3 Cara Mengubah Kalimat Langsung Menjadi Tidak Langsung

3 Cara Mengubah Kalimat Langsung Menjadi Tidak Langsung – Pada umumnya contoh kalimat langsung dan contoh kalimat tidak langsung dapat kita temukan dalam teks berita. Kedua kalimat ini saling berkaitan satu sama lain. Kita memang lebih mudah menemukan kalimat langsung dan tidak langsung dalam teks berita. Teks tersebut berisi beberapa pembahasan yang umum diperbincangkan dalam masyarakat.

Apa itu kalimat langsung? Apa itu kalimat tidak langsung? Bagaimana cara mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung? Kalimat langsung merupakan jenis kalimat yang penulisannya sama persis dengan perkataan penitur. Sedangkan kalimat tidak langsung merupakan laporan yang dapat diubah secara bahasa, tetapi maksudnya sama.

cara mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung
Cara merubah kalimat

Contoh kalimat langsung dan tidak langsung pada umumnya memang ditemukan dalam teks berita. Namun kita juga menemukan jenis teks ini dalam tulisan fiksi seperti novel, dongeng maupun cerpen. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

3 Cara Mengubah Kalimat Langsung Menjadi Tidak Langsung

Seperti yang kita tahu bahwa kalimat merupakan satuan terkecil yang berisi ungkapan utuh sebuah pemikiran, baik secara tuisan maupun lisan. Kalimat kalimat dalam Bahasa Indonesia sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis kalimat Bahasa Indonesia tersebut memiliki definisi, ciri ciri dan contohnya sendiri.

Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung merupakan jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia yang mempunyai definisinya sendiri. Kalimat langsung adalah kutipan yang pengucapannya sama persis sehingga sedikitpun tidak diubah. Pengucapan kalima langsung tersebut tidak membutuhkan perantara apapun. Biasanya kalimat langsung ditulis dengan menggunakan tanda kutip dua (“…”).

Kemudian adapula kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menceritakan ucapan seseorang kembali dan bisa juga tidak mengutip ucapan tersebut secara keseluruhan. Maka dari itu bentuk kalimat tidak langsung seperti kalimat berita agar perkataan orang lain dapat diberitahukan. Biasanya kalimat tidak langsung ini tidak menggunakan tanda petik dua (“…”).

Bagaimana cara merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung? Di bawah ini terdapat beberapa cara mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung yaitu sebagai berikut:

Pronomina Orang Pertama diubah Menjadi Orang Ketiga

Apa itu pronomina? Pengertian pronomina adalah kata yang digunakan untuk mengarah atau merujuk pada nomina lain. Menurut KBBI, pronomina dapat diartikan sebagai kata yang digunakan untuk mengganti benda atau orang seperti dia, aku, engkau.

Baca juga: Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya

Di bawah ini terdapat contoh kalimat langsung dan contoh kalimat tidak langsung yang diubah pronominanya yaitu sebagai berikut:

Aku Menjadi Dia/Nama Orang Ketiga
Contohnya:
“Aku pasti akan memenangkan lomba voli ini” kata Indah.
diubah menjadi
Indah yakin bahwa dia akan memenangkan lomba voli ini.

Saya Menjadi Dia/Nama Orang Ketiga
Contohnya:
“Saya akan belajar dengan tekun” ucap Dion.
diubah menjadi
Dion mengatakan bahwa dia akan belajar dengan tekun.

Kami Menjadi Mereka/Kata Ganti Orang Ketiga
Contohnya:
“Kami ingin keadilan yang transparan” tutur para petani.
diubah menjadi
Para petani menuntut keadilan mereka yang transparan.

Pronomina Orang Kedua diubah Menjadi Orang Pertama

Cara mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung selanjutnya berkaitan dengan pronomina orang kedua dan orang pertama. Di bawah ini terdapat cara merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung yaitu sebagai berikut:

Kamu Menjadi Saya
Contohnya:
“Aku akan berusaha membantu semampuku” ujar Putra sembari menepuk pundak adiknya.
diubah menjadi
Putra berkata kepada adiknya bahwa dia akan berusaha membantu saya semampunya.

Kamu Menjadi Aku
Contohnya:
Setelah adegan marah marah itu, Putra kembali menepuk bahuku dan berkata “Aku pasti bisa, jadi kamu jangan meremehkanku!”
diubah menjadi
Putra kembali menepuk bahuku dan mengatakan kalau dia pasti bisa dan aku diminta agar tidak meremehkannya.

Pronomina Orang Kedua (Kalian/Kita) diubah Menjadi Mereka atau Kami

Cara mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung selanjutnya berkaitan dengan pronomina orang kedua. Di bawah ini terdapat contoh kalimat langsung dan contoh kalimat tidak langsung yang diubah pronominanya yaitu sebagai berikut:

Kita Menjadi Kami
Contohnya:
Reno memegang tanganku dan berkata “Kita pasti bersama.”
diubah menjadi
Reno meyakinkanku bahwa kami akan selalu bersama.

Kalian Menjadi Kami
Contohnya:
Rina berkata “Selamat atas pertunangan kalian”.
diubah menjadi
Rina mengucapkan selamat kepada kami.

Sekian penjelasan mengenai cara mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung. Kalimat langsung dan tidak langsung pada umumnya memang banyak dijumpai dalam berita dan karangan fiksi seperti novel ataupun dongeng. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here