Contoh Kunci Determinasi Tumbuhan, Hewan, dan Penjelasannya

Posted on

Contoh Kunci Determinasi Tumbuhan, Hewan, dan Penjelasannya – Pernahkah kalian mencoba mengamati ciri ciri makhluk lain yang hidup di sekitarmu? misalnya seperti apa karakteristik tanamanan padi, ikan mas, kelinci, atau belalang. Mengenali ciri ciri makhluk hidup lalu mengelompokanya termasuk kegiatan yang menyenangkan. Semua itu bisa dengan mudah kita lakukan apabila menguasai kunci determinasi.

Mempelajari kunci determinasi sederhana menurut saya sangatlah penting. Sebab metode ini membantu mengidentifikasi taksonomi makhluk hidup dengan cepat. Sehingga kita bisa mengklasifikasikan baik tumbuhan dan hewan secara akurat.

Contoh Kunci Determinasi Tumbuhan, Hewan, dan Penjelasannya

Materi ini biasanya akan diberikan kepada siswa saat menginjak bangku SMA. Pembahasannya pun tak hanya seputar teori namun didominasi oleh kegiatan praktikum. Tak jarang siswa diminta membuat contoh kunci determinasi sederhana oleh guru.

Meski materi sudah terangkum secara lengkap di buku pedoman biologi. Namun ternyata masih banyak siswa yang bertanya karena kurang paham. Oleh karenanya mari kita perdalam pemahaman dengan langsung melihat contohnya.

Contoh Kunci Determinasi Tumbuhan, Hewan, dan Penjelasannya

Kunci determinasi adalah alat atau metode yang dipakai untuk memudahkan proses identifikasi makhluk hidup. Lebih tepatnya, kunci determinasi berisi keterangan yang sudah disusun sedemikian rupa untuk menentukan makluk hidup berdasarkan karakteristiknya.

Dalam kotekstualisasinya metode itu lebih banyak digunakan untuk mengidentifikasi hewan dan tumbuhan. Mulai dari sapi, kelinci, ikan, serangga kecil, pohon jagung, padi, dan lain sebagainya.

Contoh kunci determinasi sederhana dapat kita jumpai pada sistem dikotom. Dikotom sendiri merupakan pernyataan yang diwujudkan dalam dua kelompok (saya cenderung lebih suka tabel). Pernyataan itu dibuat berdasar ciri ciri berlawanan dari makhluk hidup yang sedang diamati.

Walaupun terkesan mudah tapi fakta mengatakan kalau masih banyak siswa mengalami kesulitan. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam seputar kunci determinasi tumbuhan dan hewan.

Contoh Kunci Determinasi Tumbuhan Jagung

Ada banyak sekali jenis tumbuhan di lingkungan tempat tinggal kita. Mulai dari pepohohan, bunga, buah, dan hingga rumput sekalipun. Masing-masing jenis tanaman tersebut sudah pasti memiliki ciri ciri berbeda. Contoh tanaman mangga yang notabenya berbiji ganjil, berdaun linear, dan berkembang biak dari bijinya.

Sekilas memang sangat mudah mengidentifikasi karakteristik itu karena terlihat secara kasat mata. Sehingga orang tidak perlu repot membuat kunci determinasi tumbuhan.

Tapi untuk mengetahui indetitas otentik dari tanaman kita wajib melakukan penelitian. Akhirnya dipakailah determinasi dengan mencari dikotom yang tediri dari dua bagian yakni benar dan salah.

Pada dasarnya kalian bisa membuat kunci determinasi sederhana untuk makhluk apapun. Mulai dari organisme kecil sampai yang berukuran besar seperti sapi, kerbau, pohon jati, mangga, dan lain-lain. Semakin banyak pernyataan yang disusun maka semakin lengkap pula data yang akan diperoleh.

