Contoh Gambar Reklame Non Komersial, Pengertian, dan Fungsinya

Contoh Gambar Reklame Non Komersial, Pengertian, dan Fungsinya – Di sekeliling kita pada dasarnya sering terdapat contoh reklame non komersial maupun reklame komersial, baik di jalan raya ataupun tempat lain. Jenis jenis reklame tersebut secara umum berbeda, mulai dari pengertian hingga contohnya. Salah satu jenis reklame yang akan saya bahas adalah reklame non komersial. Reklame ini tidak berkaitan dengan bisnis sehingga tidak ada unsur laba atau untung di dalamnya.

Untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa biasanya sering menggunakan iklan. Iklan ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan aplikasi corel draw, inkspace dan sebagainya. Setelah iklan tersebut dibuat, lalu dapat dipromosikan kepada khalayak umum melalui media internet. Selain iklan, kita dapat menggunakan reklame untuk mempromosikan barang atau jasa tertentu. Apakah anda tahu bagaimana contoh gambar reklame non komersial itu?

Secara umum reklame memang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada masyarakat luas. Target reklame ini memang untuk khalayak umum sehingga reklame dipasang di jalan jalan kota. Sebelum memahami contoh reklame non komersial ini, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian reklame non komersial dan tujuan reklame non komersial. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh gambar reklame non komersial. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Contoh Gambar Reklame Non Komersial, Pengertian, dan Fungsinya

Pada dasarnya popularitas sebuah produk atau jasa dapat didongkrak naik menggunakan reklame, papan iklan, dan baliho yang diletakkan di luar ruangan. Reklame ini akan menarik minat seseorang untuk mengikuti dan melakukannya dengan cara dibuat menjadi lebih menarik dan mencolok. Oleh karena itu bentuk reklame tersebut sangat beragam.

Pengertian reklame, jenis dan contohnya sendiri telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Salah satu jenis reklame yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa tersebut adalah reklame non komersial. Apa saja contoh reklame non komersial? Bagaimana contoh gambar reklame non komersial?

Sebelum memahami tentang materi gambar reklame non komersial ini. Saya akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian reklame non komersial dan tujuan reklame non komersial. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Reklame Non Komersial

Apa yang dimaksud reklame non komersial? Reklame non komersial adalah reklame yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mengajak masyarakat mengikuti kegiatan, informasi dan ajakan tertentu. Reklame non komersial ini dapat ditemukan di dalam sekolah, di sekitar lampu lalu lintas, ataupun di kantor dinas.

Selain pengertian, adapula tujuan reklame non komersial yaitu untuk menyampaikan pesan tentang layanan tertentu kepada masyarakat luas sehingga tidak heran jika dipasang di tempat tempat khusus.

Singkatnya, Reklame non komersial adalah jenis reklame yang tujuan utamanya bukan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Tujuan reklame non komersial adalah untuk menyampaikan pesan yang bersifat informatif, edukatif, sosial, atau budaya. Dalam konteks Bahasa Indonesia, reklame non komersial sering disebut sebagai pesan ajakan, pesan sosial, atau kampanye publik.

Contoh Reklame Non Komersial

Selain pengertian reklame non komersial dan tujuan reklame non komersial di atas. Adapula contoh gambar reklame non komersial yang akan saya bagikan. Reklame ini memang tidak memiliki unsur bisnis. Hal ini dikarenakan reklame non komersial berisi ajakan kegiatan, himbauan dan informasi lainnya dari pemerintah kepada masyarakat langsung.

Contoh reklame non komersial dapat kita peroleh dalam bentuk himbauan seperti ajakan melakukan donor darah, penggunaan helm untuk pengendara motor, himbauan taat pajak, penggunaan sabuk pengaman untuk pengendara mobil dan lain lain.

