12 Contoh Pantun Pendidikan Singkat Buatan Sendiri

12 Contoh Pantun Pendidikan Singkat Buatan Sendiri – kebanyakan orang pasti sudah tidak asing lagi dengan pantun. Pantun lumayan populer dalam kehidupan anak anak, mengapa demikian? secara tidak langsung Ketika anak anak melihat acara kartun upin dan ipin mereka belajar pantun melalui karakter jarjit yang selalu membuat pantun untuk teman temannya. Sebagian anak atau bahkan orang dewasa terkadang malas untuk belajar dengan demikian membutuhkan motivasi untuk semangat belajar.

Nah, salah satu manfaat dari pantun adalah untuk memberikan nasehat dan juga motivasi secara halus. Pantun sendiri termasuk kategori puisi lama yang masih dilestarikan hingga saat ini. Tak jarang guru memberi penugasan pada siswa untuk membuat contoh pantun pendidikan demi mewujudkan tujuan tersebut.

Dalam konteks kehidupan nyata pantun sering dipakai orang untuk bahan lelucon. Tapi tak sedikit pula yang menyelipkan pantung singkat pada saat berbincang bincang maupun acara formal. Contohnya pada akhir pidato yang ditutup menggunakan 4 baris pantun untuk memotivasi pendengar.

Contents

12 Contoh Pantun Pendidikan Singkat Buatan Sendiri

Baik pengertian, ciri ciri, dan unsur intrinsik pantun harusnya sudah disampaikan bahkan sejak siswa berada di bangku sekolah dasar. Materinya pun tergolong cukup mudah untuk dikuasai meskipun untuk pemula sekalipun.

Secara garis besar ada banyak sekali jenis pantun yang memang wajib dikuasai siswa. Tapi kita tidak akan membahasnya secara rinci tapi hanya berfokus pada salah satu tema saja yakni tentang pendidikan.

Sama seperti namanya, pantun ini hanya berfokus mengangkat tema seputar dunia belajar mengajar saja. Meski demikian baik judul, isi, sampiran, atau aspek lain seperti pemilihan diksi tak mempunyai batasan spesifik. Jadi kalian bisa membuat pantun pendidikan sendiri dengan mudah selama mengetahui kaidah kebahasannya.

Contoh Pantun Pendidikan Singkat

Pantun pendidikan biasanya sering dipakai oleh guru untuk memberi motivasi pada siswa agar lebih semangat belajar. Jenis pantun satu ini bisa kita artikan sebagai sajak yang berisi pesan di bidang pendidikan formal.

Tujuan utama pantun tema pendidikan adalah memberikan motivasi bagi pelajar untuk berjuang dan semangat menuntun ilmu demi meraih cita-cita. Tak heran jika dalam berbagai kesempatan guru selalu menyisipkannya dalam percakapan dengan siswa.

Adapun contoh pantun pendidikan buatan sendiri beserta makna dan artinya adalah:

Pergi ke hutan cari rusa,
Hendaklah kau bawa tali.
Wahai anak cucu bangsa,
Hendaklah kau bangun negeri.

Hari minggu pergi berburu,
Berburu rusa bersama teman.
Anak baik hormati guru,
Itu namanya murid budiman.

Kalau kau pergi ke dusun,
Jangan lupa bawa beras.
Belajarlah dengan tekun,
Supaya kau naik kelas.

Contoh pantun pendidikan singkat di atas mengajak kita untuk menjadi siswa teladan. Kandungan maknanya pun juga jelas bahwa setiap siswa harus tekun belajar demi menggapai jenjang lebih tinggi dan masa depan lebih baik. Tapi, pantun pendidikan buatan sendiri itu juga mengajarkan untuk tak meninggalkan adab. Hal itu diwujudkan dalam isi pantun yakni “anak baik hormati guru“.

Contoh Pantun Pendidikan 4 Bait

Lazimnya, pantun ditulis menggunakan bahasa singkat dan tak lebih dari 4 baris. Kaidah itu bertujuan agar pembaca atau pendengar dapat menangkap makna dengan lebih mudah.