Apabila kalia sedang mendapat tugas untuk menyusun pengelompokan tumbuhan berdasar karakteristiknya. Maka tak perlu bingung mencari karena kita dapat mengamati apa yang ada di lingkungan sekitar. Dalam sesi pertama saya akan jabarkan contoh kunci determinasi tumbuhan jagung:

1aTumbuhan berpembuluh2
bTumbuhan tidak berpembuluh
2aBerkembangbiak dengan biji3
bBerkembangbiak dengan spora
3aPembuahan tunggal
bPembuahan ganda4
4aBentuk daun menjadiDikotil
bBentuk daun linearMonokotil
Kunci determinasi tumbuhan jagung

Berdasarkan tabel di atas bisa kita simpulkan bahwa kunci determinasi pada jagung adalah: 1a-2a-3b-4b yang mengindikasikan bahwa jagung termasuk tumbuhan monokotil.

Contoh Kunci Determinasi Hewan

Sama seperti tumbuhan, ada berbagai jenis hewan yang juga hidup berdampingan dengan manusia. Masing-masing tentu memiliki karakteristik berbeda. Meski sebagian memiliki kesamaan informasi tapi tidak semua identif sama persis.

Berdasarkan kategorinya kita bisa membagi hewan menajadi beberapa jenis. Terdiri dari unggas, mamalia, serangga, hingga pisces yang notabenya terdiri dari ikan ataupun hewan air. Walaupun di buku pedoman tidak dijelaskan rincian contoh kunci determinasi hewan tapi berkat internet kita bisa mencarinya sendiri di internet.

Sangat tidak mungkin apabila kita mengidentifikasi semua hewan satu persatu secara manual. Sebab hal itu akan membutuhkan waktu yang benar-benar lama. Untuk memudahkan proses tersebut maka kita memerlukan kunci determinasi hewan demi memperoleh data yang cepat dan akurat.

Kunci Determinasi Ayam

Dalam sesi ini saya akan coba berikan contoh determinasi hewan secara singkat. Untuk memudahkan membaca maka kunci determinasi itu kembali saya wujudkan dalam bentuk tabel. Simaklah kunci determinasi hewan di bawah:

1.aBertulang belakang2
bTidak bertulang belakang
2.aBersayap3
bTidak Bersayap
3.aBergerak dengan sirip
bTidak bergerak dengan sirip4
4.aBertubuh lunak
bBertubuh tidak lunak5
5.aMenyusui
bTidak menyusui6
6.aSayapnya sisikLepidoptera
bSayapnya lurusOrthoptera
7.aMengalami metamorfosis
bTidak mengalami metamorfosis8
8.aMengerami telurAves
bTidak mengerami telurReptilia
Kunci determinasi ayam

Berdasarkan tabel di atas bisa kita simpulkan bahwa kunci determinasi hewan ayam adalah: 1a-2a-3b-4b-5b-7b-8a (Aves) dengan kesimpulan bahwa ayam masuk kategori aves.

Kunci Determinasi Belalang

Terkadang data yang dimasukan dalam dikotom akan memiliki tingkat kompleksitas lebih tinggi. Hal itu biasanya diterapkan apabila kita mengedentifikasi lebih dari satu subjek.

Oleh karenanya, saya akan berikan contoh kunci determinasi hewan serangga yang lebih kompleks:

1.aSerangga bersayap3
bSerangga Tidak bersayap2
2.aBerbentuk ulat, berkaki semuLarva
bTidak berkaki semuApterigota
3.aSayap tumbuh sempurna4
bSayap belum/tidak tumbuh sempurnaNimfa
4.aSayap depan transparan, urat sayap tidak jelasOrthoptera
bSayap depan tidak sepertidi atasColeoptera

Jadi kunci determinasi belalang adalah: 1b-3b-4a Orthoptera.

Ada beberapa kiat penting yang bisa kita pakai untuk membaca kunci determinasi tumbuhan dan hewan. Pertama, fokuskan membaca kunci secara teliti dan urut mulai dari atas ke bawah. Lalu, identifikasi apabila ciri ciri sesuai maka tandai lalu beralih ke pernyataan selanjutnya. Tapi apabila tidak sesuai kalian bisa mencatat nomornya.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan. Apabila masih ada bagian yang bingung dari materi di atas maka jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar. Semoga contoh kunci determinasi tumbuhan dan hewan sederhana tersebut bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *