Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya Terlengkap

Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya Terlengkap – Kodrat manusia memang dapat berupa makhluk sosial, sehingga setiap hari pasti melakukan komunikasi dengan sesama manusia. Antar perorangan ini biasanya menggunakan salah satu media komunikasi berbentuk bahasa. Apa saja jenis jenis kalimat Bahasa Indonesia itu? Manusia yang satu dengan manusia lainnya dapat menyampikan gagasan, informasi, pesan dan kehendaknya menggunakan bahasa tersebut. Dalam bahasa ini terdapat satuan kecil yang berupa kalimat dengan makna yang penuh. Tetapi adapula yang menyatakan bahwa bahasa memiliki bagian terkecil yang berupa frasa atau kata dengan makna tidak utuh. Apa pengertian kalimat itu? Bagaimana contoh kalimat dalam Bahasa Indonesia itu?

Dalam bahasa tersebut sebenarnya ada banyak hal yang dapat dipelajari. Salah satunya yaitu definisi bahasa yang berupa tanda. Dengan kata lain bahasa merupakan tanda yang digunakan sebagai wakil reaksi yang ditimbulkan dari penanggapan seseorang seperti mendengar, melihat dan lain lain. Disisi lain adapula definisi bahasa sebagai sebuah sistem yang memiliki peran bagian penting dalam sistem yang difungsikan. Lalu apa saja unsur unsur pembentuk bahasa itu? Apa saja jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia itu? Dalam bahasa terdapat beberapa unsur pembentuk seperti leksikon, gramatika, fonologi dan pragmatik. Fonologi ialah ilmu yang digunakan untuk menjelaskan tentang bunyi.

Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya Terlengkap
Macam Macam Kalimat Bahasa Indonesia

Kemudian adapula leksikon ialah hal hal yang berkaitan dengan pembendaharaan pada bahasa. Gramatika ialah bahasa yang berkaitan dengan frasa, kalimat, kata dan klausa. Sedangkan pragmatik merupakan unsur pada bahasa dibagian luar yang berhubungan dengan etika berbahasa. Secara umum pasti kita mengenal istilah mengenai kalimat yakni unsur yang berhubungan dengan tata bahasa atau gramatika. Dalam kalimat tersebut tentunya terdapat fungsi dan makna yang berbeda beda disesuaikan dengan penggunaan tanda kalimat saat melakukan komunikasi. Untuk itulah jenis jenis kalimat Bahasa Indonesia cukup beragam. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelasksn tentang jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia beserta contoh kalimat Bahasa Indonesia terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya Terlengkap

Dalam Bahasa Indonesia tentunya kita dapat mengenal berbagai jenis kalimat di dalamnya. Kalimat kalimat ini memiliki definisi, ciri ciri dan contohnya sendiri. Namun apakah anda tahu bahwa macam macam kalimat Bahasa Indonesia juga didasarkan pada pola kalimat didalamnya. Pola kalimat ini dapat memuat unsur subjek, predikat, objek, keterangan maupun pelengkap.

Pengertian kalimat menurut sasangka ialah satuan bahasa paling kecil yang berguna untuk menyatakan keseluruhan pikiran. Selain itu adapula definisi kalimat berdasarkan Trim yaitu satuan bahasa yang memuat rangkaian atau satuan kata yang berdiri sendiri, namun makna lengkapnya dapat dinyatakan. Kalimat ini dapat dibentuk dengan menggunakan unsur seperti subjek (S), objek (O), pelengkap (Pel), predikat (P) dan keterangan (K). Dengan unsur unsur tersebut tentunya makna kalimatnya dapat menjadi lebih jelas. Apakah anda tahu apa saja jenis jenis kalimat Bahasa Indonesia itu?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa paling sedikit terdapat subjek dan predikat dalam satu kalimat itu. Hal ini dikarenakan kedua unsur ini merupakan aspek penting yang menyatakan sebuah kalimat berbentuk serangkaian kata tersebut. Jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia dapat dikategorikan berdasarkan isi, makna, bentuk dan pengucapannya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Berdasarkan Bentuknya

Kalimat dalam Bahasa Indonesia berdasarkan bentuknya dapat dibagi menjadi menjadi beberapa jenis yaitu diantaranya:

Kalimat Tunggal

Pengertian kalimat tunggal ialah kalimat yang memiliki satu susunan atau satu klausa dengan struktur subjek predikat. Dalam kalimat tersebut hanya terdapat satu informasi saja sehingga dapat dijadikan sebagai ciri khas dari kalimat ini. Di bawah ini terdapat contoh kalimat tunggal yaitu sebagai berikut:

  • Orang itu teman saya. (S – P)
  • Adik sedang membaca buku. (S – P – O)

Kalimat Majemuk

Kalimat majemuk ialah jenis kalimat Bahasa Indonesia yang mengandung dua kalimat tunggal atau lebih. Kalimat majemuk tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk setara. Adapun penjelasannya yaitu:

  • Kalimat majemuk setara ialah kalimat dengan kedudukan dua klausa di dalamnya yang setara. Kalimat ini menggunakan konjungsi seperti sedangkan, dan, serta, atau, tetapi. Adapun contohnya yaitu Ibu memasak sayur dan kakak membuat kue.
  • Kalimat majemuk bertingkat ialah kalimat yang mengandung anak kalimat dan induk kalimat atau berisi klausa subordinatif dan klausa utama dalam linguistik.

