Pengertian Perubahan Wujud Benda, Macam, Penyebab, dan Contohnya

Pengertian Perubahan Wujud Benda, Macam, Penyebab, dan Contohnya – Apakah anda pernah menjumpai adanya perubahan wujud benda? Apa itu perubahan wujud benda? Apa saja macam macam perubahan wujud benda? Apa penyebab perubahan wujud benda? Apa saja contoh perubahan wujud benda? Materi perubahan wujud benda ini pada umumnya telah dipelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini sangat penting untuk dipelajari, karena kita sering menjumpainya dikegiatan sehari hari.

Perubahan wujud benda pada umumnya terdapat dalam ilmu Fisika. Materi ini memang mencantumkan beberapa pembahasan di dalamnya seperti pengertian perubahan wujud benda, sifat sifat benda, macam macam perubahan wujud benda, contoh perubahan wujud benda, dan penyebab perubahan wujud benda. Lantas apa yang dimaksud perubahan wujud benda itu?

Perubahan wujud benda memang merupakan sebuah peristiwa dalam benda yang bentuknya berubah menjadi bentuk benda lainnya. Terjadinya hal ini disebabkan karena penyerapan atau pelepasan kalor. Perubahan wujud benda yang terjadi ini akan berada di titik didih maupun titik beku. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian perubahan wujud benda, sifat sifat benda, macam macam perubahan wujud benda, contoh perubahan wujud benda, dan penyebab perubahan wujud benda. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Pengertian Perubahan Wujud Benda, Macam, Penyebab, dan Contohnya

Perubahan wujud yang terjadi pada masing masing benda pada umumnya berbeda. Benda tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti benda gas, benda cair, dan benda padat. Terjadinya perubahan wujud dalam kehidupan sehari hari ini tentunya sudah tidak asing lagi.

Sebelum menjelaskan tentang pengertian perubahan wujud benda, macam macam perubahan wujud benda, contoh perubahan wujud benda, dan penyebab perubahan wujud benda tersebut akan lebih baik jika anda memahami beberapa sifat benda terlebih dahulu. Benda tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti benda padat, benda gas, dan benda cair. Masing masing benda memiliki sifatnya sendiri yaitu meliputi:

Baca juga : Apa Saja yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku Mencair dan Menguap

Benda Padat
Benda padat mempunyai beberapa sifat seperti berikut:

  • Bentuk yang dimiliki cenderung tetap walaupun berada ditempat tertentu.
  • Biasanya wujud benda dapat dirubah dengan proses yang lumayan lama seperti menekan, memukul dan lain lain.
  • Wujudnya tidak mudah berubah.

Benda Cair
Sebelum menjelaskan tentang pengertian perubahan wujud benda, saya akan membagikan beberapa sifat pada benda cair. Kita banyak menemukan benda cair atau cairan di lingkungan sekitar ataupun dirumah. Di bawah ini terdapat beberapa sifat benda cair yaitu sebagai berikut:

  • Tidak tetap bentuknya karena disesuaikan dengan bentuk wadah penampungnya.
  • Memiliki sifat yang mudah berpindah tempat atau mengalir dari tempat tinggi ke rendah karena menggunakan hukum gravitasi.
  • Dapat meresap pada pori pori atau celah celah kecil di permukaannya seperti kertas, spons, tanah, tisu, kain, dan lain lain.
  • Tekanan yang dimiliki dapat menuju segala arah.
  • Permukaan yang dimiliki selalu datar meskipun bentuk wadahnya dalam kondisi apapun.
  • Gerak gelombang yang dimiliki dikarenakan beberapa faktor seperti gaya dorong maupun angin.

