Contoh Kalimat Aktif Intransitif dan Pengertiannya

Contoh Kalimat Aktif Intransitif dan Pengertiannya – Pernahkah kalian mendengar kata “kalimat aktif“. Kalimat aktif adalah sebuah susunan kalimat yang menyatakan adanya tindakan atau perbuatan oleh subjek. Secara tidak langsung dalam kehidupan sehari hari kalimat aktif sering kali di gunakan. Kalimat aktif merupakan kalimat yang yang didalamnya terdapat subjek yang menunjukkan suatu predikat. Pada umumnya subject terletak di depan predikat.

contoh kalimat aktif intransitif

Biasanya kalimat aktif sering menggunakan kata kerja atau predikat dengan awalan me- atau ber-. Ciri-ciri kalimat aktif adalah subjek melakukan tindakan langsung. Kemudian, susunan struktur kalimatnya terdiri dari subjek (S), predikat (p), dan objek (O) atau (S), predikat (p), dan keterangan (K), Mempunyai subjek yang berperan sebagai pelaku.

Untuk kalimat aktif sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu kalimat aktif transitif dan kalimat aktif intransitif., dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang kalimat aktif intrasitif lengkap beserta dengan contohnya.

Contents

Contoh Kalimat Aktif Intransitif dan Pengertiannya

Bahasa Indonesia menjadi salah satu mapel yang memiliki cakupan materi luas. Di dalamnya, siswa akan diajarkan berbagai jenis teks, unsur kebahasaan, hingga hal paling dasar yakni menyusun kata menjadi kalimat.

Kalimat aktif intransitif adalah salah satu materi dasar yang wajib dikuasai siswa mulai dari jenjang SMA. Selain dari penjelasan guru kalian juga bisa menambah referensi dengan embaca buk pedoman bahasa. Sebab jenis kaliat tersebut sering muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung.

Di lain sisi guru biasanya juga selalu memberi beragam penugasan pada siswa sebagai bentuk pedalaman materi. Tak jarang mereka diminta menulis kalimat aktif intransitif atau bahkan membuat rangkuman tentangnya.

Apakah kalian sedang mencari contoh kalimat aktif intransitif dalam keseharian? bila iya maka kalian datang ke situs yang tepat. Karena selain memberi contoh saya juga akan menjelaskan berbagai aspek di dalam kalimat itu sendiri.

Apa itu Kalimat Aktif Intransitif

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan intransitive adalah kalimat tanpa objek langsung atau pelengkap penderita (tentang verba) seperti pada kata loncat, terjun, jatuh. Sementara transitif menurut KBBI adalah bersangkutan dengan kata kerja yang memerlukan objek.

kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang predikatnya menggunakan jenis-jenis kata kerja (verba) intransitif. Jenis verba ini merupakan kata kerja yang tidak perlu dibubuhkan pada objek saat verba tersebut dijadikan predikat suatu kalimat.

Dengan demikian, pola kalimat ini adalah S-P. Pola kalimat S-P-Pel maupun S-P-K juga bisa diterapkan dalam jenis kalimat aktif ini. Nah, contoh kalimat aktif intransitif sendiri bisa kita jumpai dengan mudah di tengah keseharian. Misalnya saat berbincang bersama teman, guru, atau, orang tua.

Ciri Ciri Kalimat Aktif Intransitif

Meski tau pengertiannya tapi tak semua orang mampu mengenali jenis kalimat tersebut. Padahal sedikit banyak ciri ciri itu pasti akan muncul sebagai butir soal ujian yang membingungkan.

Maka dari itu kita perlu mempelajari ciri ciri kalimat aktif intransitif agar bisa melakukan analisa. Di lain sisi, sebenarnya materi yang membahas karakteristik tersebut sudah tertulis di buku pedoman bahasa. Namun sebagian besar siswa justru kurang teliti membaca sehingga kesulitan saat menjawab soal.

Baca juga: 4 Penulisan Kalimat Langsung yang Tepat adalah

Bila kebetulan kalian sedang mendapat tugas rangkuman, maka simaklah ciri ciri kalimat aktif intransitif di bawah:

  1. Objek tidak dikenai tindakan oleh subjek.
  2. Tidak dapat dijadikan kalimat pasif.
  3. Predikatnya merupakan verba intransitif.
  4. Predikatnya berimbuhan ber-, ke- ter-, ter-kan, dan ber-kan.
  5. Kalimatnya mempunyai pola dasar S-P, S-P-Pel, atau S-P-K.

Contoh Kalimat Aktif Intransitif

Berikut di bawah ini beberapa contoh kalimat aktif intransitif yang mungkin dapat kalian jadikan sebagai referensi :

  1. Laili terduduk diam ketika mendengar kabar tenggelamnya kapal yang ditumpangi ibu.
  2. Hubungan telepon kami terputus dengan tiba-tiba saat hujan semalam.
  3. Alarm rumah kami berbunyi saat pencuri memaksa masuk.
  4. Pembunuh seorang buruh pabrik tertangkap oleh pihak kepolisian.
  5. Ratusan rumah di desa kami terbakar habis.
  6. Tika bercengkerama dengan asyik bersama teman-teman.
  7. Sebuah bus tenggelam di Danau Riuhremah.
  8. Kami semua berteriak saat lampu asrama tiba-tiba meledak.
  9. Semua uang di almari menghilang dengan tiba-tiba.
  10. Ayah dan ibu terkesima dengan riasan wajah kakak saat menikah.
  11. Adik bermain di ruang tamu.
  12. Rina kelelahan setelah bekerja terlalu keras.
  13. Ayah berangkat minggu depan.
  14. Anak desa biasa mandi di sungai
  15. Budi bernyanyi dengan merdu.
  16. Tony membaca dengan menggunakan kacamata
  17. Hilal belajar dengan giat
  18. Malik berburu di hutan
  19. Sawing minum hingga kembung
  20. Ayah bekerja dengan giat.
  21. Ibu berbelanja ke pasar setiap hari Minggu.
  22. Pak kepala sekolah berpidato di lapangan upacara.
  23. Lala suka berteriak di dalam kelas.
  24. Sendy berjalan sendirian di tengah malam.
  25. Ayu menyapu tidak bersih.

Itulah penjelasan singkat dari kalimat intransitive beserta lengkap dengan penjelasannya. Kesimpulannya, kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang predikatnya menggunakan jenis-jenis kata kerja (verba) intransitif. pola kalimat aktif intransitif adalah S-P. Pola kalimat S-P-Pel maupun S-P-K juga bisa diterapkan dalam jenis kalimat aktif ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here