Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Banjir Beserta Struktur dan Unsurnya

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Banjir Beserta Struktur dan Unsurnya – Banjir merupakan salah satu fenomena alam yang masuk dalam kategori bencana. Meskipun tidak diharapkan, namun faktanya banjir terus terjadi di musim penghujan khususnya di kota-kota besar seperti jakarta. Banjir bisa terjadi karena berbagai faktor baik itu murni karena alam maupun campur tangan manusia. Dampaknya untuk lingkungan pun juga bisa kita saksikan sendiri di berita, surat kabar, dan internet. Bencana alam banjir inilah yang akan kita pelajari sebab akibatnya dalam contoh teks eksplanasi singkat kali ini.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas seecara lengkap materi teks eksplanasi yang meliputi pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan dan beberapa contoh singkatnya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan contoh teks eksplanasi yang lebih spesifik dengan tema bencana alam banjir. Jika anda masih merasa kurang memahami unsur unsur teks ini, maka ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu.

Baca juga: Materi Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Contoh teks eksplanasi banjir yang akan anda baca termasuk dalam kategori teks eksplanasi teoritis karena berisikan spekulasi penyebab dibalik bencana alam tersebut. Setelah membaca, kita akan kembali mengulas tiap unsur yang meliputi struktur dan kaidah kebahasaan pada contoh tersebut sebagai bentuk pendalaman materi.

Contoh Teks Eskplanasi Tentang Banjir

Pernyataan Umum:
Banjir merupakan salah satu fenomena alam sekaligus bencana yang terjadi karena intensitas aliran air berlebih hingga meluap di suatu wilayah. Banjir dapat menyebabkan benda serta makhluk hidup yang dilaluinya hanyut terbawa arus.

Urutan Sebab Akibat (Isi):
Bencana alam banjir bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Curah hujan tinggi dan berkepanjangan menjadi penyebab utama terjadinya banjir akibat sungai yang sudah tidak mampu menampung debit air lagi. Selain murni disebabkan oleh alam, ternyata manusia pun juga turut serta menyebabkan terjadinya banjir. Banyaknya sampah yang dibuang manusia ke selokan, gorong-gorong, dan sungai membuat aliran air menjadi terhambat bahkan sampai mampat. Akibatnya, ketika musim penghujan datang air pun meluap dan menjadi banjir.

Selain itu, banyaknya warga yang bermukim di bantaran sungai juga menjadi salah satu faktor penyebab bencana alam ini. Tanah pinggiran sungai yang harusnya bisa dimanfaatkan menahan aliran air akhirnya akan longsor karena aktivitas manusia. Ditambah dengan penebangan liar dan pembakaran hutan membuat akar tanaman tidak bisa menyerap air dalam tanah. Akibatnya, air akan langsung mengalir menuju dataran yang lebih rendah dan menciptakan genangan.

Contoh teks eksplanasi tema bencana alam banjir
Contoh teks eksplanasi tema bencana alam banjir

Faktor terakhir yang bisa menyebabkan bencana alam banjir adalah tanggul air yang sudah tidak bisa menahan debit air yang masuk. Ketika tanggul tersebut jebol maka wilayah disekitar tanggul tersebut akan terendam banjir.

Interprestasi (Penutup):
Bencana alam memang selalu menimbulkan dampak negatif yang berbeda beda di tengah masyarakat. Begitu juga dengan banjir yang mengakibatkan berbagai kerugian baik secara moril dan materil, jangka panjang dan jangka pendek. Misalnya saja dampak fisik rusaknya bangunan/rumah, jalan raya, fasilitas umum, rumah ibadah dan lain sebagainya.

Secara tidak langsung, banjir juga memberikan dampak negatif dari segi kesehatan masyarakat. Air yang terus menerus menggenang akan menyebabkan berbagai penyakit kulit, Muntahber, dan malaria. Dampak jangka panjang pun juga akan dirasakan masyarakat akibat bencana akan yang satu ini. Terhambatnya ekonomi bisa menyebabkan kelaparan hingga meningkatnya angka pengangguran di wilayah tersebut. Terlebih lagi jika wilayah banjir tersebut ada di zona rekreasi, sudah dipastikan jumlah wisatawan akan menurun drastis.

Himbauan dari pemerintah untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan terus digalakan. Harapannya adalah agar warga di Indonesia memiliki kesadaran dan rasa peka terhadap bencana banjir yang mungkin terjadi.

Itulah contoh teks eksplanasi tentang banjir yang menjelaskan kronologi sebab akibat secara umum. Selanjutnya, mari kita simak contoh eksplanasi tentang banjir yang terjadi secara spesifik di suatu wilayah. Saya akan menyoroti banjir di jakarta yang notabennya terjadi setiap tahunnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Banjir Jakarta

Pernyataan Umum:
Ibu kota Jakarta sudah menjadi langganan banjir tiap tahunnya. Kota terpadat di Indonesia tersebut selalu digenangi air setiap musim penghujan datang. Banyak sungai dan bendungan meluap karena tidak bisa lagi menahan aliran air yang datang. Akibatnya, roda perekonomian jakarta pun terhenti, jalanan menjadi macet total, lingkungan yang tidak sehat, hingga munculnya bibit penyakit berbahaya.

