Contoh Majas Pleonasme dan Kalimat Pleonasme Beserta Penjelasannya

Contoh Majas Pleonasme dan Kalimat Pleonasme Beserta Penjelasannya – Majas atau gaya bahasa sering dipakai dalam berbagai penulisan karya sastra. Contoh sederhananya yakni prosa atau puisi yang notabenya tiap kalimat pasti mengandung dua unsur tersebut. Majas ialah penggunaan gaya bahasa dengan banyak memberikan efek tertentu agar pikiran yang disampaikan lebih unik dan baik dalam bentuk tertulis maupun lisan. Majas sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya majas pleonasme yang berfungsi sebagai penegas maksud.

Ada banyak sekali contoh majas pleonasme yang sebenarnya bisa kita amati dalam konteks kehidupan sehari hari. Masalahnya, tak semua orang mengetahui apa pengertian majas pleonasme karena porsinya kalah dengan jenis majas lain. Pleonasme mengadaptasi bahasa yunani berupa “Pleonasmus” yang artinya adalah “kata berlebihan”. Dari istilah itu setidaknya kita telah mengetahui sedikit gambaran apa itu majas pleonasme dan penggunaanya pada kalimat.

Contoh Majas Pleonasme dan Kalimat Pleonasme
Contoh majas pleonasme dalam kalimat

Pleonasme sendiri sering dikaitkan dengan hal hal yang bersifat berlebihan. Sifat itu diperoleh akibat penggunaan dua kata berbeda tapi memiliki arti yang sama. Padahal penambahan itu sebenarnya tak terlalu diperlukan dalam sebuah kalimat. Maka dari itu wajar kiranya kalau kita menyebut contoh majas pleonasme lebih condong ke arah penegasan saja. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh majas pleonasme dalam kalimat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Contoh Majas Pleonasme dan Kalimat Pleonasme Beserta Penjelasannya

Siapa yang tidak kenal dengan istilah majas? hampir semua pelajar pasti telah familiar dengan materi satu ini. Majas sering dipakai untuk menulis berbagai karangan seperti puisi, pantun, sajak, bahkan genre teks sekalipun. Jadi jangan heran apabila di waktu tertentu guru memberikan tugas untuk membuat contoh majas pleonasme atau bahkan kalimat pleonasme. Sebab materi itu sendiri termasuk dalam kompetensi dasar Bahasa Indonesia yang wajib dikuasai siswa di bangku sekolah.

Dalam kehidupan sehari hari, majas digunakan untuk melakukan percakapan dengan orang lain dalam waktu dekat. Lantas apa yang dimaksud majas itu? Pengertian majas adalah gaya bahasa yang berguna untuk meyakinkan dan mempengaruhi para pembaca atau pendengarnya. Maka dari itu kegunaan majas tersebut dapat berbentuk lisan maupun tertulis

Seperti yang kita tahu bahwa majas secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah majas pleonasme. Majas ini dapat digunakan dalam karya sastra untuk membuatnya menjadi lebih indah. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian majas pleonasme, contoh majas pleonasme dan contoh kalimat pleonasme yaitu sebagai berikut:

Pengertian Majas Pleonasme

Pengertian majas pleonasme secara umum ialah sebuah majas yang penggunaannya disertai dengan frase atau kata berlebihan. Sehingga dalam kalimat tersebut terdapat pengungkapan dan penegasan maksud di dalamnya. Dari pengertian ini terlihat unsur penegasan yang terdapat di dalamnya. Maka dari itu setiap contoh majas pleonasme termasuk dalam kategori majas penegasan.

Fungsi dan contoh majas pleonasme
Fungsi Majas Pleonasme

Lantas bagaimana cara membedakan majas pleonasme dengan jenis majas lainnya? sebenarnya hal itu sangat mudah. Majas pleonasme ini sebenarnya dapat dibedakan dengan cara melihat kata kata yang digunakannya. Kata kata majas pleonasme cenderung dilebih lebihkan dalam hal penggunaannya.

Tanda sadar, ada banyak contoh majas pleonasme yang digunakan dalam sebuah kalimat singkat. Entah itu dalam percakapan maupun melalui tulisan yang sering kita baca. Sedangkan dalam konteks pendidikan materi majas pleonasme termasuk dalam ketegori bahasa indonesia yang wajib untuk dipelajari.

Materinya pun juga termasuk mudah asalkan kita mengetahui pola kalimat serta karakteristik dari pleonasme itu sendiri. Maka dari itu sebelum saya memberikan contoh majas pleonasme terlebih dulu kita akan membahas penjelasan kalimat pleonasme.

Contoh Majas Pleonasme

Mampu menyebutkan contoh majas pleonasme dan penggunaanya dalam kalimat merupakan indikator sekaligus tujuan dari pembelajaran. Tak jarang guru memberikan penugasan pada siswa untuk menganalisa, membaca, lalu menemukan kata kata pleonasme.

Contoh majas pleonasme dan penjelasannya
Contoh majas pleonasme dan penjelasannya

Dari penjelasan di atas kita sudah tau bahwa pengertian majas pleonasme adalah jenis majas dengan frasa berlebih untuk mempertegas arti dari induk kalimatnya. Meski tak terlalu dibutuhkan, tapi penulis tetap akan meletakkanya sebagai kata keterangan. Penambahan kata itu dipercaya akan membuat kalimat lebih jelas dan tegas.

