Contoh Soal Persegi (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya

Contoh Soal Persegi (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya – Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi bangun datar. Salah satu jenis bangun datar tersebut ialah persegi. Materi terkait persegi ini berisi rumus persegi, contoh soal luas persegi dan contoh soal keliling persegi. Persegi merupakan salah satu jenis bangun datar yang memiliki empat sisi dengan panjang yang sama. Persegi tersebut memiliki rumusnya sendiri seperti halnya bangun datar lainnya. Bangun persegi juga memiliki simetri lipat dan simetri putar dengan jumlah yang berbeda beda daripadaa bangun datar lainnya.

Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal persegi? Untuk menyelesaikan contoh soal luas persegi dan contoh soal keliling persegi dapat dilakukan dengan rumus yang tersedia. Rumus persegi ini dapat berupa rumus luas persegi dan rumus keliling persegi. Persegi secara umum dapat dinamakan dengan bujur sangkar. Materi terkait persegi ini menyajikan soal soal yang lebih bervariasi. Dengan mengetahui hal hal terkait persegi tersebut diharapkan para siswa dapat memahami rumus yang digunakan.

Contoh Soal Persegi (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya
Bangun Persegi

Bagi sebagian siswa tentunya masih kebingungan dalam memecahkan contoh soal persegi yang tersedia. Meskipun sebenarnya dalam contoh soal luas persegi dan contoh soal keliling persegi telah diketahui sisinya. Biasanya soal soal bangun persegi tersebut disajikan dalam bentuk cerita sehingga para siswa sering kali kesusahan dalam menyelesaikannya. 

Contoh Soal Persegi (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya

Bangun datar persegi memiliki ciri khas tertentu yang dapat membedakannya dengan bangun datar lainnya. Ciri khas persegi tersebut yaitu memiliki sisi sisi yang sama panjang. Karena semua sisinya sama panjang, maka rumus persegi tersebut lebih sederhana dibandingkan dengan jenis bangun datar lainnya, baik rumus luas maupun rumus keliling.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa bangun persegi memiliki rumusnya sendiri. Rumus persegi tersebut dapat berupa rumus luas persegi dan rumus keliling persegi. Di bawah ini terdapat beberapa rumus yang digunakan yaitu:

Luas Persegi = s²
Keliling Persegi = 4 x s

Keterangan:
s = Sisi persegi

Setelah mengetahui sedikit mengenai rumus bangun persegi di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal persegi terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal luas persegi dan contoh soal keliling persegi yaitu meliputi:

Contoh Soal Persegi

1. Tentukan panjang sisi persegi yang kelilingnya 72 cm?

Jawaban.
Keliling = 4 x s
       72 = 4 x s
         s = 72/4
         s = 18 cm
Jadi panjang sisi persegi tersebut ialah 18 cm.

2. Tentukan panjang sisi persegi yang luasnya 225 cm²?

Jawaban.
Contoh soal luas persegi di atas dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Luas = s²
 225 = s²
     s = √225
     s = 15 cm
Jadi panjang sisi persegi ialah 15 cm.

3. Sebuah foto memiliki bentuk persegi dengan keliling 28 cm. Tentukan luas foto tersebut?

Jawaban.
Contoh soal persegi di atas diharuskan untuk mencari panjang sisi melalui keliling yang diketahui. Maka dari itu cara menyelesaikan contoh soal keliling persegi tersebut yaitu:
Keliling = 4 x s
       28 = 4 x s
         s = 28/4
         s = 7 cm

Maka,
Luas = s²
        = 7²
        = 49 cm²
Jadi luas foto tersebut ialah 49 cm².

4. Diketahui luas lapangan berbentuk persegi dengan besar 81 cm². Tentukan keliling lapangan tersebut?

Jawaban. 
Contoh soal persegi di atas diharuskan untuk mencari panjang sisi melalui luas yang diketahui. Maka dari itu cara menyelesaikan contoh soal luas persegi tersebut yaitu:
Luas = s²
   81 = s²
     s = √81
     s = 9 cm

Maka,
Keliling = 4 x s
           = 4 x 9
           = 36 cm
Jadi keliling lapangan tersebut ialah 36 cm.

5. Diketahui suatu lantai memiliki bentuk persegi dengan panjang 7 m. Lantai ini akan dipasangi dengan ubin berukuran 25 cm x 25 cm. Tentukan jumlah ubin yang dibutuhkan untuk menutup seluruh lantai?

Jawaban.
Langkah pertama yaitu menentukan luas lantainya terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:
Luas lantai = 700 cm x 700 cm
                 = 490.000 cm²

Kemudian menghitung luas ubin dengan cara seperti berikut:
Luas ubin = 25 cm x 25 cm
               = 625 cm²

Maka,
Jumlah ubin = 490.000 cm² / 625 cm²
                   = 784 buah
Jadi jumlah ubin yang dibutuhkan untuk menutup seluruh lantai ialah 784 buah.

Demikianlah contoh soal persegi beserta jawabanya yang dapat saya bagikan. Contoh soal luas persegi dan contoh soal keliling persegi tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here