24 Contoh Slogan Pendidikan Singkat, Unik, dan Menarik

24 Contoh Slogan Pendidikan Singkat, Unik, dan Menarik – Pernahkah kamu mendengar istilah Slogan? Tanpa sadar kita pasti sudah pernah membaca slogan di tempat-tempat umum. Tulisan bergambar satu ini termasuk dalam materi pembelajaran bahasa indonesia. Slogan adalah kalimat pendek yang mudah diingat, membangkitkan daya tarik, serta semangat Tujuannya untuk mengajak pembaca melalukan atau tidak melakukan suatu tindakan.

Umumnya penulis akan membuat slogan dengan kalimat singkat yang mudah digambar untuk meninggalkan kesan unik. Temanya pun beragam dan mencakup seluruh aspek kehidupan mulai dari lingkungan, kebersihan, sekolah, hingga pendidikan sekalipun. Ungkapam beserta gambar ditujukan untuk memberi saran maupun nasehat pada semua oragn yang melihatnya. Jadi jangan heran jika kalian tergelitik ketika membaca contoh slogan pendidikan yang akan saya berikan.

Contoh Slogan Pendidikan Singkat, Unik, dan Menarik
slogan tentang pendidikan

Ciri-ciri slogan yaitu pada umunya slogan dapat berupa motto atau frase yang menggunakan kalimat yang mudah di ingat oleh setiap pembaca. Ciri-ciri lainnya yaitu bahwa slogan juga bisa berupa semboyan dari sebuah organisasi atau masyarakat. Temanya pun tak memiliki batasan sehingga kalian bisa mengangkat setiap aspek kehidupan.

Slogan juga mempunyai tujuan, beberapa tujuan dari slogan yaitu slogan bertujuan untuk menyampaikan informasi. Begitu juga contoh slogan pendidikan yang mewakili harapan masyarakat untuk kalangan mudah. Diharapkan target pembaca (siswa) bisa menyimpulkan pesan serta menangkap informasi di dalamnya.

24 Contoh Slogan Pendidikan Singkat, Unik, dan Menarik

Pada dasarnya slogan sudah mulai diajarkan oleh guru ketika siswa menginjak bangku sekolah menengah. Cakupan materi yang sedikit membuat kita mudah untuk mempelajari setiap aspeknya. Meski demikian implikasi dari materi ini cukup luas karena menjangkau seluruh tema dalam konteks kehidupan sehar-hari.

Contoh slogan pendidikan biasanya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk lebih giat menuntut ilmu. Hal itu bisa terjadi berkat himbauan serta informasi yang dikemas menggunakan bahasa singkat, unik, dan menarik. Tujuan lainnya adalah untuk memotivasi orang lain dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh kalimat slogan dan yang terakhir untuk menyadarkan masyarakat.

Dampak positif slogan pendidikan sangatlah besar karena mampu mempengaruhi perkembangan karakter siswa. Sehingga mereka pun memiliki karakter yang terpuji dan terhindar dari hal-hal buruk. Masalahnya, tak semua siswa mampu membuat slogan pendidikan yang mudah digambar karena berbagai alasan. Oleh karenanya, pada artikel kali ini mari kita belajar tentang beberapa contoh slogan Pendidikan karater.

Apa Itu Slogan

Slogan adalah kalimat pendek yang mudah diingat dan membangkitkan daya tarik serta semangat untuk mengajak khalayak melalukan atau tidak melakukan suatu tindakan. Biasanya slogan dibuat dengan kalimat yang singkat namun memiliki arti yang jelas untuk pembacanya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu.

Kalimat dalam slogan merupakan kalimat yang menarik, mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan sesuatu Slogan disebut juga moto atau semboyan. Tidak seperti iklan yang terdiri dari berbagai unsur, slogan fokus pada makna dan juga kata-kata. Sebelum mulai membuat contoh slogan pendidikan yang mudah digambar alangkah baiknya kalian mempelajari terlebih dulu ciri cirinya:

  1. Menggunakan kalimat pendek agar mudah pembaca dibaca.
  2. Pilihan kata menarik dan mencolok untuk menarik minat baca masyarakat.
  3. Kalimat yang mudah diingat sehingga akan menimbulkan kesan pada pembaca.

Secara umum fungsi slogan dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, untuk membangkitkan semangat. Kedua, untuk menyampaikan informasi dan mempengaruhi pandangan atau pendapat seseorang mengenai informasi yang disampaikan.

