Cara Menghitung Pengurangan Kuadrat dan Contoh Soal

Cara Menghitung Pengurangan Kuadrat dan Contoh Soal – Mengerjakan soal pengurangan bilangan berpangkat bukanlah perkara mudah. Rumus hitung yang salah sering kali menjebak dan akhirnya menjerumuskan kita saat ujian. Meski terdengar sepele, tapi faktanya banyak siswa kesulitan ketika diminta menghitung pengurangan kuadrat.

Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan contoh soal pengurangan kuadrat? Bagaimana cara cepat menghitung pengurangan kuadrat? Pengurangan bilangan kuadrat pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah. Apa yang dimaksud bilangan kuadrat itu? Bilangan kuadrat dapat didefinisikan sebagai bilangan positif yang asalnya dari perkalian satu kali antara bilangan itu sendiri dan bilangan tertentu. Bilangan kuadrat tersebut dapat dinamakan dengan bilangan pangkat dua. Bilangan kuadrat sendiri secara sederhana dapat berbentuk perkalian ganda yakni perkalian dua bilangan yang nilainya sama.

Cara Menghitung Pengurangan Kuadrat dan Contoh Soal
Cara Cepat Pengurangan Kuadrat

Selain bilangan kuadrat tentunya adapula akar kuadrat. Meski namanya memiliki kuadrat di dalamnya, namun kedua hal ini berbeda. Bilangan kuadrat ialah perkalian sebanyak dua kali oleh bilangan yang sama, sedangkan akar kuadrat ialah bilangan yang dipangkatduakan. Adapun contoh bilangan kuadrat yaitu 4², 7², 10² dan lain lain. Bilangan kuadrat (pangkat dua) pada umumnya memiliki beberapa operasi hitung di dalamnya yaitu perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Bagaimana cara menghitung pengurangan kuadrat itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal pengurangan kuadrat? Pengurangan bilangan pangkat dua sendiri dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus atau persamaan tertentu.

Cara Menghitung Pengurangan Kuadrat dan Contoh Soal

Bilangan kuadrat memiliki tanda atau simbol berupa angka dua kecil yang diletakkan pada bagian ujung angka yang dipangkatkan. Bilangan pangkat dua ini memiliki operasi hitung yang dapat kita terapkan menjadi beberapa persamaan. Salah satunya ialah operasi pengurangan. Apakah anda tahu bagaimana cara cepat menghitung pengurangan kuadrat? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung pengurangan kuadrat dan contoh soal pengurangan kuadrat.

Baca juga : Rumus Kesebangunan Trapesium dan Contoh Soalnya

Bilangan kuadrat memang memiliki berbagai jenis operasi hitung. Setiap operasi hitung bilangan pangkat dua ini memiliki cara pengerjaan yang berbeda. Seperti halnya materi pengurangan kuadrat ini. Jika dalam bilangan kuadrat terdapat dua atau lebih operasi hitung di dalamnya, maka cara mengerjakannya menggunakan konsep operasi hitung pada umumnya. Contoh terdapat operasi perkalian dan pengurangan dalam bilangan kuadrat. Maka hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menghitung perkalian bilangan kuadrat terlebih dahulu, kemudian baru mengurangkannya.

Rumus Pengurangan Kuadrat

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa cara cepat menghitung pengurangan kuadrat dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan pengerjaannya didasarkan pada cara berpikir logika yang kita gunakan. Untuk cara menghitung pengurangan kuadrat sendiri menggunakan konsep aljabar yang bentuknya seperti di bawah ini:

a² – b² = (a + b)(a – b)

Rumus pengurangan kuadrat di atas dapat anda gunakan untuk menyelesaikan contoh soal pengurangan aljabar yang tersedia. Rumus tersebut dapat digunakan sebagai trik cepat menyelesaikan pengurangan bilangan pangkat dua. Kita juga dapat menggunakan prinsip logika untuk menyelesaikan pengurangan bilangan pangkat dua. Selain menggunakan persamaan di atas, kita juga dapat menyelesaikan soal soal pengurangan bilangan kuadrat dengan cara menghitung nilainya satu persatu. Kemudian baru mengurangkannya. Misalnya 4² – 3² = 16 – 9 = 7.

Cara Menghitung Pengurangan Kuadrat

Jika masing masing kuadrat dihitung satu per satu tentunya akan membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu kita dapat menggunakan konsep aljabar seperti di atas untuk mempersingkat waktu pengerjaan. Lalu bagaimana cara menghitung pengurangan kuadrat itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal pengurangan kuadrat itu? Di bawah ini terdapat langkah langkah untuk menerapkan cara cepat menghitung pengurangan kuadrat yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, abaikan pangkat duanya terlebih dahulu. Maka dari itu kita lebih fokus pada dua angka yang dipangkat duakan.
  2. Setelah itu jumlahkan kedua bilangan yang dikuadratkan.
  3. Kemudian hitung selisih kedua bilangan yang dikuadratkan.
  4. Lalu kalikan hasil jumlah dan selisih yang telah dicari tadi.

Baca juga : Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Rim, Gross dan Kodi

Contoh Soal Pengurangan Kuadrat

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung pengurangan bilangan kuadrat di atas. Kemudian saya akan membagikan contoh soal pengurangan bilangan pangkat dua yaitu sebagai berikut:

1. Tentukan hasil nilai (12 x 12) – (8 x 8)?

Pembahasan. 
Cara menghitung pengurangan kuadrat tersebut dapat dilakukan dengan langkah langkah seperti di bawah ini:

  • Menentukan bilangan yang dikuadratkan yaitu 12 dan 8.
  • Kemudian menjumlahkan kedua bilangan tadi, maka 12 + 8 = 20.
  • Lalu mengurangi secara urut kedua bilangan, maka 12 – 8 = 4 (bukan 4 – 19).
  • Kalikan hasil pengerjaan yang dilakukan sebelumnya sehingga 20 x 4 = 80.

Jadi hasil nilai (12 x 12) – (8 x 8) ialah 80.

2. Tentukan hasil nilai 13² – 5²?

Pembahasan. 
Contoh soal pengurangan kuadrat tersebut dapat diselesaikan dengan langkah langkah seperti di bawah ini:

  • Menentukan bilangan yang dikuadratkan yaitu 13 dan 5.
  • 13 + 5 = 18.
  • 13 – 5 = 8
  • 18 x 8 = 144

Jadi hasil nilai 13² – 5² ialah 144.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung pengurangan kuadrat dan contoh soal pengurangan kuadrat. Cara cepat menghitung pengurangan kuadrat pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan konsep aljabar seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here