Di bawah ini terdapat contoh gambar reklame non komersial yaitu diantaranya:

contoh gambar reklame non komersial
Gambar Reklame Non Komersial

Jika kita uraikan kembali ada banyak contoh reklame non komersial dengan berbagai tujuan. Meki demikian, fungsinya masih tetap sama yakni memberi ajakan tanpa mencari keuntungan kepada masyarakat.

Dalam beberapa kesempatan guru biasa akan meminta siswa membuat contoh reklame sendiri. Baik itu untuk tugas mandiri, kelompok, atau bahkan penilaian harian. Jika kamu mendapat tugas tersebut tak perlu khawatir sebab saya sudah siapkan gambar reklame non komersil dengan berbagai tema.

Contoh Reklame Non Komersial Tema Pendidikan

Pada dasarnya, contoh Reklame non komersial banyak digunakan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Isinya pun beragam tentang berbagai isu seperti kesehatan, lingkungan, dan pendidikan, dan layanan umum. Gambar reklame non komersial yang sesuai dapat meningkatkan kesadaran serta tingkat pemahaman pembaca terkait problematika saat ini.

Demikian pula contoh reklame non komersial pendidikan yang notabenya sering kita jumpai. Jika kebetulan kamu sedang mendapat tugas untuk membuatnya maka simaklah gambar di bawah:

contoh reklame non komersil tentang pendidikan
Gambar Reklame Non Komersial Pendidikan

Dari contoh reklame non komersial di atas sebenarnya bisa kita simpulkan maksud dan tujuannya. Bahwasanya sebagai siswa kita harus menuntut ilmu dari kecil hingga tua kelak. Tak ada batasan umur untuk terus belajar sampai kita wafat. Gambar reklame non komersial itu secara tak langsung juga menyiratkan bahwa siswa harus menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Contoh Reklame Non Komersial Tentang Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Banyak Gambar reklame non komersial yang di dalamnya mengulas tentang kesehatan masyarakat. Misalnya menjaga pola makan, ajakan rutin berolahraga, himbauan imunisasi, dan lain-lain.

Lalu dimana kita bisa menjumpai contoh reklame non komersial tentang kesehatan? sejatinya iklan tersebut banyak terpampang di fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Tapi tak jarang pula pemerintah atau pihak terkait memasangnya di tempat umum.

contoh reklame non komersial kesehatan
contoh reklame non komersial kesehatan

Dari gambar reklame non komersial di atas sebenarnya kita sudah bisa menarik kesimpulan. Dinas kesehatan mengajak untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari nyamuk demam berdarah. Adapun kiat-kiat yang bisa kita terapkan yaitu menguras penampungan air, mengubur barang tidak terpakai, dan menutup genangan air. Untuk tindak pencegahan ekstra masyarakat dapa memakai lotion anti nyamuk.

Contoh Reklame Non Komersial Layanan Masyarakat

Gambar reklame non komersial sering digunakan untuk mendukung kampanye sosial. Misalnyakampanye anti-merokok, lingkungan hidup, menghemat sumber daya, dan lain-lain. Gambar dan tulisannya mampu mempengaruhi masyarakat secara positif sehingga terdorong ke arah perubahan yang lebih baik.

Contoh reklame non komersial mudah dibuat

Reklame non komersial memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan informasi, mengubah perilaku, dan membangun kesadaran masyarakat tentang berbagai isu penting. Mereka menjadi sarana efektif untuk menyampaikan pesan-pesan yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, melainkan pada kepentingan bersama dan kualitas hidup yang lebih baik.

Oleh karenanya, mampu membuat contoh reklame non komersial sendiri menjadi poin penting dalam pelajaran bahasa indonesia. Sebab sedikit banyak materi tersebut akan muncul sebagai butir soal tes.

Sekian penjelasan mengenai pengertian reklame non komersial, tujuan reklame non komersial, dan contoh reklame non komersial. Contoh gambar reklame non komersial tersebut sebenarnya banyak sekali, karena di dalamnya terdapat himbauan, ajakan dan informasi lainnya kepada masyarakat umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here