15 Ciri Ciri Zaman Paleozoikum dan Pengertiannya

15 Ciri Ciri Zaman Paleozoikum dan Pengertiannya – Apakah kalian tau berapa usia bumi yang kita tinggali saat ini? bumi kita sudah berusia 4,5 miliar tahun dan manusia baru sebentar menghuni bumi karena manusia menghuni bumi baru beberapa ratus ribu belakangan. Bumi terbentuk dari gumpalan gas dari matahari, gumpalan gas tersebut selalu berputar tiba tiba gumpalan itu terlepas tetapi masih berputar mengelilingi gumpalan besar (matahari).

Setelah gumpalan tadi terlepas dan masih tetap berputar lama kelamaan mengalami proses pendinginan dan menjadi padat. Gumpalan itulah yang akhirnya membentuk sebuah planet. Setelah bumi bertambah dingin dan berubahlah menjadi gas lama kelamaan menjadi cairan kemudian bagian luarnya makin padat sehingga permukaan bumi dapat ditempati makhluk hidup.

ciri ciri zaman paleozoikum
gambar zaman paleozoikum

Ciri ciri zaman paleozoikum ditandai dengan teori sejarah pembentukan bumi terjadi sangat lama dan para ilmuan terus meneliti proses terjadinya bumi, teori pembentukan bumi ini sering disebut dengan Geologi. Menurut teori geologi ini proses perkembangan bumi terbagi menjadi 4 zaman yaitu yang pertama zaman arkaekum, zaman paleozoikum, zaman mesozoikum, dan zaman neozoikum.

Pada artikel kali ini hanya akan berfokus pada zaman paleozoikum karena pada zaman ini sudah mulai ada tanda tanda kehidupan. Mari kita simak Bersama penjelasan tentang pengertian dan juga ciri ciri zaman paleozoikum.

15 Ciri Ciri Zaman Paleozoikum dan Pengertiannya

Paleozoikum adalah istilah yang merujuk pada sebuah zaman yang terjadi berjuta tahun silam. materinya sendiri mulai diperkenalkan pada siswa ketika sudah menginjak bangku sekolah menengah. Berbagai peninggalan yang menjadi buktinya pun kian ditemukan seiring berjalannya waktu.

Secara garis besar Zaman Paleozoikum adalah masa tertua yang juga dikenal sebagai paleozoic. Artinya tak lain adalah era paling tua dari EON Fanerozoikum. Pada masa inilah proses evolusi bumi mulai terjadi dan terbentuk menjadi ekosistem yang dapat ditinggali.

Ciri ciri zaman paleozoikum sebenarnya sudah tertulis rapi di buku pedoman sejarah. Guru pun biasanya akan menyampaikan materi secara lengkap dan mendalam. Pasalnya, tak jarang siswa diminta menjelaskan apa yang dimaksud paleozoikum dan menyebutkan karakteristiknya.

Bersumber dari masalah itulah akhirnya saya tergelitik untuk menulis artikel yang sedikit banyak membahas ciri ciri zaman paleozoikum. Nah, jika kalian kebetulan mendapat tugas untuk membuat rangkuman materinya. Maka simaklah pembahasan di bawah sampai selesai.

Pengertian Zaman Paleozoikum

Zaman paleozoikum disebut zaman primer sebab pada zaman ini banyak muncul kehidupan untuk pertama kalinya di bumi. Kehidupan pertama yang muncul di zaman paleozoikum adalah makhluk makhluk bersel satu serta tak bertulang belakang di lautan.

Seiring berjalannya waktu, makhluk hidup yang tinggal di laut ini pun berkembang dan berevolusi untuk hidup di daratan. Awalnya, tumbuhan masih berupa lumut dan ganggang yang sederhana, namun akhirnya akan berevolusi menjadi pohon-pohon besar.

Sebelum membahas ciri ciri zaman paleozoikum maka kita harus mengetahui terlebih dulu apa definisinya. Pengertian zaman Paleozoikum berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata palaios yang artinya tua, dan zoe berarti hidup, jadi paleozoikum berarti “kehidupan purba”.

Bisa dikatakan bahwa jaman paleozoikum merupakan tingkat perubahan iklim, geologi maupun evolusi paling signifikan. Kejadiannya pun berlangsung sekitar 541 juta tahun lalu hingga 251 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Hasil Kebudayaan Pada Zaman Batu Besar (Megalitikum)

Ada banyak ciri ciri zalam paleozoikum yang sebenarnya masih menjadi misteri untuk digali. Kurangnya bukti valid menjadi salah satu penyebab mengapa paleozoikum mengandung banyak misteri. Karena pada masa inilah bumi mengalami proses evolusi awal yang akhirnya membentuk ekosistem kehidupan seperti sekarang.

