Contoh Konjungsi Kausalitas, Jenis, dan Pengertiannya

Contoh Konjungsi Kausalitas, Jenis, dan Pengertiannya – Mungkin dari kalian masih asing dengan kata konjungsi, pada dasarnya konjunsi adalah kata hubung atau kata yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar klausa, antar kalimat maupun antar paragraf yang letaknya dapat diawal, ditengah ataupun diakhir kalimat. pengertian dari kausal adalah suatu hal yang bersifat menyebabkan suatu hal atau bersifat saling menyebabkan Kausila merupakan sesuatu yang menjadi sebab suatu kejadian, bersifat menyebabkan ataupun hubungan sebab akibat.

contoh konjungsi kausalitas
contoh konjungsi kausalitas

Di berbagai sesi sebelumnya kita sudah mempelajari ragam jenis konjungsi bahasa indonesia. Berdasarkan perilaku sintaktisnya kinjungsi dibekan menjadi atas konjungsi koordinatif, kinjungsi subordinative, konjungsi temporal, dan kongjungsi kausalitas. Contoh konjungsi kausalitas atau yang lain sebenarnya bisa kita jumpai dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kalimat kausalitas adalah kalimat yang mempunyai hubungan sebab akibat di dalamnya. kojungsi kausila adalah suatu konjungi yang menghubungkan dua kata, frasa, klausa, dan kalimat yang bersifat saling memberi sebab. konjungsi kausal atau konjungsi sebab merupakan konjungsi yang menjelaskan bahwa suatu peristiwa dapat terjadi karena diakibatkan oleh suatu sebab. Adapun kata-kata yang biasa digunakan pada konjungsi ini adalah sebab dan karena.

Contents

Contoh Konjungsi Kausalitas, Jenis, dan Pengertiannya

Dalam konteks pendidikan, konjungsi kausalitas adalah salah satu jenis kata sambung yang sudah mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Meski tak mendapat porsi sebanyak materi lain tapi faktanya contoh konjungsi kausalitas justru sering muncul di berbagai kesempatan. Tak hanya dipakai pada kehidupan sehari-hari tapi konjungsi satu ini juga sering dipertanyakan ketika ujian.

Masalahnya tak semua siswa mampu ketika diminta mengidentifikasi mana yang merupakan konjungsi kausalitas pada sebuah kalimat. Menurut saya hal ini cukup lumrah mengingat guru pun tak terlalu banyak menjelaskan apa pengertian, fungsi, serta ciri-cirinya. Sehingga sebagai siswa kita wajib mempelajarinya sendiri sebagai bentuk pendalaman materi.

Pada dasarnya penjelasan serta contoh konjungsi kausalitas dapat kita jumpai di buku pedoman bahasa indonesia. Penggunaan kata sambung satu ini juga bisa kalian amati dengan mudah setiap harinya di tengah masyarakat. Nah, untuk membantu kalian memahami materi maka saya ingin membahas kembali apa yang dimaksud konjungsi kausalitas.

Apa Itu Konjungsi kausalitas

Kata hubung menjadi salah satu unsur kebahasaan yang memberi dampak besar bagi koherensi suatu kalimat maupun paragraf. Inilah alasan mengapa kita selalu menjumpai penjelasan tentang kata hubung hampir di semua jenjang sekolah. Tanpa kita sadari ternyata ada banyak sekali jenis konjungsi yang mampu membentuk kalimat tertentu.

Dari sekian banyak jenis tersebut kita hanya akan mempelajari apa itu konjungsi kausalitas. Biasanya penulis cenderung menempatkan konjungsi kausal ini di tengah-tengah kalimat. Tapi dalam beberapa kasus adapula yang menempatkannya pada kalimat pembuka berdasarkan pertimbangan khusus.

Contoh konjungsi kausalitas khusus tersebut misalnya ada pada kalimat “Jadi, berdasarkan pertimbangan maka pengacara memilih mundur”. Kata Jadi merupakan konjungsi yang bersifat simpulan dan terletak di awal kalimat.

Istilah konjungsi sendiri mempunyai arti kata sambung yang notabenya berfungsi sebagai penghubung antar klausa, antar kalimat maupun antar paragraf yang letaknya dapat diawal, ditengah ataupun diakhir kalimat. Sedangkan pengertian konjungsi kausalitas adalah suatu kata sambung yang menghubungkan dua kata, frasa, klausa, dan kalimat yang bersifat saling memberi sebab.

Jenis Konjungsi kausalitas

Berdasarkan penjelasan di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa konjungsi kausal memiliki arti sebagai kata sambung yang bersifat memberi sebab akibat. Tapi, jika diuraikan lagi ternyata unsur bahasa tersebut masih dikategorikan kembali menjadi beberapa jenis sesuai fungsinya.