Benda Gas
Benda gas pada umumnya memang memiliki bentuk yang tidak dapat dlihat secara telanjang mata. Kita dapat menemukan salah satu contoh benda gas yaitu udara. Di bawah ini terdapat beberapa sifat benda gas yaitu meliputi:

  • Volume dan bentuk yang dimiliki disesuaikan dengan kondisi atau bentuk wadah penampungnya. Maka dari itu gas memiliki benda yang sesuai dengan kondisi dan bentuk wadahnya. Udara ini mempunyai volume yang disesuaikan dengan volume dan isi wadahnya.
  • Tekanan yang dimiliki menuju ke segala arah. Contohnya mengembangnya karet balon ketika balon tersebut ditiup.

Pengertian Perubahan Wujud Benda

Apa itu perubahan wujud benda? Pengertian perubahan wujud benda adalah terjadinya perubahan bentuk pada sebuah benda yang berbeda dari sebelumnya, baik warna, bau, ukuran, hingga bentuknya yang berubah. Terjadinya perubahan wujud benda ini mengalami beberapa proses yang dapat dilihat oleh mata manusia.

Seperti yang kita tahu bahwa benda dalam kondisi tertentu tidak dapat mempertahankan bentuknya. Maka dari itu perubahan wujud yang terjadi dapat berbentuk warna maupun baunya. Perubahan ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti suhu, panas, kelembapan dan lain lain.

Berdasarkan pengertian perubahan wujud benda ini kita mengetahui bahwa sifat wujud benda ini sementara maupun permanen, karena zat yang dihasilkan benda tersebut baru dan tidak dapat dikembalikan menjadi bentuk awalnya. Perubahan wujud benda ini berhubungan dengan perubahan biologi, fisika, dan kimia. Akan tetapi terjadinya proses perubahan ini biasanya dapat melepaskan kalor maupun membutuhkan kalor.

Pengertian Perubahan Wujud Benda, Macam, Penyebab, dan Contohnya
Perubahan Wujud Benda

Macam Macam Perubahan Wujud Benda

Selain pengertian perubahan wujud benda di atas. Adapula jenis jenis perubahan wujud benda. Perubahan wujud benda dapat dikategorikan menjadi beberapa macam seperti:

Mencair

Pengertian mencair adalah terjadinya perubahan wujud benda dalam bentuk padat ke bentuk cair. Perubahan wujud benda ini terjadi dalam bentuk mencair karena benda tersebut dipengaruhi oleh adanya kalor atau panas. Mencair dapat disebut juga dengan meleleh. Adapun contoh proses mencair yaitu coklat batangan yang meleleh ketika dipanaskan di kompor hingga bentuknya menjadi kental.

Membeku

Membeku adalah macam perubahan wujud benda yang terjadi pada benda cair ke padat. Perubahan wujud benda ini berkebalikan dengan mencair sehingga suhunya dingin karena kalor atau panasnya dilepaskan. Contohnya air yang berubah menjadi es batu ketika diletakkan dalam freezer.

Menguap

Selain pengertian perubahan wujud benda tersebut, adapula pengertian menguap yang akan saya jelaskan. Menguap adalah terjadinya perubahan wujud benda ke cair menjadi gas. Benda ini dipanaskan atau mebutuhkan kalor hingga dapat merubah wujudnya. Contoh menguap ini dapat berupa berubahnya air yang dipanaskan menjadi uap air.

Baca juga : Sebutkan Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal

Mengembun

Macam perubahan wujud benda selanjutnya adalah mengembun. Pengertian mengembun adalah terjadinya perubahan wujud benda gas ke cair. Terjadinya pengembunan gas diudara tersebut dikarenakan suhunya rendah atau udaranya dingin menjadi butiran air.

Menyublim

Menyubllim adalah terjadinya perbahan wujud benda dari padat ke gas. Proses ini memerlukan energi panas atau kalor di dalamnya hingga bentuknya menjadi molekul gas di udara. Contohnya kamper atau kapur barus yang diletakkan di sebuah ruangan akan habis lama kelamaan karena proses menyublim di udara.

