Rangkuman Cerita Malin Kundang Singkat Pendek Menarik

Rangkuman Cerita Malin Kundang Singkat Pendek Menarik – hampir setiap daerah di Indonesia ini mempunyai sebuah cerita rakyat, dengan ini kita bisa mengambil nilai-nilai kehidupan yang dapat kita ambil hikmahnya dari cerita tersebut. Dalam Bahasa Indonesia terdapat salah satu cerita rakyat dan contoh cerita singkat pendek yang harus kalian ketahui.

Cerita rakyat adalah kisah yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau. Masing-masing daerah memiliki cerita dengan kultur budaya berbeda satu sama lain. Inilah alasan mengapada ada banyak sekali versi cerita pendek yang dapat kalian pakai sebagai referensi.

Cerita malin kundang sebenarnya sudah ada dan berkembang di tengah masyarakat sejak jaman dulu. Legendanya bahkan merebak sampai ke manca negara dan sempat di translate ke bahasa inggris. Kini kita mengenalnya sebagai karya sastra yang masuk pada kategori cerita rakyat.

Pada umumnya cerita rakyat ini mengisahkan mengenai suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Cerita rakyat juga bisa diartikan cerita yang bermula dari masyarakat kemudian berkembang dan masuk kedalam sebuah karya sastra. Contohnya adalah cerita malin kundang yang notabenya sedangkita bahas sekarang.

Rangkuman Cerita Malin Kundang Singkat Pendek Menarik

Materi yang sedikit banyak membahas cerita rakyat sebenarnya sudah mulai disampaikan pada siswa sejak duduk di bangku sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu, cakupan pembahasan serta tingkat kesulitannya pun meningkat menyesuaikan jenjang pendidikan siswa. Di bangku smp dan sma kalian akan diajarkan bagaimana cara menganalisa unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita singkat tersebut.

Misalnya seperti amanat yang terkandung, latar, tempat kejadian, tokoh yang terlibat dan lain sebagainya. Tak jarang pula guru meminta siswa untuk menulis cerita sendiri berdasarkan legenda yang berkembang di tengah masyarakat. Nah, merangkum cerita malin kundang menjadi alternatif bila kalian mendapat tugas tersebut.

Mengapa harus cerita malin kundang? sebab kisahnya sudah melegenda dan terkenal bahkan sampai manca negara. Meski demikian, masyarakat indonesia sendiri kurang memahami alur jalannya cerita malin kundang secara spesifik. Berkaca dari masalah inilah akhirnya saya memutuskan untuk menulis ulang cerita rakyat dari sumatera barat tersebut.

Pengertian Cerita Rakyat

Cerita singkat pendek umumnya berisi gambaran kisah yang memiliki tokoh tunggal dengan latar belakang waktu dan tempat terbatas. Jika tokoh lebih dari satu, hanya satu saja yang diceritakan secara detail dalam cerita. Nah salah satu kisah yang singkat dan pendek adalah cerita malin kundang.

Dalam cerita rakyat ada berbagai macam aspek yang melibatkan kisah, budaya, dan pesan moral tersendiri. Itulah kenapa teks cerita singkat masuk ke dalam salah satu materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah. Oleh karenanya cerita malin kundang singkat perlu diajarkan kepada siswa sebab memiliki pesan moral.

Ciri Ciri Cerita Rakyat Singkat

  • Terfokus pada 1 toko
  • Memiliki puncak masalah
  • Terdapat solusi atau penyelesaian masalah
  • Ceritanya padat dan langsung tertuju pada tujuan
  • Alur yang singkat membuat cerpen tidak memiliki tokoh yang banyak
  • Latar ceritanya terbatas

Perlu kalian tahu dalam cerita malin kundang terdapat pesan moral yang bisa kita ambil hikmahnya. Mungkin kalian juga sudah tidak asing lagi dengan cerita ini karena bapak ibu guru kalian ataupun orang tua kalian juga sudah pernah menceritakan pada kalian, mari kita mengingat Kembali cerita maling kundang secara singkat pendek.

Cerita Malin Kundang Singkat Pendek

Di sebuah desa, hiduplah seorang anak laki-laki yang Bernama Malin Kundang. Malin Kundang tinggal Bersama Ibunya, mereka bukan orang kaya tetapi mereka berasal dari golongan orang yang tidak punya. Sehari-hari Ibunya bekerja sebagai nelayan. Namun, pengahasilan yang ia dapat belum bisa mencukupi kebutuhan mereka segari-hari sehingga hidup mereka selalu serba kekurangan.

