Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Beserta Jawaban

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Beserta Jawaban – Apa itu trapesium? Pertanyaan seperti ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para siswa. Semenjak berada dibangku sekolah, materi bangun datar memang telah diajarkan. Dalam pembahasan terkait bangun datar tersebut tentunya mencakup penjelasan mengenai rumus luas trapesium dan rumus keliling trapesium. Selain itu adapula contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium yang ikut serta dibagikan untuk melengkapi materi tersebut. 

Apa yang dimaksud trapesium itu? Pengertian trapesium ialah jenis bangun datar yang terdiri dari segitiga siku siku dengan persegi panjang atau persegi. Bangun trapesium memiliki beberapa rumusnya sendiri untuk menyelesaikan contoh soal luas trapesium maupun contoh soal keliling trapesium? Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal trapesium itu? Trapesium secara umum dapat dinamakan dengan trapezoid. Bangun datar trapesium juga dapat didefinisikan sebagai bangun dengan empat sisi di dalamnya, dimana dua diantaranya sejajar tetapi sisi sisinya tidak sama panjang.

Bangun datar trapesium memiliki simetri putar yang jumlahnya hanya satu meskipun termasuk dalam jenis bangun datar. Dalam materi Matematika ini tentunya terdapat beberapa hal yang dibahas seperti sifat trapesium, rumus trapesium, contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium. Lantas bagaimana cara menghitung luas dan keliling trapesium? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal trapesium beserta jawabannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Beserta Jawaban

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa trapesium memiliki beberapa sifat di dalamnya. Sifat sifat trapesium tersebut yaitu meliputi:

  • Trapesium merupakan jenis bangun datar atau segi empat.
  • Memiliki simetri putar yang jumlahnya hanya satu.
  • Memiliki satu simetri lipat untuk kategori trapesium sama kaki.
  • Sepasang sisi yang dimiliki saling sejajar.

Trapesium merupakan salah satu jenis bangun datar yang memiliki sifat sifatnya sendiri. Dengan sifat sifat tersebut kita dapat membedakannya dengan jenis bangun datar lainnya. Sebelum memahami lebih lanjut terkait rumus bangun trapesium ini, anda harus mengetahui sifat sifat bangun tersebut. Dengan begitu rumus yang digunakan tidak tertukar dengan jenis bangun datar lainnya.

Rumus Trapesium

Selain sifat sifat diatas, adapula beberapa rumus bangun trapesium yang dapat digunakan untuk menyelesaikan contoh soal trapesium yang tersedia. Rumus yang akan saya jelaskan ini dapat berupa rumus luas trapesium dan rumus keliling trapesium. Adapun beberapa rumus yang digunakan yaitu meliputi:

Luas Trapesium = ½ x jumlah panjang sisi sejajar x tinggi
Keliling Trapesium = s + s + s + s

Keterangan:
s = Sisi Trapesium

Contoh Soal Luas dan Keliling Trapesium

Setelah membahas sedikit mengenai sifat sifat trapesium dan rumus trapesium di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium. Berikut contoh soal dan jawabannya yaitu diantaranya:

1. Sebuah trapesium memiliki sisi sisi sejajar yang berukuran 17 cm dan 20 cm. Apabila trapesium tersebut memiliki tinggi 12 cm, maka hitunglah luas bangun tersebut?

Jawaban.
Contoh soal trapesium tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Luas = ½ x jumlah panjang sisi sejajar x tinggi
       = ½ x (17 + 20) x 12
       = ½ x 37 x 12
       = 222 cm²
Jadi luas trapesium tersebut ialah 222 cm².

2. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Beserta Jawaban

Jika panjang AB = 26 cm, panjang CD = 14 cm dan DE = 8 cm. Maka hitunglah keliling dan luas trapesium di atas?

Jawaban.
Contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium tersebut dapat diselesaikan dengan langkah langkah seperti berikut:

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Beserta Jawaban

AD² = AE² + DE²
      = 6² + 8²
      = 36 + 64
      = 100
AD = √100
AD = 10 cm

Sehingga,
Luas = ½ x (26 + 14) x 8
       = ½ x 40 x 18
       = 360 cm²

Keliling = 10 + 26 + 10 + 14
           = 60 cm
Jadi luas trapesium = 360 cm² dan keliling trapesium 60 cm.

3. Pak Nata memiliki bentuk sebidang tanah yang berupa trapesium. Jika dua sisi sejajarnya memiliki panjang 12 m dan 20 m serta tingginya 9 m. Maka tentukan harga seluruh tanah apabila harga setiap m² nya Rp 75.000,00?

Jawaban. 

Contoh soal trapesium ini dapat diselesaikan dengan langkah langkah seperti berikut:
Luas = ½ x (12 + 20) x 9
        = 144 m²

Kemudian mencari harga seluruh tanah dengan cara seperti di bawah ini:
Harga tanah = 144 m² x Rp 75.000
                   = Rp 10.800.000
Jadi harga seluruh tanah ialah Rp 10.800.000,00.

4. Diketahui luas trapesium 100 cm². Jika tinggi trapesium 8 cm dan salah satu panjang sisinya 14 cm. Maka hitunglah panjang sisi lainnya yang sejajar pada bangun tersebut?

Jawaban.
Contoh soal trapesium ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Luas =  ½ x (14 + y) x 8
 100 = ½ x (14 + y) x 8
 200 = 8 x (14 + y)
 200 = 112 + 8y
   8y = 200 – 112
   8y = 88
     y = 11 cm
Jadi panjang sisi lainnya yang sejajar pada bangun tersebut ialah 11 cm.

5. Diketahui trapesium memiliki sisi sisi yang panjangnya 11 cm, 9 cm, 11 cm dan 13 cm. Hitunglah keliling bangun trapesium tersebut?

Jawaban.
Keliling = 11 cm + 9 cm + 11 cm + 13 cm
           = 44 cm
Jadi keliling bangun trapesium tersebut ialah 44 cm.

Sekian contoh soal trapesium beserta jawabannya yang dapat saya bagikan. Contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium tersebuit dapat diselesaikan dengan rumus seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here