Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Pengertiannya

Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Pengertiannya – Percakapan sudah menjadi kebiasaan sekaligus kebutuhan sehari-hari. Untuk membentuk percakapan yang baik maka pembicara harus menyusun beberapa bentuk kata menjadi kalimat. Nah, saat membicarakan kalimat maka jenisnya pun ada banyak sekali.

Contoh kalimat aktif transitif
Kalimat aktif transitif

Kalimat sendiri mempunyai arti satuan Bahasa yang berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan dapat menyatakan makna yang lengkap.

Ada banyak jenis kalimat yang mungkin belum kalian ketahui. Pengelompokan ini bertujuan untuk mempermudah penyusunan setiap struktur di dalamnya. Nah, memahami pola kalimat aktif transitif adalah sebuah kewajiban bagi kita para siswa.

Berdasarkan kata kerjanya, kita bisa mengelompokannya jadi pola kalimat aktif transitif dan intransitif. Keduanya memiliki perbedaan signifikan meskipun saling terkait satu sama lain.

Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Pengertiannya

Secara garis besar, kalimat termasuk aspek bahasa yang tidak akan terlepas dari keseharian masyarakat. Lewat pengucapan kalimat inilah kita bisa saling berkomunikasi serta menyampaikan pendapat. Ketika melihat dari sudut pandang keilmuwan maka aspek tersebut dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis.

Dalam konteks pendidikan bahasa indonesia memang menjadi mata pelajaran yang terkenal menyulitkan. Cakupan materinya pun terbilang sangat banyak dan bersifat tidak pasti. Tapi untungnya setiap materi yang disampaikan oleh guru pasti selalu diikuti dengan penjabaran hingga landasan teori yang jelas.

Misalnya saja saat kalian memasuki pembahasan tentang pola kalimat aktif transitif. Materi tersebut umumnya mulai disampaikan ketika siswa menginjak bangku sma. Contoh kalimat aktif transitif bahkan sering terlontar pada berbagai sesi percakapan. Namun hanya sedikit orang menyadari hal itu karena kurang memahami konsep, pengertian, serta ciri cirinya.

Pola kalimat aktif memang terbagi menjadi 2 yaitu kalimat aktif transitif dan juga kalimat aktif intransitif. dalam artikel kali ini kita hanya akan belajar tentang kalimat aktif transitif saja. Mari kita simak Bersama penfertian dari kalimat aktif transitif beserta lengkap dengan contohnya.

Apa itu Kalimat Aktif Transitif

Meski sering terucap tanpa sadar tapi faktanya tak semua orang tau pengertian kalimat transitif. Hal ini pun menurut saya cukup lumrah mengingat pola kalimat aktif transitif tidak mendapat porsi yang cukup pada saat pelajaran tatap muka berlangsung.

Naja dari itu, sebelum kalian melihat contoh kalimat aktif transitif saya akan memberi sedikit penjabaran. Lebih tepatnya definisi tersebut saya ambil dari dua sumber kredibel yakni buku pedoman serta teori para ahli bahasa.

Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang predikatnya membutuhkan objek. Hal ini dikarenakan predikat pada jenis kalimat aktif ini menggunakan jenis-jenis kata kerja (verba) transitif yang dimaksud verba transitif adalah verba yang penggunaannya harus didampingi dengan objek suatu kalimat.

Di bawah ini beberapa ahli yang menjelaskan pengertian dari kalimat aktif transitif :

  • Menurut Moelino (1997, 279) kalimat aktof transitif mempunyai arti kalimat yang setidaknya memiliki tiga unsur inti didalamnya. Ketida unsur tersebut yaitu subjek, predikat, dan objek.
  • Menurut Suhardi (2013, 101) kalimat aktif adalah kalimat yang mengandung verba aktif yang fungtor P-nya diikuti oleh fungtor O. fungtor O tersebut bisa dinyatakan secara ekspilit maupun dielipskan.