Saat Maling Kundang sudah beranjak dewasa, Malin Kundang memutuskan untuk pergi ke Kota. Ia ingin mengadu nasibnya kesana agar kehidupan Malin dan Ibunya lebih baik dan tercukupi. Dengan berat hati, Ibu Malin pun mengizinkan Malin yang ingin pergi ke Kota. Kini, ibunya Kembali menjadi perempuan tua yang tinggal di desa dengan sebatang kara tanpa anaknya. Setelah kepergian Malin, ibunya selalu memikirkan dan menghafatirkan keadaan anaknya itu. Ia jadi sakit-sakitan, sementara Malin tak pernah mengirin kabar untuk ibunya.

Hingga beberapa tahun kemudian, Malin berhasil mengubah kehidupannya yang lebih baik di kota. Ia telah menjadi saudagar yang kaya raya. Malin memiliki banyak kapal, sehingga kehidupan Malin tidak lagi susah. Malin juga menikihi seorang perempuan cantik yang bersal dari kalangan bangsawan. Suatu hari, Malin teringat keadaan yang ada di desanya. Sudah lama sekali ia tidak pulang, Malin pergi Bersama istri dan banyak pekerjanya. Ia juga membawa banyak uang untuk dibagi-bagikan kepada warga masyarakat sekitar.

Sesampainya ia di desanya. Dengan sombong ia membagikan uang kepada warga sekitar. Warga segitar di desa sangat senang. Di antara mereka ada yang mengenali Malin, yakni tetangganya sendiri. Orang itu pun langsung pergi ke rumah Malin untuk memberi tahu ibu Malin. “Ibu, apakah kau sudah tau anakmu malin pulang, Malin sekarang sudah menjadi orang kaya yang memiliki uang banyak.” seru Tetangga itu.

cerita malin kundang singkat pendek
cerita malin kundang singkat pendek

“Dari mana kamu bisa tahu itu? Selama ini aku tidak pernah mendapat kabar darinya, “ujar ibu Malin, Terkejut. “Sekarang pergilah ke pinggir pantai yang ada di sebelah desa kita. Anakmu Malin ada di sana Bersama perempuan cantik dan para pekerjanya. Dia terlihat sangat tampan.” ucap tetangganya.

Ibu malin tak percaya. Matanya sangat berkaca-kaca karena ia sungguh sangat merindukan anaknya Malin, karena setelah beberapa tahun ia tidak pernah mendengar kabar anaknya. Maka ia segera lari menuju ke pinggir pantai yang ada di sebelah desa. “Malin, kau pulang, nak?” ucap ibunya

Malin sangat mengenali ibunya. Namun, sepertinya ia malu untuk mengakui ibunya yang berbapakain sangat lusuh itu. Bagaiamana ia akan menjelaskan kepada istrinya tentang bagaiamana asal usul dia sebelumnya. “Kau bilang ibumu sudah meninggal. Apa benar ini ibu kandungmu?” tanya istri kepada Malin, Malin pun bingung.

“Kemudian Malin bilang dia bukan ibuku, dia seorang pengemis yang mengku-ngaku sebagai ibuku” Ucap Malin. Sungguh sakit hati ibunya mendengar Malin berkata seperti itu. Lau Ibunya mengutuk Malin. “Hatimu sungguh sekeras batu, dan kamu sekarang menjadi seorang yang sombong dan tidak rendah hati, Malin. Maka, kau akan ku kutuk menjadi batu. Kau adalah anak yang durhaka.” Ucap ibunya.

Malin ketakutan. Ia sangat memohon ampun kepada ibunya. Namun, ternayata ibunya sudah sangat sakit hati kepada Malin. Seketika huajan turun dan sangat lebat beserta angin, dan petir menyambar. Saat itulah Malin berubah menjadi batu.

Pesan Moral Cerita Malin Kundang

Sehingga pesan moral yang dapat kita ambil dari Cerita Malin Kundang Singkat Pendek adalah surga ada ditelapak kaki seorang perempuan yaitu ibu kita. Maka dari itu sayangi, cintai, dan hormati ibu kita, karena ibu kita adalah manusia paling berjasa dan mengorbankan hidup dan mati untuk melahirkan kita di dunia.

Demikianlah cerita singkat dan pendek mengenai Cerita Malin Kundang Singkat Pendek, semoga apa yang sudah disampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here