur kesehatan, dan lain-lain. Pada contoh pertama saya akan memberikan panduan singkat cara melakukan sesuatu. Contoh teks prosedur yang satu ini tidak memerlukan adanya bagian material. Jadi hanya terdiri dari judul dan langsung menuju ke uraian langkahnya.

Cara Mematikan Komputer

Komputer merupakan perangkat elektronik yang telah menjadi bagian kehidupan manusia. Melalui perangkat inilah kita bisa terhubung ke dunia luar lewat internet. Meskipun demikian, masih banyak orang yang tidak tau bagaimana cara mematikan komputer dengan benar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pengetahuan. Untuk memberi edukasi, saya akan lampirkan cara mematikan komputer dalam contoh teks prosedur kompleks kali ini.

  1. Pastikan seluruh aplikasi telah ditutup semua.
  2. Klik start di pojok kiri bawah.
  3. Tap button power off.
  4. Pilih shutdown.
  5. Tunggu hingga komputer mati sempurna.
  6. Langkah terakhir, cabutlah kabel power dari catudaya.

Tutorial Daftar Kartu Prakerja

Kartu prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang diklaim bisa mengurangi angka penganggurna di Indonesia. Seluruh masyarakat dari semua lapisan dapat ikut berpartisipasi dalam program ini. Insentif yang ditawarkan oleh pemerintah pun juga sangat menarik. Selain mendapatkan pelatihan dasar, pelamar juga akan mendapatkan tunjangan berupa uang pembinaan sebesar 600 ribu selama 4 bulan ke depan.

Meskipun sudah disebarkan melalui sosial media seperti instagram, twitter, dan facebook. Namun masih ada saja orang yang tidak mengetahui langkah-langkah daftar kartu prakerja. Oleh karenanya, saya akan lampirkan contoh teks prosedur kompleks tatacara daftar kartu prakerja di bawah:

  1. Buka situs prakerja.go.id
  2. Tap sign in/daftar.
  3. Masukan email dan password baru.
  4. Buka email untuk konfirmasi via link.
  5. Upload foto KTP dan Isi biodata yang diperlukan.
  6. Lakukan pendaftaran kartu prakerja pada gelombang yang sudah ditentukan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Beserta Strukturnya

Hampir semua prosedur bisa kita lihat strukturnya secara kasat mata. Namun bukan berarti semua prosedur tersebut mencantumkan struktur secara implisit di dalam teksnya. Ada pula beberapa teks prosedur yang hanya terdiri dari judul dan deskripsi. Sedangkan bagian material dan langkah-langkah menjadi satu dalam deskripsi tersebut. Biasanya, teks prosedur kompleks semacam itu cenderung memakai konjungsi temporal daripada mengurutkannya berdasarkan nomor.

Jadi, teks tersebut malah terkesan seperti membentuk pola paragraf namun didalamnya berisi panduan. Silahkan kalian amati dan pelajari contoh teks prosedur kompleks beserta strukturnya di bawah.

Cara Beli Paketan Wifi ID

Di era perkembangan jaman seperti saat ini kita sudah semakin familiar dengan hadirnya internet. Internet mampu menghubungkan informasi lintas benua dan mempermudah aktivitas manusia di jaman modern.

Telkomsel menawarkan akses internet cepat melalui program WiFi ID yang bisa dinikmati oleh masyarakat di Indonesia. Untuk bisa menikmati akses internet cepat tersebut, kita harus membeli voucher terlebih dahulu. Voucher WiFi ID bisa dibeli mulai dari 5 ribu rupiah dengan masa aktif 1 hari. Namun, tersedia pula paket mingguan dan bulanan dengan harga yang berbeda.

Pertama, siapkan pulsa setidaknya Rp.5000,- sebelum anda membeli voucher wifi. Buka menu SMS pada ponsel anda, lalu ketik NET 5000 dan kirim ke 10810. Tunggulah hingga mendapatkan SMS balasan maka anda akan mendapatkan USER ID dan Password. Gunakanlah data login tersebut untuk tersambung ke WiFi ID.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Tentang Makanan

Bentuk teks prosedur yang paling umum ditemui terdapat pada resep masakan. Misalnya saja resep batagor, resep nasi goreng, dan berbagai kuliner lainnya. Secara garis besar, kita bisa menemukan semua unsur teks prosedur pada resep masakan seperti alat dan bahan, langkah-langkah, penggunaan kalimat perintah, dan lain sebagainya. Informasi yang memberikan kita panduan bagaimana cara memasak sesuatu dapat kita temukan dalam wujud buku dan digital (internet).

Pada sesi kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks prosedur komplek tentang resep masakan. Adapun contoh tersebut meliputi resep nasgor jawa, resep jus jambu, silky pudding, dan seblak bandung.

