Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan adalah

Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan adalah – Dengan adanya seni maka kehidupan kita akan lebih berwarna. Pengertian seni secara sederhana adalah sebuah wadah yang digunakan untuk mengembangkan suatu bakat. Seni tersebut juga dijadikan sebagai identitas sebuah daerah sehingga sering digunakan oleh sebagian masyarakat. Hadirnya seni bertujuan untuk menciptakan karya yang digunakan untuk tumpuan utama dengan kemanapun arahnya nanti yang akan di bawa.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas pengertan seni, fungsi dan jenis jenisnya secara lengkap. Konsep atau ide seni tersebut berasal dari pemikiran manusia. Maka dari itu hadirnya karya seni dibuat dengan cara mengobservasi karya dan fungsinya secara langsung sehingga kita membutuhkan usaha eksploratif yang berbekal rasa estetis, pengetahuan dan keterampilan. Lantas contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah apa saja?

Secara umum, karya seni dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis jenis seni tersebut memiliki karakteristik yang berbeda beda. Tetapi secara umum fungsinya hampir sama. Seni merupakan proses pemikiran yang dilakukan oleh manusia. Seni ini dapat disamakan dengan ilmu. Hal ini dikarenakan dalam sebuah seni terdapat bentuk penjelasan di dalamnya. Suatu karya seni dapat dikatakan sebagai produk dan proses untuk memilih medium. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan adalah

Pada umumnya suatu seni selalu berhubungan dengan budaya. Menurut Bahasa Sansekerta, istilah budaya berasal dari kata Buddayah yang terdiri dari kata jamak budi dan daya. Budi bermakna akal, nalar, dan pikiran. Sedangkan daya bermakna upaya, ikhtiar, dan usaha. Maka dari itu kebudayaan dapat diartikan sebagai segala hal pikiran yang diusahakan atau diupayakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari hari.

Sebutkan contoh seni disekeliling kita? Kita dapat menemukan banyak sekali contoh seni seperti seni musik, seni kriya, seni grafis, dan masih banyak lagi. Seni grafis merupakan salah satu contoh seni rupa dua dimensi yang kita pelajari dalam artikel sebelumnya. Jenis seni tersebut merupakan bentuk seni yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Apakah anda tahu contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah?

Berbeda dengan seni tari yang mengedepankan perpaduan antara musik dan gerakan. Seni tari ini merupakan jenis seni yang dapat dibuat dengan perpaduan budaya, baik budaya pada zaman dahulu maupun budaya modern. Jika membahas tentang seluk beluk seni dan contohnya, pasti kita sering menemukan pertanyaan seperti di bawah ini:

Contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah . . .
A. Kursi rotan yang unik
B. Tari kontemporer
C. Tari hudoq
D. Peralatan dari gerabah
E. Gamelan dan angklung

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Tari Kontemporer.

contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah
Contoh Tari Kontemporer

Pengertian tari kontemporer adalah tari yang tidak menggunakan aturan atau pakem dari sebuah tari tradisi. Tari kontemporer ini berasal dari perpanduan unsur modern dengan unsur tradisi, tetapi tidak menghilangkan jiwa pada tari tradisi tersebut. Maka dari itu tari kontemporer dapat diartikan sebagai kombinasi atau gabungan dari tari modern dan tari tradisional.

Mengapa contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah tari kontemporer? Karena jenis tari ini tidak memiliki aturan khusus di dalamnya sehingga dapat digunakan untuk media pendidikan anak. Selain itu jiwa tradisional pada seni tradisi masih ada sehingga keasliannya masih terjaga. Gerakan gerakan pada tari kontemporer masih berasal dari tari tradisional sehingga tidak semua gerakannya modern. Untuk itu dalam tari tersebut terdapat perpaduan unsur modern dan tradisional, baik berbentuk iringan musik maupun gerakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here