Mengkristal

Mengkristal adalah terjadinya perubahan wujud benda dari gas ke padat. Terjadinya perubahan wujud benda ini disebabkan karena kalor atau energi panas dilepaskan oleh benda tersebut sehingga suhunya menjadi lebih rendah. Contohnya kristalisasi gula yang muncul lama kelamaan di botol madu.

Penyebab Perubahan Wujud Benda

Selain pengertian perubahan wujud benda dan macam macam perubahan wujud benda di atas. Selanjutnya adapula penyebab dari perubahan wujud benda. Sebuah benda pada umumnya mengalami perubahan wujud yang dikarenakan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab ini dapat kita ketahui melalui alat bantu maupun secara langsung. Terjadinya perubahan wujud ini dapat dipengaruhi oleh perubahan kimia, perubahan biologi, dan perubahan fisika dalam sifat zat tertentu. Adapun penjelasan selengkapnya:

Perubahan Fisika

Pengertian perubahan fisika adalah perubahan wujud zat yang bentuknya bisa diamati atau dilihat menggunakan mata telanjang melalui penampilan luar ataupun penampilan fisiknya. Perubahan zat atau benda tersebut tidak mengubah komposisi kimianya secara fisik. Maka dari itu perubahan ini membentuk zat baru dan tidak mengubah materinya sama sekali. Perubahan fisika memiliki sifat yang bisa diamati dan dilihat perubahannya secara fisik atau dari luar serta kondisinya dapat dikembalikan seperti semula sebelum zat ini berubah.

Perubahan Kimia

Pengertian perubahan kimia adalah penyebab perubahan wujud benda yang bentuknya menghasilkan zat baru yang berbeda, mulai dari ukuran sampai bentuk zatnya. Hasil perubahan wujud ini dapat berupa sifat dan jenis material zat yang baru atau berbeda dari zat semula. Dengan adanya reaksi kimia tersebut, komposisi atau substansi penyusunnya dapat dihasilkan meskipun rumus kimianya berubah menjadi baru. Perubahan wujud kimia dalam praktiknya mengalami perubahan material zat yang lebih menyusut. Terjadinya perubahan kimia tersebut dapat disebabkan oleh faktor pendinginan, pembusukan, pembakaran, perkaratan, dan pemanasan. Dari penjelasan ini tentunya anda sudah paham mengenai pengertian perubahan wujud benda bukan?

Perubahan Biologi

Pengertian perubahan biologi adalah terjadinya perubahan yang dipengaruhi oleh aktivitas mikroorganisme pengurai atau makhluk lain. Perubahan ini membuat benda yang berubah tidak dapat kembali seperti semula. Contoh perubahan biologi ini dapat berupa bentuk kayu yang berubah menjadi lapuk hingga terurai pada akhirnya,

Contoh Perubahan Wujud Benda

Setelah menjelaskan tentang pengertian perubahan wujud benda, macam macam perubahan wujud benda, dan penyebab perubahan wujud benda di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh dari perubahan wujud benda tersebut. Adapun contohnya yaitu sebagai berikut:

  • Air yang dibekukan dalam freezer supaya es batu tersebut membeku.
  • Adonan es krim yang diletakkan dalam freezer supaya menjadi es krim yang beku.
  • Air yang direbus sampai mendidih sehingga zat cair ini dapat berubah menjadi gas sampai akhirnya menguap.
  • Terjadinya penyemprotan pengharum ruangan dari zat cair yang berubah menjadi gas dan menyebar di udara.
  • Mencairnya es batu yang lama kelamaan dengan sendirinya di lingkungan terbuka.
  • Mentega yang meleleh menjadi cair karena dipanaskan.
  • Melelehnya lilin yang dibakar karena adanya energi panas.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian perubahan wujud benda, sifat sifat benda, macam macam perubahan wujud benda, contoh perubahan wujud benda, dan penyebab perubahan wujud benda. Perubahan wujud benda sendiri merupakan terjadinya perubahan bentuk pada sebuah benda yang berbeda dari sebelumnya, baik warna, bau, ukuran, hingga bentuknya yang berubah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here