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng seperti sudah menjadi makanan khas rakyat indonesia. Hampir semua lapisan masyarakat baik kaya miskin tua muda menyukai makanan yang satu ini. Secara teknis, kita bisa mengkategorikan nasi goreng menjadi beberapa jenis. Seperti nasi goreng magelangan, nasi goreng spesial, ampela ati, dan nasi goreng jawa. Nasi goreng jawa sebenarnya tidak berbeda dari nasgor pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada bumbu dan isian nasgor itu sendiri.

Alat:

  • Cobek atau ulekan.
  • Wajan dan sodet.

Bahan:

  • 2 siung bawang putih.
  • 2 siung bawang merah.
  • 1 piring nasi putih (dingin).
  • 1/2 potong terasi dibakar.
  • 1 buah kemiri.
  • sayuran (Sawi, kubis, daun bawang, irisan wortel).
  • Garam, gula, lada, cabai secukupnya.
  • Kecap asin, kecap manis.
  • 2 butir telur.
  • Minyak goreng secukupnya.

Langkah-langkah:

  1. Pertama, buatlah bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
  2. Kocok telur, bumbui dengan garam dan taburan daun bawang lalu masak di minyak panas hingga menjadi orak-arik.
  3. Tumis bumbu halus hingga berbau harum lalu masukan nasi putih.
  4. Masukan sayuran dan isian lain seperti potongan ayam, ati ampela, sosis, atau bakso.
  5. Aduk semua bahan tersebut secara merata selama beberapa menit hingga warna berubah kecoklatan.
  6. Tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, dan penyedap rasa sesuai selera.
  7. Masak hingga nasi goreng mengering, angkat, dan sajikan dengan irisan tomat dan taburan bawang goreng.

Cara Membuat Jus Jambu Enak dan Segar

Siapa yang tidak menyukai jus jambu. Selain enak diminum, jus jambu juga dikenal memiliki banyak khasiat seperti mencegah dehidrasi, menambah imunitas tubuh, dan mencegah diare. Jus jambu biasanya juga dijual di kedai-kedai rumah makan hingga restoran sekalipun. Namun dalam contoh teks prosedur kompleks kali ini saya akan memberikan resep jus jambu segar dan enak.

Alat:

  • Pisau.
  • Blender.

Bahan:

  • Jambu biji 3 buah
  • Air secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Madu alam secukupnya.
  • Es batu.

Langkah-langkah:

  1. Kupas jambu biji menggunakan pisau, iris menjadi 4 bagian.
  2. Pisahkan biji dan daging buahnya.
  3. Masukan buah jambu yang sudah dipotong, gula secukupnya, air, dan pecahan es batu.
  4. Blender setidaknya selama 2 menit agar semua bahan tercampur merata.
  5. Langkah terkahir, sajikan jus buah dalam gelas dan tambah dengan madu alam untuk memperkuat citarasa.

Cara Membuat Pudding Coklat Lezat

Pudding coklat bisa dibilang menjadi makanan sejuta umat untuk kita semua. Kelezatan yang dipadu dengan kelembutan puding membuat setiap orang yang mencicipinya terbius rasa manis. Nah, dalam contoh teks prosedur kompleks tentang makanan yang satu ini saya akan memberikan resep silky pudding enak dan lezat.

Bahan:

  • 2 bungkus chocolatos.
  • 1 bungkus agar-agar merk nutrijel.
  • 1 bungkus susu bubuk merk dancow.
  • 1 sendok teh jelly plain.
  • 60 gram gula pasir.
  • 900 ml air putih.

Langkah-langkah:

  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukan semua bahan dan aduk hingga semua tercampur merata.
  3. Pindahkah adonan ke cetakan.
  4. Dinginkan dan potong menjadi beberapa bagian.
  5. Silky puding siap dihidangkan.

Cara Membuat Seblak Sosis Ceker dan Bakso Ikan

Seblak adalah makanan khas dengan citarasa gurih dan pedas yang berasal dari sunda. Makanan yang satu ini biasa disajikan dalam bentuk basah dan kering tergantung selera kita masing-masing. Makanan ini mulai trend beberapa tahun terakhir dan harus kita akui kelezatannya.

Meskipun makanan ini bisa kita beli diluar namun akan lebih enak lagi jika membuatnya sendiri. Resep seblak sendiri sangat fleksibel dan bisa diisi oleh banyak bahan seperti ceker, sosis, bakso ikan, sayuran dan lain sebagainya. Contoh teks prosedur kompleks singkat yang satu ini akan membahas resep seblak bandung yang sudah terkenal lezatnya.

Bahan:

  • Kerupuk pelangi secukupnya.
  • Makaroni ukuran besar.
  • 1 buah telur.
  • Sosis iris kecil.
  • Bakso ikan iris kecil.
  • Ceker sesuai selera.
  • Sayuran (sawi hiaju dan kubis).
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 siung bawang merah.
  • gula, garam, lada secukupnya.
  • Cabe rawit dan cabe merah secukupnya atau bisa diganti bon cabe.

