Rumus Luas Persegi dan Keliling Beserta Contoh Soal

Rumus Luas Persegi dan Keliling Beserta Contoh Soal – Dalam pembelajaran Matematika terdapat pembahasan mengenai materi bangun datar. Bangun datar ini berbeda dengan bangun ruang karena unsur unsur di dalamnya tidak sama. Dalam bangun datar terdapat unsur panjang dan lebar, sedangkan dalam bangun ruang terdapat unsur panjang, lebar serta tebal. Salah satu jenis bangun datar tersebut ialah persegi. Bagaimana rumus persegi itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal persegi? Dalam materi persegi terdapat rumus luas dan rumus keliling persegi. Apakah anda tahu bagaimana sifat sifat persegi?

Bangun persegi pada umumnya sering ditemukan dalam benda benda disekeliling kita seperti ladang, dasar pondasi rumah, lapangan, bingkai foto, buku dan sebagainya. Ketika di bangku sekolah dasar, para siswa telah diajarkan mengenai bangun datar persegi. Kemudian di sekolah menengah pertama mengalami pengembangan materi. Dalam materi persegi ini terdapat pembahasan mengenai rumus persegi, rumus luas persegi, rumus keliling persegi, sifat sifat persegi, dan contoh soal persegi. Cara menentukan persegi tersebut cukup mudah karena sisi sisinya sama panjang.

Apa yang dimaksud persegi itu? Pengertian persegi ialah bangun dua dimensi yang memiliki empat rusuk dengan panjang sama dan sejajar serta mempunyai empat sudut siku siku. Bangun datar ini memang memiliki ciri khas khusus yaitu sisi sisinya sama panjang dan sudut sudutnya sama besar. Selain itu rumus persegi juga cukup sederhana, mengingat sifat sifat persegi tersebut mudah untuk dipahami. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas persegi dan rumus keliling persegi beserta contoh soal persegi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas Persegi dan Keliling Beserta Contoh Soal

Materi persegi merupakan salah satu bangun datar yang cukup mudah untuk dipahami. Hal ini dikarenakan persegi memiliki sifat sifat yang cukup sederhana dibandingkan bangun datar lainnya. Untuk itulah rumus perseginya juga cukup mudah dipahami. Persegi memang dapat diartikan sebagai bangun dua dimensi yang memiliki empat rusuk dengan panjang sama dan sejajar serta mempunyai empat sudut siku siku.

Rumus Luas Persegi dan Keliling Beserta Contoh Soal
Bangun Datar Persegi

Sebelum menjelaskan tentang materi persegi seperti rumus luas persegi, rumus keliling persegi dan contoh soal persegi tersebut. Saya akan membagikan beberapa sifat sifat persegi terlebih dahulu. Persegi memiliki beberapa sifat seperti di bawah ini:

  • Mempunyai sisi sisi semuanya yang saling berhadapan sejajar dan sama panjang.
  • Mempunyai bentuk masing masing sudut yang berupa siku siku.
  • Mempunyai dua diagonal yang berpotongan di tengah bias sehingga bentuknya sudut siku siku serta mempunyai dua diagonal yang sama panjang.
  • Masing masing sudut yang dimiliki akan dibagi oleh diagonalnya menjadi dua sama besar.

Rumus Persegi

Persegi memiliki rumus luas dan rumus keliling yang cukup sederhana. Hal ini dikarenakan sisi sisinya memiliki panjang yang sama. Untuk itu rumusnya akan menjadi seperti di bawah ini:

Rumus Luas Persegi

L = s x s = s²

Rumus Keliling Persegi

K = s + s + s + s = 4s

Keterangan:
L = Luas 
K = Keliling
s = Sisi

Contoh Soal Persegi

Setelah menjelaskan tentang pengertian persegi, sifat sifat persegi dan rumus persegi di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal bangun persegi. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Diketahui suatu persegi mempunyai sisi yang panjangnya 16 cm. Tentukan luas persegi tersebut?

Pembahasan.
Untuk menyelesaikan soal ini, kita dapat menggunakan rumus luas persegi seperti di bawah ini:
Luas = s x s
        = 16 cm x 16 cm
        = 256 cm²
Jadi luas persegi tersebut ialah 256 cm².

2. Suatu kain memiliki bentuk persegi dengan panjang 50 m. Tentukan keliling kain tersebut?

Pembahasan.
Soal di atas dapat diselesaikan dengan rumus keliling persegi seperti di bawah ini:
Keliling = 4s
            = 4(50 m)
            = 200 m
Jadi keliling kain tersebut ialah 200 m.

3. Diketahui sebuah persegi memiliki luas 81 cm². Tentukan sisi dan keliling perseginya?

Pembahasan.
Contoh soal persegi tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Luas = s²
   81 = s²
     s = √81
     s = 9 cm

Nilai s = 9 cm, sehingga kelilingnya dapat dicari menggunakan rumus seperti di bawah ini:
Keliling = 4s
            = 4(9)
            = 36 cm
Jadi sisi persegi dan luas persegi secara berturut turut ialah 9 cm dan 36 cm.

4. Diketahui suatu persegi memiliki keliling 48 cm. Tentukan luas persegi tersebut?

Pembahasan.
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menentukan sisi persegi menggunakan rumus keliling persegi seperti di bawah ini:
Keliling = 4s
       48 = 4s
         s = 48/4
         s = 12 cm

Kemudian menggunakan rumus luas persegi seperti berikut:
Luas = s²
        = 12²
        = 144 cm²
Jadi luas persegi tersebut ialah 144 cm².

5. Tentukan sisi persegi jika kelilingnya 56 cm?

Pembahasan.
Keliling = 4s
       56 = 4s
         s = 56/4
         s = 14 cm
Jadi sisi persegi tersebut ialah 14 cm.

Sekian penjelasan mengenai rumus luas persegi dan rumus keliling persegi beserta contoh soal persegi. Selain rumus persegi tersebut, saya juga menyertakan sifat sifat persegi yang dapat anda pahami dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi persegi di atas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here