16 Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat

16 Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat – Pada pembelajaran Bahasa Indonesia mungkin kalian sudah mendapat materi tentang konjungsi. Konjungsi atau kata penghubung berfungsi untuk menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat sehingga tercipta kalimat yang saling berhubungan. Konjungsi tidak menghubungkan dengan objek, konjungsi tidak menerangkan kata, tetapi konjungsi dapat menghubungkan kalimat-kalimat atau kata-kata.

contoh konjungsi penerang
contoh konjungsi penerang

Kata yang sama dapat merupakan preposisi kedalam bagian yang satu adverb pada bagian yang lain. Terdapat jenis-jenis konjungsi dan salah satunya adalah konjungsi penerang. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa konjungsi penerang juga menjadi kata penghubung antar kata, antar frasa, antar klausa, serta antar kalimat.

Tujuan orang memakai konjungsi penerang tak lain sebagai keterangan untuk kata yang diikutinya. Konjungsi dalam penulisan kalimat bahasa indonesia sendiri tidak dapat menghubungkan objek dan menerangkan kata, namun fungsinya lebih kepada penghubung agar suatu kalimat menjadi mudah dimengerti.

16 Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat

Bahasa menjadi mapel yang memiliki banyak cakupan pembahasan rumit di dalamnya. Pada mata pelajaran inilah kalian akan bertemu materi yang sedikit banyak mengajarkan kaidah serta aspek-aspek berbahasa.

Sebenarnya contoh konjungsi penerang sering kita temukan dalam keseharian hidup bermasyarakat. Bahkan penggunaannya intens di beberapa daerah yang masih menjunjung tinggi adat dan budaya. Kata hubung satu ini juga sering dipakai untuk merepresentasikan kata ganti orang.

Dalam artikel sebelumnya pun saya juga sudah membahas apa itu konjungsi penerang secara lengkap. Namun ternyata masih ada beberapa siswa yang menanyakan seperti apa contoh kalimatnya. Beberapa bahkan mengalami kesulitan karena tak bisa memenuhi tugas dari guru untuk membuat contoh kalimat konjungsi penerang tersebut.

Oleh karenanya, artikel ini hanya akan berfokus pada contoh konjungsi penerang saja. Tapi, sebelumnya saya ingin mengulang kembali materi agar kalian tak lupa pengertiannya.

Apa itu Konjungsi Penerang

Pengertian konjungsi menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi) yaitu adalah kata ataupun ungkapan yang menghubungkan atau penghubung antar kalimat, antar frasa, antar kata, dan antar klausa.

Sedangkan Konjungsi penerang adalah suatu penghubung yang dipakai untuk menerangkan atau menjelaskan sebuah peristiwa atau kejadian pada satu kalimat. Berupa positif dan juga berupa negatif. Konjungsi ini pada umumnya dipakai dalam sebuah kalimat langsung yang kemudian diubah menjadi kalimat tak langsung.

Konjungsi penerang bisa juga berguna untuk menjelaskan atau menerangkan sesuatu kejadian di dalam kalimat. Tentunya pengertian dari kata sambung satu ini lebih spesifik mengacu pada fungsinya.

Contoh Konjungsi Penerang

Dari penjelasan di atas serta rangkuman materi pada artikel sebelumnya pasti kalian sudah tau apa itu konjungsi penerang. Nah, agar lebih jelas lagi saya akan memberikan beberapa contoh konjungsi penerang dalam kalimat di bawah:

  1. Nita mempunyai seorang adik yang sangat cantik yakni Malika.
  2. Kita dapat melakukan pencegahan dari penyakit darah tinggi atau hipertensi yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat.
  3. Sangat mudah untuk membuat KTP sekarang ini yakni dengan langsung membawa KK ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil.
  4. Ia mengatakan bahwa hari ini hujan mungkin akan turun sehingga kami harus segera pulang sebelum sore.
  5. Vita menjelaskan bahwa acara baru akan dimulai jika seluruh tamu undangan telah datang sedangkan tamu lainnya telah menunggu sejak tadi.
  6. Budi mempunyai seorang kakak yakni Susana.
  7. Dita lahir di luar negeri yakni Inggris.
  8. Ibu membeli kue yang sangat enak yakni kue.
  9. Rumah Pak Aris jauh dari kantornya yakni di Bandung.
  10. Ia memakai alasan yang tidak masuk akal untuk tidak masuk sekolah yakni kehilangan tas.
  11. Rumah Pak Ari jauh dari kantornya yakni di Bandung
  12. Ibu membeli kue yang sangat enak yakni kue pancong
  13. Adi divonis menderita penyakit yang cukup berat yakni kanker paru-paru
  14. Dini memiliki cita-cita yang sangat mulia yakni menjadi guru bagi anak-anak yang tidak bisa membaca di desanya.
  15. Dini memiliki cita-cita yang sangat mulia yakni menjadi guru bagi anak-anak yang tidak bisa membaca di desanya.
  16. Dini memiliki cita-cita yang sangat mulia yakni menjadi guru bagi anak-anak yang tidak bisa membaca di desanya.

Itulah artikel yang sedikit banyak menjelaskan contoh konjungsi penerang dalam kalimat bahasa indonesia. Pengertian konjungsi menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi) yaitu adalah kata ataupun ungkapan yang menghubungkan atau penghubung antar kalimat, antar frasa, antar kata, dan antar klausa. Sedangkan Konjungsi penerang adalah suatu penghubung yang dipakai untuk menerangkan atau menjelaskan sebuah peristiwa atau kejadian pada satu kalimat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here