Cara Menghitung Persen dan Contoh Soal Terlengkap

Cara Menghitung Persen dan Contoh Soal Terlengkap – Ketika dibangku sekolah kelas 5 SD (Sekolah Dasar) tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi persen. Persen tersebut dapat dihitung menggunakan metode tertentu yang susah untuk dilakukan. Persen sendiri dapat diartikan sebagai per seratus. Persentase dalam ilmu Matematika biasanya digunakan seperti desimal ataupun pecahan. Dengan kata lain secara keseluruhan bagian bagian tersebut dapat digambarkan dengan persen ini.

Bagaimana cara menghitung persen? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal persen? Apa yang dimaksud persen? Menurut Bahasa Latin pengertian persen merupakan singkatan dari per seratus. Penulisan persen sendiri dapat berbentuk simbol (%). Kemudian adapula persentase yang dapat diartikan sebagai bentuk perbandingan yang menjelaskan bagian dari 100. Persen tersebut pada dasarnya dapat dihitung secara manual ataupun menggunakan aplikasi excel. Namun para siswa diharuskan untuk mengerjakan soal soal excel ini secara manual.

Cara menghitung persen

Dalam kehidupan sehari hari sebenarnya kita sering menggunakan simbol persen dan persentase ini. Penggunaan simbol Matematika tersebut biasanya untuk mencari potongan diskon atau harga jual di toko toko atau pasar. Bahkan cara mencari persen ini digunakan untuk mengetahui suku bunga saham hingga hasil survei. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung persen dan contoh soal persen terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak artikel di bawah ini.

Cara Menghitung Persen dan Contoh Soal Terlengkap

Materi persen pada dasarnya memang sangat penting untuk diajarkan kepada siswa sesuai dengan jenjang pendidikannya. Hal ini dikarenakan siswa dapat memahami pengertian persentase yang merupakan keterampilan utama untuk menghemat uang dan waktu sehingga kedepannya pekerjaan anak menjadi lebih mudah. Apa itu persen? Persen atau persentase atau per seratus dalam Matematika merupakan suatu perbandingan atau angka yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus.

Dalam Matematika sebenarnya terdapat keterampilan dasar yang perlu dipahami yaitu menghitung persen. Cara menghitung persen ini banyak digunakan dalam berbagai situasi seperti penghitungan diskon, rugi, laba dan lain sebagainya. Secara umu lambang persen ini juga berguna untuk mempermudah suatu angka yang keadaannya per seratus. Lantas bagaimana rumus persen yang digunakan?

Baca juga : Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Rumusnya

Sebenarnya tidaklah sulit melakukan perhitungan persen tersebut. Hal ini dikarenakan bilangan persen sendiri merupakan proses menyederhanakan operasi bilangan pecahan. Di bawah ini terdapat pembahasan lengkap mengenai cara menghitung persen dan contoh soal persen. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Menghitung Persen

Persen secara umum dapat dihitung menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus persen yang digunakan yaitu:

Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) x 100%

Rumus di atas pada dasarnya berguna untuk menghitung operasi persentase. Dengan rumus tersebut kita dapat mengetahui jumlah bagian, bilangan persentase dan jumlah total suatu data.

Baca juga : Rumus Modus Data Tunggal dan Data Kelompok

Contoh Soal Persen

Setelah membahas tentang cara menghitung persen di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait rumus persen di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Jumlah bebek yang dimiliki Pak Ibnu ialah 9000 ekor. Apabila Pak Ibnu bulan depan akan menjual bebeknya 25%. Maka tentukan jumlah bebek yang akan dijual tersebut?

Pembahasan.
Langkah pertama kita harus mengubah persen tersebut menjadi persen terlebih dahulu. Lalu kalikan dengan jumlah bebek yang dimiliki. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:
25% = 25/100
Jumlah bebek yang dijual = 25/100 x 9.000 = 2.250 ekor

Bagaimana jika angka yang akan dikalikan berjumlah ratusan ribu? Cara tersebut tentunya akan lebih sulit dan panjang. Maka dari itu cara menghitung persen tersebut dapat dilakukan dengan mengubah 25% menjadi bentuk pecahan 1/4. Maka perhitungannya akan menjadi seperti berikut:
Jumlah bebek yang dijual = 1/4 x 9.000 = 2.250 ekor
Jadi jumlah bebek yang akan dijual adalah 2.250 ekor.

2. Toko Abadi memberikan diskon 10% setiap pembelian baju 200.000. Tentukan jumlah diskon yang diberikan toko tersebut?

Pembahasan.
10% = 1/10
Besar diskon = 1/10 x 200.000 = 20.000
Jadi jumlah diskon yang diberikan toko Abadi adalah 20.000.

Sekian penjelasan mengenai cara menghitung persen dan contoh soal persen terlengkap. Persen secara sederhana dapat dijabarkan menjadi per seratus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here