Contoh Slogan Pendidikan Singkat

Setelah membaca tentang pengertian slogan, kalian pasti sudah bisa membayangkan bagaimana contoh karya tulis satu ini. Tak jarang guru memberikan penugasan pada siswa untuk membuat contoh slogan pendidikan yang mudah digambar baik secara individu atau kelompok. Jika kebetulan kalian belum memiliki inspirasi maka simaklah beberapa kalimat slogan di bawah:

  1. Pendidikan membawa kebahagiaan.
  2. Belajarlah! Karena Pintar Itu Hebat.
  3. Pendidkan itu pahit, hanya buahlah yang manis.
  4. Pendidikan adalah proses mempelajari apa yang kau bahkan tidak tahu kau tidak mengetahuinya.
  5. Tujuan pendidikan adalah untuk mengganti pikiran kosong dengan yang berisi.
  6. Pendidikan adalah hak bagi setiap anak-anak.
  7. Belajar hari ini… Sukses hari esok…
  8. Belajar hari ini untuk kehidupan yang lebih baik hari esok.
  9. Pendidikan dapat merubah nasibmu.

Mengapa saya menggunakan kalimat yang terkesan singkat? semua itu mengacu kembali pada sifat serta ciri-ciri slogan. Semua penulis cenderung memilih kalimat pendek agar pembaca lebih mudah menangkap maknanya. Terlebih jika kalian menulisnya memakai pemilihan kata yang unik dan menarik maka akan menimbulkan kesan positif di benak publik.

Baca juga: 12 Contoh Teks Iklan Singkat, Unik, Menarik Beserta Struktur dan Kaidahnya

Contoh Slogan Pendidikan Karakter

Membangun karakter siswa menjadi lebih baik merupakan salah satu tujuan utama slogan tentang pendidikan. Untuk mewujudkannya, tak sedikit orang memasang tulisan bergambar satu ini di tempat-tempat umum khususnya area sekolahan.

Slogan yang berfokus pada pembangunan karakter juga akan menimbulkan berbagai dampak positif lainnya. Misalnya menambah motivasi untuk belajar dan meraih cita-cita setinggi langit. Nah, jika kalian sedang mendapat tugas untuk membuat contoh slogan pendidikan menarik maka simaklah beberapa tulisan berikut:

  1. Pendidikan bisa membawamu ke tempat-tempat yang jauh.
  2. Pendidikan adalah pintu dunia dan buku adalah jendela dunia.
  3. Pendidikan yang bermutu menciptakan bangsa yang maju.
  4. Kegagalan adalah suatu proses menuju keberhasilan.
  5. Tanpa buku, tanpa ilmu, kemiskinan akan datang mengganggu.
  6. Pondasi kekuatan suatu bangsa ada pada pendidikan pemudanya.
  7. Pendidikan membawa kemajuan bangsa.
  8. Pendidikan adalah sarana membangun negeri.

Gambar Slogan Pendidikan

Tak hanya berbentuk tulisan tapi kalimat motivasi untuk giat belajar juga bisa diekspresikan lewat gambar ilustrasi. Bahkan, dengan tambahan berupa gambar itu justru akan menambah kesan unik dan mudah diingat oleh pembaca. Hal ini disebabkan karena ilustrasi dapat merepresentasikan kalimat slogan sehingga terkesan lebih hidup.

Mencari gambar slogan di internet menjadi salah satu opsi terbaik bagi siswa yang tidak ingin ribet membuat secara manual. Hal ini menurut saya tidaklah salah karena bisa jadi dari gambar tersebut bisa menjadi tambahan referensi untuk menulis kalimat yang baru.

Contoh Slogan Pendidikan yang Mudah Digambar

Ada kalanya guru akan meminta kita membuat slogan bergambar yang notabenya memerlukan dedikasi lebih tinggi. Tak sedikit siswa yang akhirnya kesulitan karena kurang mampu menyesuaikan antara gambar dan tulisan menjadi satu. Maka dari itu dalam sesi terakhir ini saya ingin membagikan contoh slogan yang mudah digambar oleh siswa:

  1. Pendidikan tidak kenal usia dan waktu. Belajar lah sepanjang masa dalam hidup.
  2. Pendidkan adalah cara meningkatkan kualitan diri.
  3. Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia.
  4. Pendidikan itu bagaikan air yang mengisi gelas-gelas kosong.
  5. Pendidikan adalah milik semua manusia karena siapapun berhak mendapatkannya.
  6. Di setiap detik dalam hidup ini kita belajar dan mendidik diri sendiri jika kita ingin sukses.

Dari penjabaran materi di atas bisa kita simpulkan bahwa slogan memang cenderung memakai kalimat pendek agar lebih mduah dibaca. Pemilihan kata yang menarik serta mencolok juga menjadi ciri khas untuk menarik minat baca masyarakat. Untuk mewujudkannya kalian bisa memanfaatkan persamaan bunyi pada setiap kata yang dipakai. Usahakan untuk membuat contoh slogan pendidikan dengan kalimat yang mudah diingat serta Ikonik.

Fungsi slogan dapat dibedakan menjadi dua yakni membangkitkan semangat sekaligus mempengaruhi sudut pandang pembaca tentang suatu topik. Hal ini pun berlaku pada contoh slogan pendidikan menarik di atas yang notabenya mengajak kita untuk serius dalam menuntut ilmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here