Berdasarkan Isinya

Jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia selanjutnya di dasarkan pada isinya. Adapun beberapa jenis kalimat Bahasa Indonesia berdasarnya isinya yaitu:

Kalimat Deklaratif (Kalimat Berita)

Pengertian kalimat berita ialah kalimat yang berguna untuk menyampaikan pernyataan atau informasi. Kalimat berita memiliki ciri ciri seperti memiliki intonasi netral, memiliki tanda baca titik untuk mengakhiri tulisan, dan berisi informasi. Adapun contoh kalimat berita yaitu meliputi:

  • Andi sedang menulis cerita fiksi.
  • Aku tidak mau makan nasi.

Kalimat Interogatif (Kalimat Tanya)

Kalimat tanya ialah kalimat yang berguna untuk mencari tahu sebuah jawaban atau informasi dari lawan jenis. Kalimat tanya memiliki ciri ciri yaitu berisi jawaban, pertanyaan, tanggapan dan memiliki tanda baca tanya (?) di akhir kalimatnya. Adapun contoh kalimat tanya yaitu:

  • Apa yang terjadi dengan dia?
  • Siapa nama ayah Riko?

Kalimat Imperatif (Kalimat Perintah)

Pengertian kalimaat perintah ialah jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia yang berguna untuk melakukan sesuatu sebagai bentuk perintah. Kalimat perintah ini memiliki ciri ciri seperti mempunyai intonasi agak naik (perintah), terdapat tanda baca seru pada akhir kalimatnya, berisi perintah dan bentuk tanggapannya berupa tindakan (perbuatan). Adapun contoh kalimat perintah yaitu diantaranya:

  • Segera buka pintunya!
  • Ayo kita pergi sekarang!

Kalimat Seruan

Pengertian kalimat seruan ialah jenis kalimat Bahasa Indonesia yang berguna untuk menyatakan perasaan. Adapun ciri kalimat seruan yaitu memiliki tanda baca seru di akhir kalimat dan memiliki notasi tinggi. Selain itu adapula contoh kalimat seruan yaitu diantaranya:

  • Wah, kamu keren sekali!
  • Hore, kita sampai!

Berdasarkan Pengucapannya

Jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia selanjutnya didasarkan pada pengucapannya. Adapun beberapa macam kalimat dalam Bahasa Indonesia yaitu meliputi:

Kalimat Langsung

Pengertian kalimat langsung ialah kalimat yang penyampaiannya tanpa ada perantara sehingga secara langsung. Tanda kalimat langsung dalam ragam tulis menggunakan tanda petik dua (“. . .”) yang berguna untuk penjelas kalimatnya. Adapun contoh kalimat langsung yaitu:

  • “Apa kamu besok ingin aku masakin sayur?” tanya Fani.
  • “Kemarin aku pergi ke pasar dengan ibu.”

Kalimat Tidak Langsung

Pengertian kalimat tidak langsung ialah jenis kalimat Bahasa Indonesia yang berguna untuk menyampaikan ucapan kembali dari orang lain yang pernah diucapkan. Kalimat tidak langsung memiliki ciri ciri berupa dapat disertai dengan konjungsi bahwa, tidak memiliki tanda petik, dan terdapat kata ganti orang yang berubah.

Berdasarkan Fungsi Subjeknya

Jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia selanjutnya didasarkan pada fungsi subjeknya. Adapun beberapa macam kalimat dalam Bahasa Indonesia yaitu diantaranya:

Kalimat Aktif

Pengertian kalimat aktif ialah kalimat yang tindakannya dilakukan oleh unsur subjek. Kalimat aktif memiliki ciri ciri yaitu mempunyai pola kalimat SPOK atau SPO dan mempunyai imbuhan ber- atau me-. Adapun contoh kalimat aktif yaitu:

  • Rika membeli sayur sayuran.
  • Adik sedang menggambar di ruang tamu.

Kalimat Pasif

Kalimat pasif ialah jenis kalimat Bahasa Indonesia yang pekerjaan atau tindakan diberikan kepada unsur subjeknya. Dalam kalimat ini terdapat imbuhan yang berupa ter-, ter-kan, di-, atau ke-an. Selain itu kalimat pasif juga disertai dengan kata depan. Adapun contoh kalimat pasif yaitu:

  • Eko diantar oleh Ani.
  • Aku kekenyangan memakannya.
Demikianlah penjelasan mengenai jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia beserta contoh kalimat Bahasa Indonesia terlengkap. Jenis jenis kalimat Bahasa Indonesia dapat dikategorikan menjadi beberapa aspek menurut isi, makna, bentuk dan pengucapannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here