4 Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah dihafalkan

4 Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah dihafalkan – Sekolah dasar adalah masa yang sangat menyenangkan. Akan tetapi Ketika kalian sudah kelas 6 SD kalian akan segera berpisah dengan teman-teman kalian yang sudah bersama selama masa pendidikan. Tentu ada rasa sedih karena akan berpisah dan juga Bahagia bercampur haru. Karena akan memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi lagi yaitu SMP kalian akan bertemu dengan teman teman yang baru.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah dihafalkan
Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah dihafalkan

Beberapa siswa terpilih terkadang diminta membuat contoh naskah pidato perpisahan kelas 6 untuk mewakili perasaan ketika hendak lulus sekolah. Pada dasarnya pidato perpisahan hanya berisi ucapan terimakasih kepada guru, teman eman, adik kelas dan sebagainya. Tak lupa pula ucapan maaf serta kesan kalian selama 6 tahun belajar sebagai siswa siswi sekolah dasar.

Contoh teks pidato perpisahan kelas 6 menjadi salah satu tema yang sering diangkat untuk menjadi materi pembelajaran. Namun tak semua siswa mampu membuatnya karena berbagai alasan. Kurang mamahami materi serta tak mengetahui dasar-dasar berpidato yang baik menjadi faktor utamanya.

Contents

4 Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah dihafalkan

Ketika duduk di bangku sekolah dasar biasanya siswa sudah mulai diperkenalkan dengan public speaking. Atau berdasarkan istilah adalah berbicara di depan umum memakai gaya bahasa formal. Meski tak terlalu mendapat sorotan tapi sebagai siswa kita tetap harus menguasai aspek-aspek teks pidato. Mulai dari mengetahui struktur, kaidah kebahasaan, ciri-ciri, hingga mampu membuat contoh teks pidato singkat sendiri.

Biasanya guru memberikan tugas membuat teks pidato perpisahan ini untuk ditampilkan pada saat event kelulusan nantinya. Sebelumnya apasih teks pidato itu? teks pidato adalah teks yang berisi pikiran pikiran seseorang untuk disampaikan di hadapan umum. Nah, mungkin nanti kalian akan membacakan teks pidato yang telah kalian buat di depan teman teman dan juga guru kalian.

Tenang saja dan jangan panik saya yakin jika kalian berani berpidato saat acara perpisahan nantinya itu akan menjadi momen yang sangat berkesan. Karena tidak semua orang mempunyai kemampuan dan juga keberanian untuk berpidato didepan umum. Nah, untuk menghadapi momen tersebut tentu kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya. Terutama mental saat hendak berbicara dan naskah pidato singkat yang langsung to the poin.

Pada dasarnya ada banyak sekali naskah pidato perpisahan tersebar di internet yang bisa dijadikan sumber referensi. Begitu juga dalam artikel kali ini saya akan menyajikan contoh teks pidato perpisahan singkat dan juga mudah dihafalkan. Langsung saja, mari kita belajar Bersama contoh pidato perpisahan singkat kelas 6 SD.

Materi Teks Pidato

Sebelum kita menyimak contoh dari teks pidato perpisahan alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa sih teks pidato itu ? teks pidato adalah teks yang berisi pikiran pikiran seseorang untuk disampaikan di hadapan umum dan orang yang menyampaikan pidato disebut dengan operator. Jadi kalian jangan gugup jika nantinya guru kalian menyuruh kalian untuk berpidato didepan teman teman, guru bahkan orang tua wali murid.

Dalam artikel sebelumnya saya sudah membahas materi meliputi kaidah serta struktur teks pidato secara menyeluruh. Tapi pada pembahasan kali ini akan saya sampaikan beberapa aspek pentingnya yakni:

  1. Salam pembuka
  2. Ucapan terimakasih
  3. Kesan selama belajar
  4. Pesan untuk adik kelas
  5. Keinginan untuk tetap menuntut ilmu
  6. Penutup

Dari isi utama diatas kalian bisa mencoba untuk membuat contoh teks pidato perpisahan singkat sendiri. Sebelum itu kalian bisa membaca contoh dari teks pidato dibawah ini untuk menjadi refensi kalian.

Contoh teks pidato perpisahan kelas 6 di bawah ini saya buat sesingkat mungkin agar mudah dihafalkan. Kalian bisa menambah ataupun mengurangi poin-poin yang ingin disampaikan sesuai kebutuhan. Sebagai tambahan referensi untuk memenuhi tugas maka simaklah naskah pidato perpisahan di bawah.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak Kepala Sekolah, para guru dan para orang tua murid yang kami hormati, dan teman-temanku serta adik-adik kelas yang tercinta. Marilah pertama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkat dan perlindungan-Nya pada sore ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan perpisahan.

Kami berdiri disini untuk mewakili teman-teman kelas enam, untuk menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua murid untuk hadir dalam acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala Sekolah dan para guru yang telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun. Tentu saja para guru yang selama enam tahun telah mendidik kami, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan oleh karena sikap kami. Tetapi, para guru tetap sabar dan tidak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6
contoh teks pidato perpisahan kelas 6

Pada kesempatan ini pula, kami mohon maaf sekiranya dalam kurun waktu enam tahun ini banyak perbuatan kami, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka kami mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi kami.

