Rumus Rata Rata Diagram Batang Beserta Contoh Soalnya

Rumus Rata Rata Diagram Batang Beserta Contoh Soalnya – Dalam ilmu Matematika tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah diagram. Apa itu diagram? Pengertian diagram adalah gambar sederhana yang memuat garis dan simbol di dalamnya untuk menjelaskan secara garis besar struktur objek tertentu. Diagram secara umum memang dapat dibagi menjadi beberapa macam. Misalnya saja diagram batang ini.

Apa yang dimaksud diagram batang itu? Bagaimana rumus rata rata diagram batang? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal rata rata diagram batang? Kegunaan diagram batang secara umum ialah untuk menjelaskan nilai, objek dan data tertentu. Data yang dijabarkan dalam bentuk diagram batang ini dapat berbentuk batang tegak, batang dengan lebar terpisah dan batang mendatar.

Cara menentukan rata rata diagram batang pada umumnya dapat dilakukan dengan mudah. Caranya yaitu data didalamnya harus dijumlahkan terlebih dahulu. Data yang telah dijumlah tadi kemudian dibagi dengan banyaknya data. Cukup mudah bukan? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus rata rata diagram batang beserta contoh soal rata rata diagram datang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Rata Rata Diagram Batang Beserta Contoh Soalnya

Diagram batang dapat dinamakan dengan diagram balok. Diagram batang adalah grafik yang menunjukkan set atau angka berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang yang mewakili frekuensi sebuah nilai data tertentu. Grafik batang secara umum berguna untuk menggambarkan perubahan data penelitian atau nilai objek selama periode waktu tertentu.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam pelajaran Matematika tentunya sering kita temui materi diagram batang. Diagram batang memang menunjukkan jumlah tertentu di waktu tertentu juga. Diagram batang secara umum dapat dicari nilainya menggunakan rumus tertentu. Bagaimana rumus diagram batang itu? Rumus tersebut secara umum dapat digunakan untuk menyelesaikan contoh soal diagram batang yang tersedia.

Seperti yang kita tahu bahwa penyajian sebuah data tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan diagram batang, data tunggal maupun data dalam tabel. Di bawah ini terdapat pembahasan tentang rumus diagram batang dan contoh soal diagram batang. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Invers Matriks Beserta Contoh Soalnya

Rumus Diagram Batang

Diagram batang memiliki penyajian khusus untuk menjelaskan sebuah objek atau data tertentu. Penyajian diagram batang tersebut memang dibuat sedemikian rupa agar nilai rata ratanya dapat diketahui. Cara menentukan diagram batang ini dapat dilakukan dengan rumus seperti berikut:

Rata rata = Jumlah data/Banyak data

Contoh Soal Diagram Batang

Agar anda lebih paham mengenai rumus diagram batang di atas. Maka saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Diagram Batang

Diketahui gambar diagram batang di atas merupakan banyaknya pengunjung pameran selama 6 hari berturut turut. Tentukan nilai rata rata pengunjung per harinya?

Pembahasan.
Contoh soal diagram batang tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Banyak data = 550 + 700+ 750 + 400 + 800 + 600
Jumlah data = 6
Nilai rata rata = Jumlah data/Banyak data
Nilai rata rata = 3.800/6
Nilai rata rata = 633,33
Jadi rata rata pengunjung pameran per harinya sekitar 633 orang.

Baca juga : Cara Menghitung Relasi dan Fungsi Beserta Contoh Soal Terlengkap

2. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Diagram Batang

Diagram batang di atas merupakan jumlah pertumbuhan penduduk desa Sukajaya tahun 2001 – 2005. Tentukan nilai rata rata pertumbuhan penduduk setiap tahunnya?

Pembahasan.
Contoh soal tersebut dapat diselesaikan dengan rumus diagram batang seperti di bawah ini:
Banyak data = 19 + 20 + 13 + 18 + 20
Jumlah data = 5
Nilai rata rata = Jumlah data/Banyak data
Nilai rata rata = 90/5
Nilai rata rata = 18
Jadi nilai rata rata pertumbuhan penduduk setiap tahunnya adalah 18.

3. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal Diagram Batang

Diagram di atas menunjukkan sekumpulan anak dalam berbagai usia. Tentukan nilai rata rata anak setiap tahunnya?

Pembahasan.
Banyak data = 6 + 4 + 8 + 5 + 7
Jumlah data = 5
Nilai rata rata = Jumlah data/Banyak data
Nilai rata rata = 30/5
Nilai rata rata = 6
Jadi nilai rata rata anak setiap tahun adalah 6.

Sekian penjelasan mengenai rumus rata rata diagram batang beserta contoh soal rata rata diagram datang. Diagram batang merupakan grafik yang menunjukkan set atau angka berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang yang mewakili frekuensi sebuah nilai data tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here