Contoh Soal Peluang dan Pembahasannya

Contoh Soal Peluang dan Pembahasannya – Sebelum mempelajari tentang materi peluang, alangkah lebih baik apabila anda mengetahui terlebih dahulu tentang kaidah pencacahan seperti aturan perkalian, kombinasi, penjumlahan dan permutasi. Maka dari itu anda dapat belajar teori peluang dengan cepat. Dalam kehidupan sehari hari, kita dapat menerapkan teori peluang untuk menafsirkan hasil kejadian yang belum terjadi. Walaupun hasil kebenarannya belum pasti, namun teori peluang ini dapat dijadikan pedoman untuk menarik kesimpulan.

Sebenarnya teori teori peluang tidak terlalu sulit untuk dipelajari, karena pembelajarannya hanya mengikuti langkah langkah di dalamnya. Lantas apakah anda tahu pengertian peluang itu? Peluang merupakan frekuensi relatif banyaknya peristiwa tak terhingga yang dapat muncul. Selain itu peluang juga dapat diartikan sebagai nisbah yang berguna untuk menjelaskan besar kemungkinan terjadinya peristiwa. Misalnya peluang sebuah dadu yang dilemparkan ke atas.

Peluang biasanya dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan karena kemungkinan jumlah kejadian tertentu dibagi dengan jumlah kemungkinan terjadinya semua kejadian. Lantas bagaimana cara menghitung peluang itu? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal peluang dan pembahasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Peluang dan Pembahasannya

Peluang dalam Matematika merupakan cara yang dilakukan untuk mencari kemungkinan terjadinya sebuah kejadian. Ketidakpastian sebuah permasalahan memang selalu ada karena terkadang sebuah tindakan dapat mengakibatkan hal lain. Contohnya pelemparan mata uang logam ke atas yang menyebabkan munculnya sisi angka (A) atau sisi gambar (G). Munculnya salah satu sisi logam ini tidak dapat diprediksi kebenarannya, bisa saja muncul sisi A atau sisi G dari beberapa kejadian.

Pada dasarnya letaknya nilai sebuah peluang dapat berada di angka 1 dan 0. Sebuah peristiwa yang pasti atau telah terjadi biasanya memiliki nilai peluang 1. Contohnya matahari yang pasti tidak muncul di malam hari dan muncul di siang hari. Kemudian adapula peristiwa yang memiliki nilai peluang 0, jika peristiwa tersebuit mustahil atau tidak mungkin terjadi. Contohnya sepasang anjing yang melahirkan seekor kucing.

1. Tentukan peluang munculnya mata dadu 4 ketika sebuah dadu dilemparkan ke atas sebanyak 1 kali?

Pembahasan.
Titik sampel dadu bernilai 4 n(A) = 1
Banyak titik sampel n(S) = 6
P(A) = n(A)/n(S) = 1/6
Jadi peluang munculnya mata dadu 4 adalah 1/6.

2. Siska mempunyai 2 koin 1000 rupiah, kemudian kedua koin itu dilemparkan secara bersamaan. Hitunglah peluang munculnya angka pada kedua koin tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal peluang ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Misalkan 
G = Gambar
A = Angka

Maka,
Ruang sampel = {(A,A), (A,G), (G,A), (G,G)
n(S) = 4
n(A) = 1
P(A) = n(A)/n(S) = 1/4
Jadi peluang munculnya angka pada kedua koin (A,A) tersebut adalah 1/4.

3. Sebuah kantong berisi 14 kelereng yang berupa 7 kelereng merah, 4 kelereng biru dan 3 kelereng kuning. Dari kantong tersebut akan diambil 1 kelereng. Tentukan peluang kelereng biru yang akan terambil?

Pembahasan.
n(S) = 7 + 4 + 3 = 14
n(A) = 4
P(A) = n(A)/n(S) = 4/12 = 1/3
Jadi peluang kelereng biru yang akan terambil adalah 1/3.

4. Adam melemparkan dua buah dadu bersamaan. Tentukan peluang kejadian munculnya jumlah kedua mata dadu 3?

Pembahasan.
Contoh soal peluang ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Jumlah kedua mata dadu bernilai 3 yang mungkin terjadi adalah (1, 2) dan (2, 1)

Maka,
n(A) = 2
n(S) = 6 x 6 = 36
P(A) = n(A)/n(S) = 2/36 = 1/18
Jadi peluang kejadian munculnya jumlah kedua mata dadu 3 adalah 1/18.

5. Sebuah kantong berisi 11 kelereng yang berupa 7 kelereng merah dan 4 kelereng biru. Tentukan peluang 2 kelereng biru yang akan terambil sekaligus?

Pembahasan.
Untuk mencari peluang terambilnya 2 kelereng biru dari 4 kelereng biru dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:

Contoh Soal Peluang dan Pembahasannya

Kemudian peluang terambilnya 2 kelereng dari 11 kelereng dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:

Contoh Soal Peluang dan PembahasannyaMaka,
P(A) = 6/55
Jadi peluang 2 kelereng biru yang akan terambil sekaligus adalah 6/55.

Inilah beberapa contoh soal peluang dan pembahasannya yang dapat saya bagikan. Peluang tersebut merupakan kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa yang akan muncul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here