Urutan Sebab Akibat:
Banjir di jakarta tidak sepenuhnya terjadi karena intensitas hujan yang tinggi saja. Melainkan juga karena ulah warganya yang tidak taat aturan membuang sampah sembarangan. Berdasarkan hasil survey, banyak warga jakarta memiilih membuang sampah di sungai, jembatan, dan gorong-gorong karena terbatasnya tempat pembuangan sampah. Kebiasaan buruk tersebut akhirnya lama kelamaan berubah menjadi stigma di tengah masyarakat.

Baca juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Selain itu, warga pendatang yang membuat bangunan ilegal di bantaran sungai juga menjadi penyebab utama banjir di jakarta. Tanah yang seharusnya bisa menahan aliran air justru akan longsor karena strukturnya sudah berubah. Akhirnya, jika banjir di musim penghujan datang masyarakat hanya bisa menyalahkan pemerintah saja. Padahal Penyebab umum banjir ibu kota tersebut disebabkan karena hal mendasar yakni kurangnya kesadaran warga jakarta itu sendiri.

Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam banjir
Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam banjir

Di lain sisi, pemerintah provinsi DKI jakarta pun terus berupaya menanggulangi bencana banjir tiap tahunnya. berbagai program dan edukasi terus diberikan kepada masyarakat dengan harapan agar mereka bisa lebih sadar pentingnya menjaga kebersihan bersama.

Interpretasi (Penutup):
Banjir merupakan bencana alam yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Baik masyarakat maupun pemerintah harus bahu membahu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Warga yang notabennya menempati wilayah tersebut harus memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan. Sementara itu, pemerintah pun juga memiliki peran penting untuk mengedukasi warganya, memberikan pelayanan maksimal, menciptakan saluran irigasi yang baik, dan lain sebagainya.

Kita telah selesai membaca dua contoh teks eksplanasi tentang banjir baik secara umum maupun dalam ruang lingkup yang lebih spesifik. Lantas apa yang bisa anda simpulkan setelah membaca teks diatas? apakah anda bisa menemukan struktur teks eksplanasi tersebut? lantas bagaimana dengan kaidah kebahasaannya?

Unsur Unsur Teks Eksplanasi

Sebagai bentuk pendalaman materi, kita akan melanjutkan pembahasan pada unsur unsur yang ada pada contoh teks ekplanasi singkat diatas. Unsur tersebut terdiri dari struktur dan kaidah kebahasaan yang bisa kita temukan dalam bacaan diatas.

Struktur Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Struktur merupakan kerangka yang membuat teks eksplanasi bisa tersusun dengan rapi. Tanpa adanya struktur ini, kita akan sulit menangkap makna bacaanya karena topik yang tidak ter arah. Bacaan dengan gaya penulisan eksplanasi sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. terlebih lagi jika kita hafal ciri ciri dan kaidah kebahasaannya.

Tanpa perlu mencari, anda bisa menemukan struktur teks diatas dengan sangat jelas karena saya telah memberikan tanda cetak miring dan garis bawah. Namun apakah anda bisa mengidentifikasi contoh teks eksplanasi sendiri? tentu saja kalian semua bisa. Pada dasarnya hanya ada 3 bagian yang menjadis truktur teks eksplanasi. diantaranya adalah:

  1. Pernyataan umum: Pada bagian ini saya menjelaskan apa itu pengertian banjir, penyebab dan dampaknya secara general.
  2. Urutan Sebab Akibat: Bagian ini menerangkan proses terjadinya banjir dengan pola sebab akibat. Disajikan dalam urutan dan kronologi yang jelas.
  3. Interpretasi: Bagian penutup ini berisi kesimpulan tentang topik bahasan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Disamping struktur, kita bisa mengamati kaidah kebahasaan pada dua contoh teks eksplanasi tentang bencana alam banjir diatas. Kaidah kebahasaan mengatur tata bahasa yang digunakan dalam penulisan teks. Aturan ini termasuk pemilihan kata, penggunaan diksi, limitasi topik, dan lain sebagainya.

Contoh teks eksplanasi singkat diatas mengandung beberapa kaidah. Diantaranya adalah:

  • Berfokus pada hal umum yang tidak berkaitan dengan kegiatan manusia.
  • Mengandung istilah dalam ilmu pengetahuan.
  • Menggunakan bahasa baku.
  • Penggunaan kata kerja material.
  • Penggunaan kata kerja relasional.
  • Ada Konjungsi waktu dan kausal.
  • Passive voice.
  • Menggaris bawahi fakta tentang banjir yang terjadi.

Cukup sekian artikel yang membahas contoh teks eksplanasi tentang bencana alam banjir yang dapat saya sampaikan. Selain tema banjir, sebenarnya masih banyak sekali contoh bertemakan fenomena alam lainnya yang tidak kalah populer digunakan untuk pembelajaran. Kita akan membahasnya secara terpisah pada kesempatan berikutnya. Terimakasih sudah berkunjung, jika terdapat pertanyaan terkait contoh teks eksplanasi banjir diatas silahkan ajukan lewat kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here