Proses Evolusi Bumi pada Zaman Paleozoikum

Pada zaman paleozoikum, keadaan di permukaan bumi masih belum stabil. Terjadi perubahan geologi dan juga iklim yang sangat cepat karena tenaga eksogen serta tenaga endogen yang mempengaruhi permukaan bumi. Evolusi makhluk hidup terjadi mulai dari tidak ada kehidupan hingga muncul kehidupan-kehidupan di muka bumi.

Karena belum adanya manusia yang mampu untuk menuliskan sejarahnya maka pada zaman ini di anggap sebagi zaman praaksara dan dalam kehidupanya pun masih primitive. Sebab inilah ciri ciri zaman paleozoikum masih belum terkuak sepenuhnya.

ciri ciri zaman paleozoikum
gambar zaman paleozoikum

Walaupun masa paleozoikum berusia sekitar ratusan juta tahun yang lalu akan tetapi kita tetap bisa mengetahui zaman ini bukan melalui berbagai kajian penelitian. Hal ini dapat dilihat dari sisa peninggalan jaman tersebut.

Era ini berakhir sebab adanya bencana besar yang menyebabkan kepunahan masal di permukaan bumi. Saking dahsyatnya dampak dari bencana ini, bahkan bumi membutuhkan hingga 30 juta tahun untuk mengalami pemulihan.

Lalu apa saja ciri ciri zaman palezoikum yang sudah diketahui oleh dunia? inilah pertanyaan yang sering diajukan siswa. Pada dasarnya kita bisa membaca semua materi lengkapnya di buku pedoman sejarah. Tapi untuk mempersingkat waktu saya pun akan menjelaskan beberapa ciri ciri zaman paleozoikum pada pembahasan di bawah.

Ciri Ciri Zaman Paleozoikum

Nah, setelah kalian simak materi tentang zaman paleozoikum kalian juga perlu mengetahui apa saja ciri – ciri dari zaman paleozoikum ini. Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa zaman paleozoikum ini adalah zaman dimana sudah mulai muncul kehidupan.

Karena setiap zaman mempunyai ciri yang berbeda beda kalian perlu tau ciri ciri zaman paleozoikum agar bisa membeda dari zaman yang lainnya. Berikut dibawah ini beberapa karakteristik jaman paleozoikum:

  1. sudah mulai muncul atau adanya kehidupan pertama berupa mikroorganisme di bumi dan tumbuhan, seperti di laut dan darat. Namun, lebih dominan di laut. Contohnya adalah binatang binatang bersel satu yang tidak bertulang, ikan, reptile, amfibi, hewan kecil tanpa tulang belakang, jenis ganggang, jenis rerumputan, dan sebagainya. Maka dari itu, mengapa zaman paleozoikum disebut zaman primer karena munculnya kehidupan untuk pertama kalinya.
  2. spesies hewan yang paling dominan di bumi saat zaman paleozoikum adalah artropoda.
  3. karakteristik zaman paleozoikum yaitu pada zaman paleozoikum kurun waktu ini sudah muncul tumbuhan yang tumbuh sudah memliki jaringan lignin.
  4. pertama kali ikan yang tidak memiliki rahang.
  5. pada zaman paleozoikum sering terjadi kepunahan masal.
  6. kondisi zaman paleozoikum saat itu bumi masih belum stabil seperti saat ini.
  7. iklim di bumi masih berubah – ubah, sehingga belum stabil. Selain itu, iklim di bumi cenderung hangat.
  8. curah hujan yang relative sangat besar atau tinggi.
  9. Berlangsung pada tahun 542 sampai 251 juta tahun yang lalu.
  10. temperature bumi yang sebelumnya tinggi, semakin turun.
  11. pergerakan tektonik di bumi yang masih ekstrim dan tinggi akibat pergeseran benua.
  12. terjadinya awal pembentukan induk benua yang biasa disebut dengan Pangea.
  13. bumi memiliki permukaan air laut yang cukup tinggi.
  14. Berlangsung semala 340 juta tahun.
  15. Iklim yang ada masih belum stabil namun cenderung hangat

Nah, itu tadi ciri ciri zaman paleozoikum setelah membaca artikel diharapkan kalian sudah dapat membedakan antara zaman paleozoikum degan zaman purba lainnya dan kalian juga dapat mengidentifikasi zaman paleozoikum serta mengenali komdisi kondisi yang ada pada saat itu.

Ciri yang paling menonjol dari zaman ini adalah sudah mulai muncur kehidupan walau hanya masih microorganis dan juga tumbuhan lumut sebab itu zaman paleozoikum ini disebut dengan zaman primer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here