Rumus Identitas Trigonometri dan Contoh Soal

Rumus Identitas Trigonometri dan Contoh Soal – Dalam ilmu Matematika tentunya kita akan diajarkan mengenai beberapa materi pembelajaran. Salah satunya adalah materi Trigonometri. Materi tersebut berhubungan dengan sudut sudut dalam segitiga. Dalam trigonometri ini tentunya kita mengenai istilah tentang identitas trigonometri. Apa itu identitas trigonometri?

Pengertian identitas trigonometri adalah sebuah relasi yang berhubungan dengan fungsi fungsi trigonometri, dimana nilainya benar pada setiap penggantian variabel menjadi konstanta anggota yang ada di domain fungsi. Pernyataan domain ini sering kali dinyatakan dalam bentuk yang tidak eksplisit. Apakah anda tahu rumus identitas trigonometri itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal identitas trigonometri?

Dalam materi identitas trigonometri pada umumnya terdapat beberapa elemen yang berkaitan dengan hubungan antar fungsi seperti fungsi sinus (sin), cosinus (cos), tangen (tan), secan (sec), cosecan (cosec) dan cotangen (cotan). Dengan fungsi fungsi tersebut kita dapat mencari sisi atau sudut segitiga yang berasal dari dua sisi segitiga menggunakan sistem trigonometri tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus identitas trigonometri dan contoh soal identitas trigonometri. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan di bawah ini.

Contents

Rumus Identitas Trigonometri dan Contoh Soal

Ketika di bangku sekolah menengah atas (SMA) tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi identitas trigonometri ini. Materi tersebut seringkali dianggap sulit oleh beberapa siswa. Hal ini dikarenakan banyak rumus rumus trigonometri yang harus dihafalkan secara bersamaan.

Seperti yang kita tahu bahwa pengaplikasian trigonometri pada umumnya ditemukan dalam beberapa bidang seperti astronomi, geografi, ekonomi, elektronik, teknik, medical dan lain lain. Penggunaan rumus trigonometri sendiri pada umumnya berhubungan dengan sudut sudut istimewa maupun sisi sisi pada segitiga siku siku seperti sisi samping, sisi depan dan sisi miring.

Baca juga : Rumus Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dan Contoh Soal

Sebelum membahas tentang rumus identitas trigonometri dan contoh soal identitas trigonometri tersebut. Saya akan membahas terlebih dahulu mengenai sisi sisi segitiga siku siku. Sisi depan segitiga siku siku adalah sisi yang berada didepan sudut. Sisi samping adalah sisi yang berada di samping sudut. Sedangkan sisi miring adalah sisi yang selalu berhadapan dengan sudut siku siku (90⁰). Berikut gambar selengkapnya yaitu:

Gambar Sisi Sisi Segitiga Siku - Siku
Gambar Sisi Sisi Segitiga Siku – Siku

Berdasarkan gambar di atas, kita tahu dimana letak sisi sisi segitiga siku siku tersebut. Bagaimana jelas bukan? Sisi sisi pada segitiga siku siku ini berkaitan dengan rumus dan contoh soal identitas segitiga. Dalam trigonometri sendiri kita mengenal beberapa fungsi seperti sin, cos, dan tangen. Kemudian adapula fungsi kebalikannya seperti cosec, sec dan cotangen. Berikut beberapa persamaan dalam fungsi trigonometri yaitu sebagai berikut:

Rumus Fungsi Trigonometri
Rumus Fungsi Trigonometri

Baca juga : Contoh Soal Integral Tentu Beserta Pembahasannya

Rumus Identitas Trigonometri

Rumus pada materi identitas trigonometri pada umumnya berkaitan dengan fungsi fungsi di atas. Misalnya fungsi secan yang merupakan kebalikan fungsi cosinus dalam trigonometri. Kegunaan rumus identitas ini biasanya untuk menjelaskan hubungan fungsi fungsi dalam trigonometri tersebut. Adapun beberapa persamaan dalam identitas trigonometri yaitu sebagai berikut:

Rumus Identitas Trigonometri

Rumus rumus dalam identitas trigonometri di atas berasal dari turunan fungsi trigonometri yang berkaitan dengan fungsi fungsi lainnya. Materi identitas trigonometri tersebut tidak hanya memiliki rumus rumus di atas saja, namun adapula rumus lain yang berkaitan dengan sudut rangkap. Adapun rumus yang digunakan yaitu:

Rumus Identitas Trigonometri Sudut Rangkap

Rumus Identitas Trigonometri Sudut Rangkap

Rumus di atas biasanya digunakan untuk menyelesaikan fungsi limit trigonometri maupun soal soal identitas trinonometri tersebut. Bagaimana penjelasan sampai sini, mudah bukan?

Contoh Soal Identitas Trigonometri

Agar anda lebih paham mengenai rumus identitas trigonometri tersebut. Maka saya akan membagikan contoh soal terkait rumus di atas. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu:

Buktikan persamaan sin α . cot α = cos α?

Pembahasan.

Jawaban Contoh Soal Identitas Trigonometri

Sekian penjelasan mengenai rumus identitas trigonometri dan contoh soal identitas trigonometri. Identitas trigonometri merupakan relasi yang berhubungan dengan fungsi fungsi trigonometri, dimana nilainya benar pada setiap penggantian variabel menjadi konstanta anggota yang ada di domain fungsi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here