Cara Mengurutkan Bilangan Bulat Beserta Contoh Soal

Cara Mengurutkan Bilangan Bulat Beserta Contoh Soal – Bagaimana urutan bilangan bulat dari yang terbesar ke terkecil itu? Bagaimana bentuk contoh soal mengurutkan bilangan bulat? Bilangan bulat merupakan salah satu jenis bilangan Matematika selain bilangan asli dan lain sebagainya. Ketika di bangku sekolah tentunya kita telah diajarkan mengenai materi bilanga bulat ini, baik dari segi pengertian, operasi hitung dan hal hal lain yang terkait dengan materi tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam ilmu Matematika ini terdapat beberapa jenis bilangan seperti bilangan bulat, bilangan asli, bilangan cacah dan sebagainya. Bilangan bilangan ini dapat dinyatakan dalam bentuk garis bilangan.

Bilangan bulat mencakup beberapa bagian di dalamnya seperti bilangan bulat negatif (bilangan yang ada di sebelah kiri nol), bilangan positif (bilangan yang ada di sebelah kanan nol) dan bilangan nol itu sendiri. Bilangan bulat ini tidak hanya mencakup beberapa bilangan itu, tetapi adapula bilangan cacah di dalamnya. Pengertian bilangan cacah ialah bilangan yang memiliki angka nol (0) untuk mengawalinya. Lalu bagaimana cara mengurutkan bilangan bulat itu? Bagaimana bentuk contoh soal mengurutkan bilangan bulat? Bagaimana urutan bilangan bulat dari yang terbesar ke terkecil?

Cara Mengurutkan Bilangan Bulat Beserta Contoh Soal
Garis Bilangan Bulat

Bilangan bulat memang mencakup beberapa bilangan di dalamnya seperti bilangan bulat negatif, bilangan bulat positif, bilangan nol maupun bilangan cacah. Bilagan nol ini memang dapat disebut dengan bilangan netral karena tidak termasuk dalam bilangan negatif ataupun positif. Apakah anda tahu bagaimana cara melakukan urutan bilangan bulat itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengurutkan bilangan bulat beserta contoh soal mengurutkan bilangan bulat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mengurutkan Bilangan Bulat Beserta Contoh Soal

Pada dasarnya lambang bilangan bulat yang sering digunakan ialah huruf Z. Maka dari itu bilangan bulat tersebut dapat ditulis dalam bentuk Z = {…, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, …}. Secara umum kita dapat menjumpai hubungan antara bilangan bulat dengan bilangan Matematika lainnya. Hubungan yang dimaksud merupakan relasi urutan. Kita dapat membandingkan angka angka pada bilangan bulat ini menggunakan beberapa tanda seperti lebih kecil (<), sama dengan (=) dan lebih besar (>). Misalnya 2 lebih kecil dari 8 (2 < 8), -2 lebih besar dari -8 (-2 > -8) dan sebagainya.

Baca juga : Contoh Soal Skala, Jawaban, dan Pembahasanya

Sebelum menjelaskan tentang cara mengurutkan bilangan bulat dan contoh soal mengurutkan bilangan bulat tersebut. Saya akan membagikan beberapa kriteria dalam pengurutan bilangan bulat ini yang harus anda pahami. Adapun beberapa kriteria urutan bilangan bulat tersebut yaitu meliputi:

Dua Bilangan Bulat Berbeda Tanda

Bilangan bulat negatif pastinya memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan bilangan bulat positif. Hal ini tetap berlaku walaupun susunan digitnya lebih banyak. Berikut contoh selengkapnya yaitu:

  • -5 < 1 (-5 lebih kecil dari 1).
  • -278 < 0 (-278 lebih kecil dari 0).
  • -88 < 89 (-88 lebih kecil dari 89).

Dua Bilangan Bulat Positif Berbeda Digit

Kriteria urutan bilangan bulat dari yang terbesar ke terkecil atau sebaliknya dapat berupa dua bilangan bulat positif dengan digit yang berbeda. Bilangan bulat positif pada umumnya memiliki susunan angka yang nilainya lebih besar daripada susunan angka pada bilangan bulat yang lebih sedikit. Misalnya:

  • 1 < 10 (1 lebih kecil dari 10).
  • 778 < 998 (778 lebih kecil dari 998).
  • 128 > 118 (128 lebih besar dari 118).

Dua Bilangan Bulat Negatif Berbeda Digit

Cara mengurutkan bilangan bulat selanjutnya ditujukan untuk dua bilangan bulat negatif yang digitnya berbeda. Bilangan bulat negatif yang memiliki susunan digit lebih kecil akan memiliki nilai lebih besar dibandingkan bilangan bulat negatif dengan susunan angka yang lebih banyak. Adapun contoh soal mengurutkan bilangan bulat yaitu sebagai berikut:

  • -1 > -11 (-1 lebih besar dari -11).
  • -108 > -138 (-108 lebih besar dari -138).
  • -898 < -4 (-898 lebih kecil dari -4).

Baca juga : Cara Menghitung Pengurangan Kuadrat dan Contoh Soal

Dua Bulangan Bulat Positif yang Digitnya Sama

Urutan bilangan bulat dari yang terbesar ke terkecil atau sebaliknya dapat dilakukan jika digit bilangan bulat positifnya sama. Caranya mudah yaitu melihat letak dari bilangan bulat itu sendiri yang berada setelah angka nol. Misalnya:

  • 89 > 79 (89 lebih besar dari 79).
  • 1278 < 1456 (1278 lebih kecil dari 1456).
  • 9 > 5 (9 lebih besar dari 5).

Dua Bilangan Bulat Negatif yang Digitnya Sama

Kriteria mengurutkan bilangan bulat selanjutnya ialah dua bilangan bulat negatif yang memiliki digit sama. Caranya mudah yaitu melihat bilangan bulat yang terletak di sebelum angka nol. Berikut contoh mengurutkan bilangan bulatnya yaitu:

  • -22 > -42 (-22 lebih besar dari -42).
  • -8 < -7 (-8 lebih kecil dari -7).

Demikianlah cara mengurutkan bilangan bulat beserta contoh soal mengurutkan bilangan bulat yang dapat saya jelaskan. Bilangan bulat dapat diurutkan dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya jika memenuhi beberapa kriteria di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here