Ciri Ciri Otot Polos Lurik dan Jantung Beserta Perbedaannya

Posted on

Ciri Ciri Otot Polos Lurik dan Jantung Beserta Perbedaannya – Otot adalah bagian tubuh yang bertugas untuk menggerakan persendiran. Tanpanya tubuh makhluk hidup tak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika pelajaran di sekolah kita pasti juga akan diajarkan tentang fungsi, karakter, dan jenis jenis otot tubuh.

ciri ciri otot polos lurik dan jantung
Gambar Otot Polos Lurik dan Jantung

Materi yang berisi ciri ciri otot polos lurik dan jantung mulai diperkenalkan sejak siswa duduk di bangku SD. Gambar otot polos pun juga terpampang dalam buku pedoman bersamaan dengan penjelasannya. Seiring berjalannya waktu, materi itu terus berkembang ke tingkat yang lebih sulit. Sehingga ada beberapa siswa yang kesulitan menyebutkan ciri ciri otot polos dengan benar.

Seiring berjalannya waktu guru pun mulai menaikan tingkat kesulitan materi. Wajar saja apabila kini siswa banyak yang bertanya apa perbedan otot polos lurik dan jantung. Jawaban pertanyaan itu sebenarnya cukup sederhana. Tapi karena kebiasaan siswa yang malas membaca dan memperhatikan seolah membuat materi itu tampak sulit.

Ciri Ciri Otot Polos Lurik dan Jantung Beserta Perbedaannya

Biologi termasuk mata pelajaran yang menyenangkan. Selain teori menarik untuk diikuti biasanya siswa pun akan disibukan dengan kegiatan praktikum. Bahan materinya pun juga tidak monoton sehingga terkesan tak membosankan.

Dari sekian banyak pembahasan tentang biologi di sekolah mari kita berfokus membahas otot tubuh manusia. Pada dasarnya penjelasan pengertian dan contoh otot polos, lurik, dan jantung masuk dalam mata pelajaran penjas. Tapi tak jarang pula kita menjumpainya pada mapel biologi baik SMP maupun SMA.

Meski sudah mendapat banyak bekal tapi tak membuat siswa hafal saat diminta sebutkan ciri ciri otot polos lurik dan jantung. Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini kita akan mengulang kembali materi itu.

Ciri Ciri Otot Polos

Otot polos adalah jenis otot yang secara bentuk panjang dengan masing-masing ujung yang runcing. Jenis otot ini memiliki serat miofibril yang notabenya bersifat homogen. Ukurannya pun lebih kecil daripada serabut milik otot lurik.

gambar otot polos
Gambar Otot Polos

Ciri ciri otot polos terletak pada persebarannya yang variatif di bagian tubuh manusia. Ia menempati pembulih darah, paru paru, lengan, dinding perut, dan lain sebagainya. Sifat otot polos sendiri termasuk lambat apabila mendapat stimulus tapi memiliki ketahanan yang kuat terhadap tekanan kelelahan.

Saat duduk di bangku SMP biasanya kita sering mendapat materi itu. Bahkan beberapa orang bertanya. Berikut adalah ciri ciri otot polos yang terdiri dari:

  1. Nukleus terletak di bagian tengah.
  2. Berbentuk serupa mengembung di tengah dengan masing-masing ujung yang runcing.
  3. Bersifat otonom dan mampu menghasilkan refleks saat terjadi kontraksi.
  4. Memiliki reaksi yang relatif lambat.
  5. Memiliki daya tahan yang kuat dan tak mudah kelelahan.
  6. Tidak memiliki garis melintang atau diskus interkalaris
  7. Mayoritas terletak pada tubuh bagian dalam.

Dari karakteristik di atas kita bisa sumpulkan fungsi otot polos sangat penting. misalnya membantu pengeluaran urin dari kandung kemih. Membantu proses perpindahan makanan pada setiap bagian di saluran pencernaan. Di bagian pembuluh darah otot polos berfungsi mengalirkan darah di dalam arteri. Sedangkan pada pembuluh vena ia bertugas mengatur tekanan darah.

Ciri Ciri Otot Lurik

Memahami ciri ciri otot polos lurik dan jantung memang sangat penting. Otot lurik merupakan jenis otot yang menempel dan melekat pada rangka manusia. Fungsinya adalah untuk menciptakan gerakan seperti berjalan, berlari, melompat, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan otot lurik menjadi motorik dari segala gerakan kita.

