Contoh Kalimat SPOK Beserta Pengertian Lengkap

Contoh Kalimat SPOK Beserta Pengertian Lengkap – Apa pengertian kalimat SPOK itu? Bagaimana contoh kalimat berpola SPOK? Dalam bahasa Indonesia pasti kita sering menjumpai contoh kalimat dengan pola SPOK tersebut. Bahasa Indonesia sendiri merupakan bahasa Nasional di Indonesia yang digunakan untuk bahasa sehari hari. Selain itu Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa yang menyatukan bangsa, karena di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis bahasa. Selain itu ketika di bangku sekolah para siswa juga diajarkan mengenai ilmu Bahasa Indonesia yang memuat berbagai materi pembahasan. Salah satunya ialah kalimat SPOK ini. Kalimat ini dapat dibuat dengan mudah karena sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari.

Kalimat SPOK merupakan salah satu tata bahasa dalam Bahasa Indonesia. Kalimat sendiri secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan kata yang mengandung beberapa unsur pola tertentu seperti subjek, predikat, objek dan keterangan. Selain itu adapula unsur pelengkap (Pel) yang terkadang juga di tambahkan dalam kalimat tersebut. Unsur kata yang paling penting dalam kalimat ialah subjek dan predikat. Untuk itu jika kedua unsur ini tidak ada maka hanya dikatakan sebagai sekumpulan kata saja. Dalam Bahasa Indonesia tentunya kita sering mendengar tentang kalimat efektif yang memuat pola SPOK. Kalimat ini memiliki unsur unsur tersebut sebagai penyusun kata katanya. Bagaimana contoh kalimat SPOK itu? Apa pengertian kalimat SPOK itu?

Contoh Kalimat SPOK Beserta Pengertian Lengkap
Contoh Kalimat dengan Pola SPOK
Terkadang masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja pola dalam kalimat. Pola kalimat yang sering muncul dalam susunan kata tersebut ialah SPOK. Bagaimana contoh kalimat dengan pola SPOK? SPOK ialah singkatan dari unsur kalimat yang berupa Subjek – Predikat – Objek – Keterangan. Pola SPOK ini digunakan untuk membuat tulisan yang berfungsi dalam menyampaikan pesan kepada beberapa pihak agar tidak mengalami kesalahpahaman. Dengan begitu pola tersebut memang sangat penting untuk menyusun kata demi kata yang akan dibuat. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh kalimat SPOK beserta pengertian kalimat SPOK lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kalimat SPOK Beserta Pengertian Lengkap

Secara umum kalimat Bahasa Indonesia mengandung beberapa pola di dalamnya. Salah satunya ialah kalimat berpola SPOK ini. SPOK tersebut memiliki kepanjangan dari Subjek, Predikat, Objek dan Keterangan. SPOK ini merupakan salah satu pola dalam kalimat yang mengandung beberapa karakteristik di dalamnya.

Secara umum kalimat SPOK terdapat beberapa unsur yang terkandung seperti Subjek (S), Predikat (P), Objek (O) dan Keterangan (K). Jika salah satu unsurnya tidak ada, maka makna dari kalimat tersebut juga akan berbeda. Subjek merupakan salah satu unsur kalimat yang memuat pelaku atau orang yang bertindak melakukan kegiatan atau pekerjaan sesuai kalimatnya. Subjek ini mempunyai ikatan yang erat terhadap klausa sehingga pekerjaan atau kegiatan tertentu dapat dilakukan. Subjek ini pada umumnya dapat berbentuk kata benda, hewan, manusia dan benda tertentu lainnya. Kemudian adapula predikat yang merupakan sebuah kegiatan atau pekerjaan untuk subjek agar dapat dilakukan. Predikat ini memuat unsur verba dan kata kerja di dalamnya. Jika dalam kalimat tidak memuat kata kerja, maka kalimat itu tidak mengandung predikat.