Lalu bagaimana contoh majas pleonasme itu? meski sering dijumpai tapi tak semua orang mampu mengidentifikasinya. Setelah menjelaskan pengertiannya, mari kita simak beberapa contoh majas pleonasme untuk menambah wawasan. Berikut contoh majas dalam kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  1. Kapal tongkang dapat menangkap berbagai jenis ikan dengan cara menebar jala sekali saja.
  2. Para peserta lomba harus menyelesaikan berbagai jenis macam rintangan.
  3. Kakek membawa berbagai ragam jenis buah dari desanya ketika berkunjung ke rumah anaknya.
  4. Mobil Pak Jono ditepikan ke pinggir jalan karena bocor bannya.
  5. Karena gerhana bulan yang terjadi sangat indah, maka kepala para santri didongakkan ke atas untuk melihatnya.
  6. Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia diikuti oleh semua siswa siswa SMP Suka Jaya di Lapangan Umum.
  7. Di desa Sekar Jaya sedang ada pembersihan selokan yang dilakukan oleh semua bapak bapak di lingkungan tersebut dalam kegiatan gotong royong.
  8. Agar lomba tersebut dapat dimenangkan maka kalian harus tetap maju ke depan.
  9. Para wisatawan mancanegara sangat terpukau dengan berbagai jenis keragaman budaya di Indonesia.
  10. Keberadaanku tidak disadari oleh Riko padahal aku berada di sebelahnya, sampai ia harus menoleh ke samping.
  11. Rina telah berlatih renang sejak dari masih di Taman Kanak Kanak bersama dengan ayahnya.
  12. Menara ini menjulang tinggi ke langit, maka dari itu dapat disebut sebagai menara paling tinggi di dunia.
  13. Dikarenakan kesalahan teknis mengakibatkan pesawat dikala itu seketika turun rendah dari posisi asalnya.
  14. Ayah Rina telah pulang dari Jakarta dengan oleh oleh yang banyak.
  15. Saya dan keluarga akan pergi berkunjung ke rumah Paman besok lusa.
  16. Ayam domba itu menang secara langsung ketika pertama kali melakukan adu tanding.
  17. Kunci sukses ialah tidak mundur ke belakang apapun yang terjadi.

Sebenarnya masih ada banyak sekali contoh majas pleonasme yang bisa kita pelajari. Contoh itu pun juga tak terlepas dari kebiasaan kita saat bercakap cakap dalam konteks kehidupan sehari hari.

Selian percakapan langsung, kalian juga dapat menjumpai contoh majas pleonasme di berbagai karya tulis. Misalnya cerita pendek, novel, teks narasi dan lain sebagainya. Penggunaan yang fleksibel untuk memberi penekanan maksud membuat penulis sering memakai kata kata pleonasme.

Contoh Kalimat Pleonasme

Apakah penggunaan majas pleonasme bisa ditemukan dalam ranah kehidupan sehari-hari?untuk menjawab pertanyaan tersebut simaklah pembahasan sampai selesai. Karena tidak menutup kemungkinan juga kalian bisa menemukan contoh kalimat pleonasme secara tak langsung.

Setelah menjelaskan tentang pengertian majas pleonasme pada sesi sebelumnya. Kini saya akan membagikan beberapa contoh majas pleonasme yang dapat kalian pelajari. Agar anda lebih memahami mengenai majas pleonasme ini, maka anda dapat memperhatikan beberapa contoh majas dalam kalimat di bawah ini:

Contoh Majas Pleonasme Singkat

“Berbagai jenis ikan dapat dipelihara oleh Rio seperti betok, mujair, lele, gabus dan sebagainya”

Dari contoh majas pleonasme di atas dapat dilihat bahwa ada penggunaan hiponim betok, mujair, lele, gabus, dimana didalamnya terdapat arti khusus atau hiponim yang dimiliki seperti jenis jenis atau kelompok kelompok ikan. Kata ikan tersebut tidak perlu digunakan dalam penjelasan kalimatnya karena penambahan hiponim berguna untuk memperjelas atau mepertegas maksud dari kalimatnya.

Contoh Majas Pleonasme Pendek

“Pak Ibnu menegok ke belakang untuk melihat kembali orang yang berpapasan dengannya”

Dari contoh pleonasme dalam kalimat di atas terdapat penggunaan kata “ke belakang” yang sebenarnya tidak harus dimasukkan. Akan tetapi penambahan katanya memang sengaja dilakukan agar dapat memperjelas tujuan arah mana penolehan dari Pak Ibnu.

Contoh Kalimat Bermajas Pleonasme

“Gas air mata diluncurkan agar para pendemo tersebut mundur ke belakang”

Dari contoh majas pleonasme dalam kalimat di atas juga menggunakan kata “ke belakang” yang sebenarnya juga tidak harus ada. Hal ini dikarenakan telah ada penggunaan kata mundur yang sebenarnya pasti ke arah belakang juga.

Contoh Kalimat Pleonasme Singkat

“Para teman teman sekalian diharapkan dapat datang ke aula dengan segera”

Dari contoh majas pleonasme itu ada pengulangan kata berupa para, teman teman dan sekalian. Penggunaan kata yang diulang ini sebenarnya tidak harus, karena penambahannya memang sengaja untuk mempertegas makna dari kalimat tersebut.

Demikianlah beberapa contoh majas pleonasme dalam kalimat beserta penjelasan yang dapat saya bagikan. Pengertian majas pleonasme ialah jenis majas yang menggunakan frasa atau kata tambahan secara berlebihan sehingga dalam kalimat itu terdapat penegasan maksudnya. Kata dalam contoh pleonasme memang tergolong berlebihan ketika ditambahkan, namun maksud dalam kalimat tersebut dapat lebih dipertegas lagi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here