Gambar Otot Lurik
Gambar Otot Lurik

Berdasarkan buku pembelajaran biologi di sekolah menyatakan bahwa tampilan otot lurik cukup unik. Sebab ia memiliki warna gelap terang yang bersifat selang seling. Pergerakannya pun bisa kita kontrol sesuai kehendak. Setelah beraktivitas otot lurik memerlukan waktu untuk beristirahat karena pada dasarnya punya sifat yang mudah lelah.

Berikut ciri ciri otot lurik adalah:

  1. Letak nukleus ada di tepi(perifer).
  2. Berbentuk silinder memanjang.
  3. memiliki banyak inti sel.
  4. Pergerakan otot sesuai kesadaran.
  5. Mempunyai ribuan serabut yang tersusun rapi membentuk jaringan otot.
  6. Mampu bekerja dengan keras dan cepat namun memiliki daya tahan yang kurang baik.
  7. Melekat di seluruh rangka manusia.
  8. Peka terhadap rangsangan dan kontraksi.

Perbedaan otot polos dan lurik juga terletak pada diameter serta panjangnya yang terdiri dari 50 mikron dan 2,5 cm. Dari penjelasan sekaligus ciri ciri otot lurik di atas pun bisa kita simpulkan bahwa otot ini punya peran penting.

Ia berfungsi sebagai penggerak rangka tubuh baik hewan ataupun manusia. Adapun contoh otot lurik terdiri dari otot paha, otot lengan, otot betis, otot leher, dan lain sebagainya.

Ciri Ciri Otot Jantung

Apabila kalian sedang mempelajari ciri ciri otot polos lurik dan jantung maka kita sampai pada jenis yang terakhir. Sebagai organ tubuh yang terus beraktivitas tentunya jantung juga memiliki otot.

Sebenarnya otot jantung termasuk dalam kategori otot lurik. Perbedaan otot lurik dan otot jantung terletak pada lokasinya. Sama seperti namanya, kita bisa menemukan jenis otot ini pada dinding jantung atau lebih tepatnya myicardium. Otot jantung tersusun dari sel yang bisa kita sebut sebagai cardiomyocyte yang notabenya memiliki maksimal 4 nukleus (inti sel).

Gambar Otot Jantung
Gambar Otot Jantung

Secara struktur, otot jantung merupakan gabungan dari dua jenis otot sebelumnya yakni otot polos dan lurik. Sehingga membuat ciri ciri otot polos lurik dan jantung hampir serupa. Misalnya ada bagian gelap dan terang, terdiri dari banyak nukleus di bagian tengah, dan lain-lain.

Ciri ciri otot jantung yang menarik adalah mampu bergerak di bawah kesadaran tapi tak terpangaruh perintah otak. Ia juga tak merasakan lelah dan punya daya tahan sangat kuat. Inilah alasan mengapa otot jantung tak pernah berhenti dan terus menjaga manusia tetap hidup.

Berikut ciri ciri otot jantung diantaranya adalah:

  1. Bekerja terus menerus tanpa berhenti dan kelelahan.
  2. Memiliki bentuk memanjang dan silindris.
  3. Bekerja di luar kesadaran tanpa terpengaruh stimulus dari otak.
  4. Punya banyak inti sel dan terletak di bagian tengah.
  5. Tersusun dari serabut berbentuk sarkolema menyelubungi myofibril.
  6. memiliki serabut yang bercabang.
  7. Terpengaruh oleh saraf otonom.

Perbedaan Otot Polos Lurik dan Jantung

Setelah mengetahui apa saja ciri ciri otot polos lurik dan jantung kita masih punya satu kewajiban lagi. Yakni menghafal perbedaan ketiganya sehingga saat guru meminta penjelasan maka tak ada kendala berarti.

Otot PolosOtot LurikOtot Jantung
Inti sel ada di tengahInti sel ada di tepianInti sel ada di tengah
Memiliki satu inti selMemiliki banyak inti selMemiliki banyak inti sel
Melekat pada organ bagian dalam tubuhMelekat pada rangka tubuhMelekat pada dinding jantung
Berbentuk mengembung dengan ujung lancipBerbentuk silindris dan memanjangBerbentuk memanjang
Punya daya tahan kuatPunya daya tahan lemahPunya daya tahan kuat
Lemah terhadap kontraksiPeka terhadap kontraksiPeka terhadap kontraksi
Tabel perbedaan otot polos lurik dan jantung

Tabel di atas adalah rangkuman ciri ciri otot polos lurik dan jantung secara keseluruhan. Apabila kalian mendapat persoalan dari guru maka silahkan hafalkan tabel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *