Contoh Soal Tekanan Hidrostatis, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya – Fisika termasuk mata pelajaran yang dianggap menyulitkan oleh siswa. Banyak materi dengan teori serta rumus hitung kompleks akan kalian jumpai. Misalnya tekanan tekanan hidrostatis yang biasanya diperkenalkan di kelas 8 dan dibahas secara intens saat kelas 11.

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya
Contoh Soal Tekanan Hidrostatis, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya

Kurangnya variasi soal di buku latihan tak menyurutkan niat siswa untuk mendalami materi. Contoh soal tekanan hidrostatis kelas 8 dan 11 pun jadi query yang cukup banyak di internet. Mengapa hanya kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA? Sebab pada dua bangku kelas itulah materi tekanan hidrostatis diberikan.

Meski terdengar rumit tapi sebenarnya konsep tekanan hidrostatis sangat relevan dan mudah dijumpai dalam konteks kehidupan. Sebagai bekal untuk menghadapi ulangan maka dalam artikel kali ini kita akan coba mendalami materi. Selain menyajikan contoh soal tekanan hidrostatis kelas 8 dan 11. Saya juga akan menjelaskan cara mengerjakan yang notabenya memakai rumus praktis.

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya

Tekanan hidrostatis adalah jenis tekanan yang dihasilkan oleh fluida dalam keadaan diam atau dalam keadaan seimbang. Tekanan ini bergantung pada tingkat kedalaman fluida dan berlaku ke segala arah. Fluida sendiri merujuk pada jenis zat yang bersifat tidak tetap, mengikuti bentuk wadah, dan mampu mengalir.

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu tekanan hidrostatis secara lengkap. Tak hanya berisi contoh soal tekanan hidrostatis saja tapi tersaji pula rumus hitung serta aspek materi lainnya. Kendati demikian, masih ada saja siswa yang kesulitan mengerjakan dan menyebutkan contoh tekanan tersebut.

Sebagai contoh sederhana ketika merendam tangan dalam bak mandi atau kolam renang. Sadar atau tidak kalian akan merasakan tekanan pada kulit yang semakin berat seiring dalamnya kolam. Itulah contoh tekanan hidrostatis yang menurut saya sangat umum dijumpai.

Tapi dalam pembahasan singkat kali ini kita akan coba mengerjakan contoh soal tekanan hidrostatis kelas 8 dan 11. Kita tau bahwa rumus tekanan hidrostatis adalah P=ρ.g.h yang notabenya sangat mudah di hafal. Untuk menambah wawasan simaklah latihan soal berikut.

1. Seekor penyu laut ada pada kedalaman 10 meter di bawah air. Apabila massa jenis air di area tersebut adalah 1000kg/m3. Sedangkan percepatan gravitasi yaitu 10m/s2, maka tekanan hidrostatisnya adalah:

A. 100 Pa
B. 1000 Pa
C. 108 Pa
D. 105 Pa
E. 30 Pa

Jawaban paling tepat untuk contoh soal tekanan hidrostatis di atas adalah D. 105 Pa. Jika kamu masih penasaran bagaimana cara mengerjakannya simaklah pembahasan di bawah.

Diketahui:

  • h = 10 meter
  • ρ = 1000 kg/m3
  • g = 10m/s2

Ditanya: Berapa tekanan hidrostatis yang dialami oleh penyu laut?

Jawab:

  • P = ρ.g.h
  • P = 1000 kg/m3 x 10m/s2 x 10 meter = 105 Pa

2. Dua orang dewasa mempunyai massa yang nyaris sama. Saat keduanya berenang, salah seorang pergi ke sungai dan satunya ke laut. Ketika keduanya menyelam dan mencapai kedalaman yang sama. Maka mana orang yang menerima tekanan hidrostatis lebih besar dan lebih kecil?

Jawaban contoh soal tekanan hidrostatis di atas yaitu:

Kita tau bahwa jenis fluida sangat mempengaruhi terjadinya tekanan hidrostatis. Sehingga masing-masing jenis zat cair akan memberi dampak berbeda pada tekanan tersebut. Di lain sisi, air laut mempunyai massa jenis yang lebih tinggi daripada air tawar. Jadi, saat kedua orang tersebut menyelam pada kedalaman yang sama maka perenang di laut akan mendapat tekanan hidrostatis yang lebih besar. Sedangkan orang yang menyelam di sungai akan menerima tekanan lebih kecil.

3. Seorang turis yang sedang berwisata di pantai Bali menyelam di kedalaman 4 meter. Seketika itu juga ia merasakan tekanan air sekain meningkat seiring kedalaman air. Jika massa jenis air 1100 kg/m3 dan percepatan gravitasi 9,5m/s2. Tentukanlah berapa tekanan hidrostatisnya?

Diketahui:

  • h = 4 meter
  • ρ = 1100 kg/m3
  • g = 9,5m/s2

Jawaban contoh soal tekanan hidrostatis kelas 8 di atas adalah:

  • P = ρ.g.h
  • P = 1100 kg/m3 x 9,5m/s2 x 4 meter = 41800 Pa
  • Tekanan hidrostatisnya adalah 41.800 pa

4. Barometer tekanan udara di kota batam menunjukan angka 60 cm. Lantas berapa ketinggian kota batam?

Apabila tekanan udara = 60cmHg maka ketinggian bisa kita peroleh dari

  • h = (76 cmHg – tekanan udara) x 100 m
  • h = (76 – 60) x 100
  • h = 16 x 100 = 1600 mdpl

Ada banyak sekali kontekstualisasi tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari hari. Beragam variasi latihan soal pun juga tersaji di berbagai media baik offline maupun online. Sehingga contoh soal tekanan hidrostatis tak hanya berfokus mengukur di bawah permukaan air saja. Kita juga bisa memakainya untuk mengukur ketinggian, tekanan udara, dan lain sebagainya.

Jika menggali lebih dalam materi ini maka kita bisa menjumpai berbagai latihan soal yang variatif. Masing-masing tentunya memiliki tingkat kesulitan berbeda menyesuaikan kelas. Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Apabila kamu masih menjumpai kesulitan pada saat mengerjakan soal jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan.

Semoga apa yang saya ajarkan di atas bisa jadi bahan referensi kamu dalam belajar. Saya tutup artikel tentang contoh soal tekanan hidrostatis dan jawabannya dengan mengucapkan banyak terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here