Konjungsi Kausal Syarat

Konjungsi kausal syarat adalah kata hubung kausal yang menghubungkan suatu akibat dengan sebab tertentu dengan menerapkan adanya syarat sehingga dapat terhubung dan menjelaskan adanya akibat tersebut. Contoh konjungsi kausalitas tipe syarat ini terletak pada pemilihan kata kalau, jika, dan.

Baca juga: Apa Itu Pronomina, Jenis, dan Contohnya

Konjungsi Kausal Alasan

Konjungsi kausal alasan ini adalah kata hubung kausal yang menghubungkan suatu alasan atau penyebab atas terjadinya sesuatu yang menimbulkan akibat tertentu. Contoh kalimat konjungsi kausalitas alasan ini dapat kita identifikasi menggunakan kata karena.

Konjungsi Kausal Simpulan

Konjungsi kausal simpulan merupakan kata hubung kausal yang menghubungkan suatu kesimpulan atas adanya sebab tertentu yang menimbulkan suatu akibat. Contoh konjungsi kausalitas tipe simpulan ini bisa kalian amati pada kalimat yang mengandung kata dengan demikian dan jadi.

Sebelum kita membahas tentang contoh konjungsi kausalitas mari kita bahas terlebih dahulu apa sih fungsi dari konjungsi kausalitas itu, Fungsi Konjungsi Kausalitas adalah sebagai kata yang digunakan untuk menghubungkan kata antar klausa, antar kalimat maupun antar paragraf. Konjungsi kausalitas juga memiliki fungsi pada umumnya konjungsi yaitu untuk menghubungkan kata antar klausa, antar kalimat maupun antar paragraf yang didalamnya sekaligus menjelaskan tentang adanya suatu hubungan sebab akibat dalam kalimat.

Contoh Konjungsi Kausalitas

Pada dasarnya konjungsi kausalitas adalah satu dari sekian banyak unsur kebahasaan yang dapat kita jumpai di tengah kehidupan sehari-hari. Baik itu saat kalian bercakap bersama teman, kerabat, guru, atapun melakukan aktivitas lain seperti transaksi jual beli. Sayangnya mayoritas siswa tak menyadari penggunaannya karena kurang menguasai materi.

Setelah membaca penjelasan di atas saya asumsikan kalian sudah paham apa yang dimaksud konjungsi kausalitas. Agar lebih paham lagi lebih baiknya kita bahas contoh konjungsi kausalitas pada sebuah kalimat. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa contoh berikut:

  1. Jadi, bisa disimpulkan bahwa konjungsi temporal adalah konjugsi yang menyatakan keterangan waktu diantara dua kalimat.
  2. Ikan di aquarium mati karena aquarium jarang dibersihkan dan airnya tidak pernah diganti
  3. Lingkungan rumah kami kebanjiran karena banyak warga yang membuang sampah sembarangan ke sungai.
  4. Rupiah semakin melemah akibat naiknya harga minyak dunia.
  5. Wanita itu tidak masuk ke dalam nominasi karena suaranya tidak bagus.
  6. Harga pakaian di supermarket itu sedang diskon besar-besaran, oleh sebab itu banyak pengunjung yang datang hari ini.
  7. Kamar adik terlihat sangat berantakan karena ia bermain dengan teman-temannya di dalam kamar sejak pagi.
  8. Bapak ketua terlihat sangat marah karena kantor pusat belum juga mengirimkan honor kami.
  9. Tuti akan segera sembuh jika ia rajin meminum obatnya.
  10. Makan malam akan segera siap kalau kakak ikut membantu ibu memasak di dapur.
  11. Pertandingan bola hari ini akan dimenangkan PSMS jika para pemainnya bermain dengan baik.
  12. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak mudah terpancing oleh pemberitaan-pemberitaan palsu yang kian hari kian marak.
  13. Untuk itu, program pendaurulangan sampah elektronik mesti digalangkan agar jumlah sampah elektronik bisa dikurangi.
  14. Kegiatan kerja bakti itu dilakukan agar lingkungan pemukiman kita menjadi lebih bersih.
  15. Anak itu berbakat untuk jadi penyanyi karena ia telah dilatih bernyanyi sejak kecil.

Konjungsi mempunyai arti kata hubung atau kata yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar klausa, antar kalimat maupun antar paragraf yang letaknya dapat diawal, ditengah ataupun diakhir kalimat. Tapi apa yang dimaksud konjungsi kausalitas adalah suatu konjungi yang menghubungkan dua kata, frasa, klausa, dan kalimat yang bersifat saling memberi sebab.

Fungsi Konjungsi Kausalitas adalah sebagai kata yang digunakan untuk menghubungkan kata antar klausa, antar kalimat, maupun antar paragraf. Fungsi utamanya tak lain untuk memberi penekanan adanya suatu hubungan sebab akibat dalam kalimat. Nah, contoh konjungsi kausalitas sendiri dapat kalian amati pada percakapan di tengah masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here