Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya

Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya – Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa pernah diajarkan mengenai materi belah ketupat. Materi ini berisi beberapa pembahasan seperti rumus belah ketupat (rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat), contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat. Apakah anda tahu pengertian belah ketupat itu? Belah ketupat dapat diartikan sebagai bangun datar yang berasal dari dua pasang sudut yang sama besar karena berhadapan (bukan siku siku) serta memiliki panjang empat sisi yang sama. Dalam Bahasa Inggris, kita dapat menyebut belah ketupat sebagai “Rhombus”.

Bangun datar belah ketupat sering kali disamakan dengan bangun datar lain yaitu layang layang. Namun pada kenyataannya, kedua bangun datar ini jika dilihat dari segi fisiknya saja sudah berbeda. Lantas bagaimana cara menyelesaikan contoh soal belah ketupat itu? Cara menyelesaikan contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat dapat dilakukan dengan menggunakan rumus belah ketupat, baik luas ataupun keliling. Kita hanya perlu menyesuaikan permintaan soal yang ingin dicari dengan rumus yang digunakan.

Belah ketupat pada umumnya memiliki beberapa sifat seperti halnya bangun datar lainnya. Sifat sifat belah ketupat ini yaitu mempunyai panjang keempat sisi yang sama, mempunyai dua diagonal yang tegak lurus, dua diagoalnya memiliki besar sudut 90° ketika saling tegak lurus serta sudut sudut yang berhadapan memiliki besar yang sama. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal belah ketupat, baik contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya

Apakah yang dimaksud belah ketupat itu? Belah ketupat dapat diartikan sebagai bangun datar berbentuk dua dimensi yang berasal dari empat segitiga siku siku dengan besar yang sama serta dihadapannya terdapat sudut. Belah ketupat ini memang selalu disamakan dengan layang layang. Bahkan rumus belah ketupat tersebut juga sama, tetapi yang membedakan hanya ukuran panjang sisinya saja. Lantas bagaimana cara mencari luas dan keliling belah ketupat itu?

Langkah pertama yang perlu anda pelajari sebelum mengerjakan contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat ialah memahami rumus belah ketupat terlebih dahulu. Rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat yang digunakan dapat berbentuk seperti di bawah ini:

Luas Belah Ketupat = ½ x d1 x d2
Keliling Belah Ketupat = s + s + s + s

Keterangan:
d1 = Diagonal 1 belah ketupat
d2 = Diagonal 2 belah ketupat
s = Sisi belah ketupat

Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya
Gambar Belah Ketupat

Contoh Soal Belah Ketupat

Setelah mengetahui rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat di atas, maka tiba saatnya untuk membagikan contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat tersebut. Contoh soal ini berkaitan dengan rumus belah ketupat tadi. Adapun contoh soal dan jawabannya yaitu meliputi:

1. Diketahui panjang sisi belah ketupat 9 cm, maka hitunglah keliling bangun tersebut?

Jawaban.
Contoh soal belah ketupat ini di berisi permintaan untuk mencari keliling bangun tersebut. Maka dari itu rumus yang digunakan dapat berbentuk:
Keliling = s + s + s + s
           = 9 + 9 + 9 + 9
           = 36 cm
Jadi keliling belah ketupat tersebut ialah 36 cm.

2. Hitunglah luas belah ketupat yang panjang diagonal diagonalnya 10 cm dan 7 cm?

Jawaban.
Kita dapat menyelesaikan contoh soal luas belah ketupat tersebut menggunakan rumus seperti berikut:

d1 = 10 cm
d2 = 7 cm
Luas = ½ x d1 x d2
        = ½ x 10 x 7
        = 35 cm²
Jadi luas belah ketupat tersebut ialah 35 cm².

3. Hitunglah panjang sisi belah ketupat yang kelilingnya 56 cm?

Jawaban.
Contoh soal belah ketupat ini merujuk pada keliling bangun tersebut. Maka dari itu penyelesaian contoh soal keliling belah ketupat tersebut dapat seperti di bawah ini:
Keliling = 4 x s
       56 = 4 x s
         s = 56/4
         s = 14 cm
Jadi panjang sisi belah ketupat tersebut ialah 14 cm.

4. Diketahui salah satu diagonal belah ketupat memiliki panjang 8 cm dan luas 24 cm². Hitunglah panjang diagonal lain pada bangun tersebut?

Jawaban.
Contoh soal luas belah ketupat ini dapat diselesaikan dengan rumus seperti berikut:
Luas = 24 cm²
d1 = 8 cm

Sehingga,
Luas = ½ x d1 x d2
   24 = ½ x 8 x d2
   24 = 4 x d2
   d2 = 24/4
   d2 = 6 cm
Jadi panjang diagonal lain pada bangun belah ketupat tersebut ialah 6 cm.

Demikianlah contoh soal belah ketupat, baik contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat yang dapat saya bagikan. Belah ketupat pada dasarnya berbeda dengan layang layang, karena masing masing bangun datar memiliki ciri khasnya masing masing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here