Rumus Segitiga (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal

Rumus Segitiga (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal – Bangun Matematika pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua yaitu bangun datar dan bangun ruang. Salah satu jenis bangun datar tersebut ialah segitiga. Apa yang dimaksud segitiga itu? Bagaimana rumus luas segitiga itu? Bagaimana rumus keliling segitiga? Bagaimana sifat sifat segitiga? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal segitiga? Pengertian segitiga ialah bangun dua dimensi yang mempunyai tiga sudut dan tiga sisi berbentuk garis lurus. Segitiga berdasarkan ilmuan Matematika Euclid dapat didefinisikan sebagai bangun datar dengan tiga sudut yang berjumlah 180°. Maka dari itu apabila salah satu sudutnya dicari, maka dalam rumus tersebut harus ada dua sudut lainnya yang diketahui.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam materi segitiga ini terdapat pembahasan mengenai pengertian segitiga, rumus segitiga, rumus luas segitiga, rumus keliling segitiga dan contoh soal segitiga. Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi ini. Pada dasarnya segitiga termasuk dalam bangun datar yang cukup mudah. Bahkan segitiga ini digunakan dalam materi trigonometri yang memuat sudut sudut istimewa. Akan tetapi jenis segitiga yang digunakan merupakan kategori segitiga siku siku, dimana besar sudutnya 90 derajat. 

Untuk mencari luas segitiga pada umumnya dapat menggunakan rumus setengah alas yang dikalikan dengan tinggi. Selain itu keliling segitiga juga dapat dicari dengan menjumlahkan panjang pada setiap sisi segitiganya. Bangun segitiga merupakan salah satu bangun datar yang memiliki sifat sifat dan rumusnya sendiri. Karakteristik ini merupakan ciri khas yang dimiliki oleh bangun tersebut. Dengan begitu bangun ini dapat dibedakan dengan bangun datar lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus segitiga (rumus luas segitiga dan rumus keliling segitiga) beserta contoh soal segitiga. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Segitiga (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal

Jika membahas tentang bangun datar tentunya yang terbesit di pikiran kita adalah bangun yang memiliki panjang dan lebar. Bangun datar ini sebenarnya dapat di bagi menjadi beberapa jenis seperti bangun segitiga, persegi panjang, persegi, lingkaran dan sebagainya. Masing masing jenis bangun datar tersebut memiliki rumus luas dan keliling yang berbeda beda. Seperti halnya bangun segitiga yang juga memiliki rumus luas dan rumus kelilingnya sendiri.

Bangun segitiga pada dasarnya termasuk dalam kategori bangun datar yang paling sederhana jika dibandingkan dengan bangun datar lainnya. Bentuk segitiga ini asalnya dari tiga sudut dan tiga sisi yang memiliki ruas garis sebagai pembatasnya. Disisi lain jumlah sudut segitiga secara keseluruhan dapat berupa 180 derajat. Segitiga tersebut sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Macam macam segitiga menurut panjang sisinya dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti segitiga sama sisi, segitiga sembarang, segitiga sama kaki dan segitiga siku siku. 

Selain itu adapula jenis jenis segitiga menurut sudutnya yaitu segitiga lancip, segitiga tumpul dan segitiga siku siku. Secara umum segitiga memiliki sifat sifat yaitu mempunyai tiga sisi dan tiga sudut serta mempunyai jumlah sudut kelesuruhan sebesar 180º. Setelah mengetahui pengertian segitiga di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang rumus luas segitiga, rumus keliling segitiga dan contoh soal segitiga. Berikut penjelasan selengkapnya:

Rumus Segitiga (Luas dan Keliling) Beserta Contoh Soal
Bangun Datar Segitiga

Rumus Segitiga

Segitiga pada dasarnya memiliki rumus luas dan rumus keliling di dalamnya. Rumus rumus inilah yang berguna untuk menyelesaikan soal soal terkait segitiga. Adapun beberapa rumus yang digunakan yaitu sebagai berikut:

Rumus Luas Segitiga = ½ x a x t
Rumus Keliling Segitiga = a + b + c

Keterangan:
a = Alas (Sisi Segitiga)
t = Tinggi 
b dan c = Sisi Segitiga

Contoh Soal Segitiga

Setelah menjelaskan tentang pengertian segitiga dan rumus segitiga di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal bangun segitiga terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Sebuah segitiga memiliki sisi tinggi = 4 cm, alas a = 5 cm, sisi b = 4 cm dan sisi c = 6 cm. Tentukan luas dan keliling segitiga tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal segitiga tersebut dapat diselesaikan dengan rumus luas segitiga dan rumus keliling segitiga. Adapun langkah langkahnya yaitu:
Luas Segitiga = ½ x a x t
                    = ½ x 5 x 4
                    = 10 cm²

Keliling segitiga = a + b +c
                        = 5 + 4 + 6
                        = 15 cm
Jadi luas dan keliling segitiga tersebut ialah 10 cm² dan 15 cm.

2. Sebuah segitiga memiliki luas 28 cm² dan tinggi 8 cm. Tentukan alas segitiga tersebut?

Pembahasan.
Luas Segitiga = ½ x a x t
                28 = ½ x a x 8
                28 = 4a
                  a = 28/4
                  a = 7 cm
Jadi alas segitiga tersebut ialah 7 cm.

Sekian penjelasan mengenai rumus segitiga (rumus luas segitiga dan rumus keliling segitiga) beserta contoh soal segitiga. Segitiga merupakan bangun dua dimensi yang mempunyai tiga sudut dan tiga sisi berbentuk garis lurus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi segitiga di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here