Kami juga berpesan pada adik-adik kelas kami, semoga sepeninggal kami, kalian tetap tekun dan rajin belajar. Contohlah yang baik dari kami, dan buanglah jauh-jauh contoh yang kurang baik dari kami.

Pada kesempatan ini pula, kami mohon pamit dan mohon doa restu dari para guru, agar kami dapat melanjutkan ke SMP yang kami pilih. Kami berjanji di SMP nanti akan tekun belajar untuk membawa nama baik asal sekolah kami ini.

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6

Kalian butuh contoh teks pidato perpisahan singkat yang mudah di hafal? tentang saja karena saya sudah menyediakannya. Pada dasarnya berbicara di depan umum memang tidak perlu terlalu panjang lebar. Menyampaikan poin-poin utama sesuai struktur teks pidato saja menurut saya sudah cukup.

Bismillah;
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam sehat dan salam semangat untuk kita semua
Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajma’in.
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD.
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru SD.
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Siswa beserta para tamu undangan.
Serta teman-teman dari kelas 1-6 yang saya banggakan.

Pertama di atas segalanya, marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita bisa berkumpul di SD….. dalam rangka mengikuti kegiatan pelepasan siswa kelas 6 tahun 2022.

Shalawat dan salam tiada lupa kita kirimkan kepada Nabi Khatamul anbiya, Sayyidina Muhammad SAW. Semoga dengan rajinnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti. Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Mudah Dihafal

Kita tak bisa menampik fakta bahwa masih ada siswa yang kurang mampu menulis maupun membaca pidato. Inilah alasan yang membuat saya tergelitik serta membuat contoh teks pidato perpisahan yang mudah dihafalkan.Sebenarnya siswa tetap bisa mencari referensi terkait naskah singkat lainnya di internet. Tapi, tak ada salahnya jika pada sesi ini saya juga memberikan sedikit contohnya.

Assalamu’alaikum warahmatulllahi wa barakatuh

Selamat pagi Bapak-Ibu hadirin serta teman-teman yang saya banggakan. Salam sejahtera untuk kita. Alhamdulillah, pagi ini kita dapat berkumpul di Gedung Pancasona dengan keadaan sehat dalam rangka perpisahan kelas 6 SD Taruna Utama.

Saya mewakili teman-teman kelas 6 hendak menyampaikan beberapa hal. Pertama, saya mengucapkan terima kasih pada seluruh guru SD Taruna Utama yang telah mendidik kami selama enam tahun. Terima kasih atas dedikasinya dalam mendidik kami. Jasa bapak dan ibu tak akan kami lupakan.

Kami juga mengucapkan permintaan maaf jika selama ini kami memiliki kesalahan pada pihak sekolah. Untuk adik-adik kelas 1-5 semangatlah untuk belajar, perhatikan kata bapak dan ibu guru. Fokuslah untuk meraih cita-cita kalian. Selain itu, saya juga ingin meminta doa restu dari bapak-ibu guru agar kami dapat melanjutkan jenjang SMP dengan baik.

Kami, teman-teman kelas 6 pamit. Semoga kami dapat berjumpa dalam kesempatan lainnya.
Mohon maaf jika saya memiliki kesalahan dalam menyampaikan pidato. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Singkat

Secara garis besar ada banyak sekali contoh teks pidato perpisahan kelas 6 yang mudah dihafal tersebar di internet. Sebagai siswa kita bisa menafaatkan media tersebut untuk mencari format paling sesuai dengan kebutuhan serta tema yang ingin disampaikan. Nah, untuk menambah referensi, maka simaklah contoh teks pidato berikut:

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh.
Yang sangat saya hormati.
Bapak / Ibu Kepala Sekolah (sebutkan namanya).
Guru (nama sekolah).
Orang tua / wali siswa yang terhormat.
Teman dan junior yang kucintai.

Puji dan syukur atas hadirat Allah SWT yang memberikan rahmat kepada kita semua. Hari ini kita berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal. Pertama-tama saya mencintai para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya selama 6 tahun terakhir. Semoga Allah senantiasa menghargai jasa bapak ibu sekalian dari para guru.

Dalam kesempatan ini saya mewakilin kawan-kawan khususnya anak kelas 6 minta maaf semua kesalahan yag telah kami perbuat. Tentang perilaku kita yang mungkin membuat kesal atau menyinggung perasaan para guru, saya berharap para guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Untuk para junior yang terus giat belajar, kami ingin bapak menjadi siswa yang terus mencari ilmu dan selalu menghormati orang tua / guru kami di sekolah ini. Dan terakhir kepada orang tua tercinta, terima kasih telah mencintai kami, terima kasih telah menyekolahkan kami (sebutkan nama sekolahnya) dan terima kasih atas pendidikan yang telah kami terima.
Sekian dari saya, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh.

Itulah sedikit contoh teks pidato perpisahan kelas 6 singkat yang bisa dijadikan referensi tentu isinya dapat kalian sesuiakan dan diedit sendiri. Jika kalian mendapat tugas dari guru kalian untuk berpidato Ketika perpisahan nantinya kalian harus menyiapkan diri sebaik baiknya dan Ketika maju kedepan kalian boleh membawa secarik kertas yang berisi pidato kalian untuk pegangan jika sewaktu waktu kalian lupa karena demam panggung. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here