Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap – Bagaimana cara menghitung pembagian pecahan campuran itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal pembagian pecahan biasa itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal pembagian campuran itu? Apa pengertian pecahan itu? Pecahan secara umum dapat diartikan sebagai bilangan yang memiliki pembilang dan penyebut di dalamnya. Bilangan pecahan ini pada dasarnya memiliki operasi hitung di dalamnya seperti pembagian, perkalian, pengurangan dan penjumlahan. Salah satu operasi hitung pecahan tersebut ialah pembagian. Pembagian pecahan sendiri secara konsep akan diubah menjadi operasi perkalian untuk tahap penyelesaiannya.

Pembagian pecahan biasa dan pembagian pecahan campuran pada umumnya dapat dilakukan dengan cara yang tidak jauh berbeda. Namun ada beberapa tahap yang sedikit berbeda diantara kedua cara ini. Lalu bagaimana cara menghitung pembagian pecahan biasa itu? Bagaimana cara menghitung pembagian pecahan campuran itu? Secara umum bilangan pecahan memang terbagi menjadi dua macam yaitu pecahan biasa dan campuran. Bentuk pecahan biasa dan campuran tersebut memang berbeda. Misalnya bentuk pecahan biasa seperti ½, ¼, ¾ sedangkan bentuk pecahan campuran seperti 1¾, 2¼, 3½. 

Contoh Soal Sudut Berpelurus dan Jawaban Lengkap
Materi Pembagian Pecahan

Pecahan pada umumnya memiliki bentuk bilangan yang berupa a/b, dengan nilai b ≠ 0. Bilangan a tersebut merupakan pembilang dan bilangan b merupakan penyebut. Konsep pembagian pecahan sebenarnya tidak sama dengan pembagian bilangan bulat. Hal ini dikarenakan terdapat pengubahan operasi pembagian pecahan menjadi operasi perkalian. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung pembagian pecahan biasa dan cara menghitung pembagian pecahan campuran lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Bilangan pecahan memang dikenal dengan bilangan berbentuk a/b. Materi pecahan ini sering kali dianggap sulit oleh beberapa siswa karena bentuk bilangannya yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Namun jika kita mengerti konsepnya, maka materi ini sangat mudah untuk dipelajari.

Kita tahu bahwa pembagian pecahan memiliki perbedaan dengan pembagian pada bilangan bulat. Perbedaan tersebut terlihat dari konsep pengerjaannya. Dalam pembagian pecahan sendiri terdapat konsep perkalian yang terkandung di dalamnya. Hal ini dikarenakan rumus pembagian pecahan dapat dinyatakan dengan cara seperti berikut:

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Dalam rumus di atas kita dapat melihat bahwa operasi hitung pembagian tersebut diubah menjadi bentuk operasi perkalian, baik untuk pecahan campuran maupun pecahan biasa. Agar anda lebih paham mengenai rumus tersebut, maka saya akan membagikan cara menghitung pembagian pecahan biasa dan cara menghitung pembagian pecahan campuran beserta contoh soal pembagian pecahan biasa dan contoh soal pembagian pecahan campuran yaitu sebagai berikut:

Bilangan Pecahan Biasa

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah cara menghitung pembagian bilangan pecahan biasa. Bentuk pecahan seperti ini menggunakan rumus pembagian pecahan seperti di atas. Untuk itu operasi pembagiannya diubah menjadi operasi perkalian. Akan tetapi posisi pembilang dan penyebut pada pecahan keduanya di balik. Agar anda lebih paham mengenai materi ini, maka perhatikan contoh soal pembagian bilangan pecahan biasa seperti berikut:

Contoh Soal

1. Tentu hasil pembagian pecahan di bawah ini!
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Pembahasan.
Contoh soal pembagian pecahan biasa tersebut dapat diselesaikan dengan cara berikut:
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Cara menghitung pembagian pecahan biasa di atas terdapat posisi penyebut dan pembilang pada pecahan 4/7 yang dibalik menjadi 7/4. Terjadinya pembalikan posisi tersebut disebabkan karena perubahan operasi pembagian menjadi perkalian. Untuk itu dalam metode di atas, kita harus membalik posisi pecahan 4/7 terlebih dahulu, lalu tanda pembagiannya berubah menjadi perkalian. Setelah itu pecahan 2/8 dikalikan dengan 7/4 dan menghasilkan pecahan baru yaitu 7/16.

2. Tentu hasil pembagian pecahan di bawah ini!
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Pembahasan.
Contoh soal pembagian pecahan biasa di atas dapat diselesaikan dengan cara berikut:
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Bilangan Pecahan Campuran

Selain cara menghitung pembagian pecahan biasa di atas, selanjutnya saya akan membahas tentang cara menghitung pembagian pecahan campuran. Pembagian pecahan campuran sendiri dapat diselesaikan dengan cara yang lebih rumit karena terdapat pengubahan pecahan campuran ini menjadi pecahan biasa. Setelah itu pengerjannya seperti pada rumus pembagian pecahan pada umumnya. Agar anda lebih paham mengenai metode tersebut, maka perhatikan contoh soal pembagian bilangan pecahan campuran yaitu:

Contoh Soal

1. Tentukan pembagian pecahan di bawah ini!
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Pembahasan.
Contoh soal pembagian pecahan campuran tersebut dapat diselesaikan dengan cara di bawah ini:
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran Lengkap

Cara menghitung pembagian pecahan campuran di atas dapat diselesaikan dengan mengubah pecahan 1¼ menjadi 5/4 terlebih dahulu. Kemudian pecahan tersebut dibalik posisinya menjadi 4/5. Setelah itu pengerjaannya sama seperti perkalian pecahan pada umumnya sehingga menghasilkan pecahan baru berbentuk 2/15.

2. Hitunglah pembagian pecahan dari 1¾ : 1½?

Pembahasan.
Contoh soal pembagian pecahan campuran tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran LengkapSekian penjelasan mengenai cara menghitung pembagian pecahan biasa dan cara menghitung pembagian pecahan campuran lengkap. Selain cara menghitung di atas, saya juga menyertakan contoh soal pembagian pecahan biasa dan contoh soal pembagian pecahan campuran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here