Selain itu adapula objek yaitu sasaran dari kegiatan atau pekerjaan yang dilaksanakan subjek. Adapun contoh objek dalam suatu kalimat yakni motor, pensil dan sebagainya. Kemudian adapula keterangan yang merupakan penjelasan apa yang dilakukan subjek lebih lanjut dalam satu kalimat itu. Keterangan dapat menjelaskan tentang bagaimana, dimana maupun kapan. Salah satu keterangan yang sering digunakan ialah keterangan tempat dan waktu. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian kalimat SPOK ialah kalimat yang mengandung unsur subjek, predikat, objek dan keterangan di dalamnya. Agar anda lebih paham mengenai kalimat ini, maka perhatikan contoh kalimat SPOK di bawah ini:

Rika mencuci pakaian di kamar mandi
S        P           O                  K

Ibu memasak nasi di dapur
S         P         O       K

Contoh Kalimat Dengan Pola SPOK

Kalimat SPOK tidak hanya memuat contoh di atas. Adapula contoh lainnya dari kalimat SPOK yaitu sebagai berikut:
  • Ibu membeli ikan di pasar. (Ibu = Subjek, membeli = Predikat, ikan = Objek, di pasar = Keterangan tempat)
  • Kakak mengambilkan buku Adik di kamar. (Kakak = Subjek, mengambilkan = Predikat, buku Adik = Objek, di kamar = Keterangan tempat)
  • Ani membeli baju dari desainer ternama. (Ani = Subjek, membeli = Predikat, baju = Objek, dari desainer ternama = Keterangan)
  • Roni membaca novel dengan penuh penghayatan. (Roni = Subjek, membaca = Predikat, novel = Objek, dengan penuh penghayatan = Keterangan)
  • Adi menggambar kartun dengan menggunakan pensil. (Adi = Subjek, menggambar = Predikat, kartun = Objek, dengan menggunakan pensil = Keterangan)
  • Ayah minum kopi di cafe. (Ayah = Subjek, minum = Predikat, kopi = Objek, di cafe = Keterangan tempat)
  • Kakek mengunjungi Ibu di rumah. (Kakek = Subjek, mengunjungi = Predikat, Ibu = Objek, di rumah = Keterangan)
  • Ayah memancing ikan di sungai. (Ayah = Subjek, memancing = Predikat, ikan = Objek, di sungai = Keterangan)
  • Warga akhirnya menangkap sapi itu tadi siang. (Warga = Subjek, akhirnya menangkap = Predikat, sapi = Objek, tadi siang = Keterangan waktu)
  • Pak Andi menjual sapi potong di pasar. (Pak Andi = Subjek, menjual = Predikat, sapi potong = Objek, di pasar = Keterangan)
Dalam contoh kalimat SPOK ini memang mengandung unsur keterangan yang terdiri dari keterangan waktu, keterangan tempat ataupun keterangan suasana. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian kalimat SPOK ini mengandung unsur unsur tadi seperti subjek, predikat, objek dan keterangan. Adapun contoh kalimat dengan pola SPOK lainnya yaitu meliputi:
  • Ayah menjual baju batik dengan kualitas terbaik. (Ayah = Subjek, menjual = Predikat, baju batik = Objek, dengan kualitas terbaik = Keterangan)
  • Para teroris tengah mengebom kedutaan di Jakarta. (Para teroris = Subjek, tengah mengebom = Predikat, kedutaan = Objek, di Jakarta = Keterangan)
  • Polisi menemukan sejumlah narkoba di kamar tersangka. (Polisi = Subjek, menemukan = Predikat, sejumlah narkoba = Objek, di kamar tersangka = Keterangan)
  • Ibu membawa oleh oleh dari Surabaya. (Ibu = Subjek, membawa = Predikat, oleh oleh = Objek, dari Surabaya = Keterangan)
  • Para nelayan sedang menangkap ikan di laut. (Para nelayan = Subjek, sedang menangkap = Predikat, ikan = Objek, di laut = Keterangan)
  • Kakak memasak gulai kambing di dapur. (Kakak = Subjek, memasak = Predikat, gulai kambing = Objek, di dapur = Keterangan)
Demikianlah penjelasan mengenai contoh kalimat SPOK beserta pengertian kalimat SPOK lengkap. Kalimat SPOK merupakan kalimat yang mengandung unsur subjek, predikat, objek dan keterangan di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here