Langkah-langkah:

  1. Rendam kerupuk pelangi dalam air mendidih selama beberapa menit. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu cepat untuk menjaga teksturnya tidak lembek dan tidak terlalu keras.
  2. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai pada minyak panas. Atur api sedang saja.
  3. Setelah bumbu harum segera sisihkan. Masukan telur diamkan sebentar dan aduklah hingga telur tersebut hancur.
  4. Tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga air mendidih.
  5. Masukan kerupuk pelangi, makaroni, sayuran, dan isian kedalamnya.
  6. Tambahkan bon cabe, garam ataupun lada sesuai selera.
  7. Tunggulah hingga semua matang sempurna dan air mulai mengental.
  8. Seblak spesial siap disajikan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Tentang Kesehatan

Tema kesehatan menjadi menarik untuk dibahas semenjak munculnya pandemi dan isu virus akhir akhir ini. Menjaga kesehatan juga harus dilakukan guna pencegahan penularan berbagai penyakit. Ada berbagai panduan kesehatan yang bisa merefleksikan contoh teks prosedur kompleks singkat. Misalnya saja cara memakai masker yang baik dan benar, cara mencuci tangan, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, banyak pula siswa yang mendapatkan tugas menulis contoh teks prosedur kompleks tentang kesehata. Untuk membantu teman-teman memenuhi tugas tersebut, saya telah menyediakan beberapa pilihan teks. Sesi kali ini sekaligus menjadi penutup dari semua contoh diatas.

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Mencuci tangan setiap usai berkegiatan di luar ruangan ataupun tempat terbuka bisa menjadi tindakan pencegahan berbagai penyakit. Pemerintah pun juga telah menyerukan gerakan cuci tangan dalam berbagai kesempatan. Meskipun terdengar sederhana, namun faktanya masih banyak orang yang salah dalam melakukannya.Hal ini disebabkan ketidaktahuan dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah terkait pola hidup bersih yang dimulai dari mencuci tangan. Maka dari itu, saya akan memberikan contoh teks teks prosedur kompleks mencuci tangan yang benar berdasarkan standar medis.

  1. Basahi tangan anda dengan air mengalir.
  2. Tuang sabun cari secukupnya, atau setidaknya hingga menutup telapak tangan.
  3. Gosok satu telapak tangan menuju ke telapak tangan lain.
  4. Selanjutnya, gosok punggung tangan dengan jari.
  5. Lanjutkan dengan menggosok punggung jari menuju ke telapak tangan dengan posisi jari saling tertaut.
  6. Gosoklah ujung jemari anda terutama pada bagian kuku.
  7. Bilas tangan anda menggunakan air mengalir sampai sisa sabun hilang.
  8. Keringkan dengan lap bersih.

Cara Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi salah satu produk yang sering dicari beberapa minggu belakangan. Handsanitizer biasanya ditemukan dalam dua bentuk yakni gel dan cairan semprot. Kandungan antiseptic yang ada didalamnya diklaim mampu menetralisir dan membunuh kuman dan biang penyakit.

Handsanitizer sekarang sudah menjadi new normal starter kit yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Artinya, selama masa transisi pandemic menuju situasi normal baru kita harus membawa terus benda ini di saku/tas. Fungsinya tidak lain untuk membersihkan tangan setelah beraktivitas di luar sekaligus alternatif jika tidak ditemukan air. Mengingat pentingnya benda kecil tersebut, maka dalam contoh teks prosedur kompleks terakhir ini saya akan memberikan panduan penggunaan handsanitizer yang benar.

  1. Tuangkan handsanitizer baik gel maupun cair pada telapak tangan kita. Pastikan cairan cukup untuk membasahi seluruh tangan.
  2. Gosok layaknya sedang mencuci tangan selama kurang lebih 15 detik.
  3. Pastikan menggosok hingga sela-sela jari dan kuku.
  4. Ketika sudah selesai, jangan dibilas dan tunggulah sampai kering. Biasanya tidak memakan waktu lama.
  5. Jangan gunakan handsanitizer pada bekas luka.

Itulah beberapa contoh teks prosedur kompleks singkat beserta strukturnya. Secara garis besar, masih ada banyak sekali model dan contoh lain terkait penggunaan prosedur untuk melakukan berbagai hal. Bahkan, anda pun juga bisa menyusun contoh teks prosedur singkat sendiri atapun sekedar menyalin panduan pada barang-barang di sekitar kita. Jika terdapat pertanyaan terkait contoh teks prosedur diatas, silahkan ajukan melalui kolom komentar. Atapun jika anda memiliki request materi lainnya bisa anda infokan lewat halaman kontak di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here