Tapi dalam beberapa kasus ada pula contoh pantun pendidikan 4 bait yang notabenya lebih rumit. Ketika memutuskan membuat karya tersebut menjadi 4 bait maka sang penulis pun harus memperhatikan beberapa kaidah. Seperti penggunaan sajak, makna antar bait harus koheren, dan lain sebagainya.

contoh pantun pendidikan buatan sendiri
pantun pendidikan buatan sendiri

Contoh pantun pendidikan 4 bait memang sangat jarang kita jumpai di buku pedoman bahasa. Namun berkat kemajuan teknologi kini kita bisa mencari contohnya di internet dengan berbagai tema bahasan. Nah, bila kalian sedang mendapat tugas demikian maka simaklah contoh pantun pendidikan buatan sendiri di bawah.

Kain dijahit jadilah baju
Bukan menjadi nisan jenazah
Sekolah untuk mencari ilmu
Bukan sekadar dapat ijazah

Ayam tidak hanya bisa dibakar
Namun juga bisa jadi pepesan
Guru jangan hanya pandai mengajar
Namun juga harus jadi teladan

Anak kucing mengejar tikus
Tikus berlari terbirit-birit
Jika belajar tidak serius
Menjadi pintar pun makin sulit

Sesudah sungai kian meriak
Air pun ngalir hingga lautan
Sesudah dapat ilmu yang banyak
Lalu ajarkan juga amalkan

Membuat contoh pantun pendidikan 4 bait memang tidak mudah. Selain pemilihan kata yang terbatas kita pun juga harus menyelaraskan antara sampiran dan isinya. Inilah yang terkadang menjadi kendala siswa pada saat menyusun pantun buatan sendiri.

Contoh Pantun Tentang Pendidikan Sekolah

Sekolah menjadi salah satu tempat formal untuk menimba ilmu. Berbagai pembelajaran baik akademik maupun non-akademik kita dapatkan di sana. Dalam berbagai kesempatan, sekolah juga sering diangkat menjadi tema pantun untuk menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap pendidikan.

Bila hendak menulis pantun pendidikan buatan sendiri maka saya memiliki rekomendasi yang sesuai. Untuk lebih jelasnya simaklah contoh pantun tema sekolah di bawah sebagai referensi. Kalian hanya perlu mengadaptasi lalu mengganti pemilihan katanya saja agar lebih mudah.

Mentari pagi begitu hangat
Pagi hilang begitu cepat
Berangkat sekolah dengan semangat
Semoga ilmu bermanfaat

Sudah besar badan kecil
rajin belajar diwaktu kecil
sudah besar menjadi pandai

Pelangi indah beraneka warna
Muncul setelah turun hujan
Jika ingin taklukan dunia
Pendidikan di utamakan

Apabila kalian amati contoh pantun buatan sendiri di atas maka ada hal yang cukup menarik. Selain hanya terdiri dari 3 bait, ternyata salah satunya pun juga memiliki 3 baris saja. Apakah pantun pendidikan itu valid? tentu saja selama terdapat sampiran dan isi.

Contoh Pantun Pendidikan Buatan Sendiri

Secara garis besar memahami materi seputar pengertian, cici ciri, dan unsur pantun memang menjadi kewajiban siswa. Tak jarang guru meminta siswa menulis pantun buatan sendiri untuk menguji tingkat pemahaman kita.

Padahal untuk menulis contoh pantun pendidikan buatan sendiri tidaklah semudah membalik telapak tangan. Beberapa siswa mengeluh sulitnya mencari inspirasi sampai mengikuti kaidah yang berlaku. Nah, untuk membantu kalian maka simaklah contoh pantun tentang pendidikan karya sendiri berikut.

Jalan jalan kepasar
Sambal memungut akar
Ayo kawan rajin belajar
Agar kita menjadi pintar

Ke toko membeli kain
Jangan lupa menutup pagar
Ayolah kawan jangan banyak bermain
Lebih baik perbanyak belajar

Supaya enak roti dibakar
Serta diberi selai yang banyak
Murid dididik supaya pintar
Pintar di otak; baik di akhlak

Nah, di atas adalah beberapa contoh dari pantun Pendidikan yang mungkin bisa kalian jadikan refensi, manfaat dari pantun adalah untuk memberikan nasehat dan juga motifasi dengan cara yang halus, Pantun sendiri merupakan puisi lama yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Tak jarang guru meminta siswa untuk menulis pantun buatan sendiri dengan berbagai tema. Apabila kalian sedang mendapat tugas tersebut maka silahkan ambil contoh pantun pendidikan buatan sendiri di atas. Tujuan utama dari pantun Pendidikan ini adalah memberi motivasi bagi pelajar untuk berjuang dan juga semangat dalam belajar meraih cita citanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here