Ciri Ciri Kalimat Aktif Transitif

Walaupun sudah dibekali pengetahuan seputar pengertian dari para ahli. Tapi ternyata mayoritas siswa masih tak mampu mengidentifikasi contoh kalimat aktif transitif dengan benar. Akhirnya saat bertemu latihan soal mereka pun jadi kesulitan atau bahkan salah memilih jawaban.

Ciri ciri kalimat aktif transitif sendiri memang tidak tertulis secara spesifik di buku LKS. Tapi biasanya guru tetap akan menyampaikannya secara intensif sebagai bagian dari materi. Tapi problematika kembali dialami oleh siswa yang memang kurang memahami karakteristik jenis kalimat tersebut.

Maka dari itu, simaklah ciri ciri kalimat aktif transitif berikut:

  1. Objek yang terdapat didalam kalimatnya dikenai suatu pekerjaan.
  2. Dapat diubah menjadi kalimat pasif.
  3. Predikatnya merupakan kata kerja transitif yang berimbuhan me- atau memper-.
  4. Kalimatnya mempunyai pola dasar S-P-O.

Contoh Kalimat Aktif Transitif

Setelah kalian memahami pengertian serta ciri ciri pada penjelasan di atas. Agar lebih paham lagi akan saya sajikan beberapa contoh sesuai pola kalimat aktif transitif. Berikut di bawah ini contoh kalimat aktif transitif yang dapat kalian pakai sebagai referensi:

  1. Pak Guru menyuruh Marlina untuk menemuinya di ruang guru.
  2. Kakek membawa buah-buahan dari kampung halamannya.
  3. Perusahaan itu memperlakukan para karyawan dengan sangat baik.
  4. Ayu memesan tiket pesawat terbang untuk mudik lebaran nanti
  5. Pihak sekolah menghukum Feri dan teman-temannya karena terlibat tawuran antar sekolah.
  6. Kasman menyalahkan lawannya di pertandingan tarik tambang
  7. Rani menjenguk Rusi yang sedang sakit di rumah sakit Margono.
  8. Feri mengejar kucing yang memakan ikan di rumahnya
  9. Eka mendapatkan nilai A Dalam Mata pelajaran Bahasa Indonesia.
  10. Bu Rita memberikan tugas matematika untuk anak kelas 12 RPL 1.
  11. Rika memberikan pertanyaan pada temannya.
  12. Rina membuatkan kue untuk pacarnya.
  13. Zidan mengikat tali tambang untuk tempat jemuran di halaman.
  14. Ayah menjemput kakak di bandara internasional Soekarno-Hatta.
  15. Rossi memberikan sepeda motor di hari ulang tahun Lorenzo.
  16. Kepala sekolah meliburkan siswa – siswinya karena sekolah akan direnovasi.
  17. Pak Raden mengembalikan buku dongeng yang dipinjamnya dari Buk Laili.
  18. Pak hakim menjatuhi hukuman mati bagi pelaku pembunuhan terhadap saudaranya itu
  19. Dona membuat kerajinan tangan dari gulungan kertas yang tidakk terpakai.
  20. Paman membajak sawah dengan menggunkan mesin traktor keluaran terbaru.

Sebenarnya cara mengenali contoh kalimat aktif transitif cukup sederhana karena bisa kita lihat dari pola serta imbuhannya. Ciri ciri utamanya adalah memakai imbuhan ber- dan me di bagian predikat. Sehingga kalimat aktif menjelaskan subjek melakukan pekerjaan.

Itulah sedikit penjelasan singkat tentang apa itu kalimat aktif transitif beserta contohnya. Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang predikatnya membutuhkan objek. Hal ini dikarenakan predikat pada jenis kalimat aktif ini menggunakan jenis-jenis kata kerja (verba) transitif yang dimaksud verba transitif adalah verba yang penggunaannya harus didampingi dengan objek suatu kalimat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here