Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Mudah dan Cepat

Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Mudah dan Cepat – Faktorisasi kuadrat adalah salah satu materi dasar yang harus kalian kuasai. Karena pemfaktoran inilah yang akan menjadi gerbang menuju pembahasan materi lain yang lebih kompleks. Tidak heran jika banyak siswa mengalami kesulitan melangkah ke pembahasan selanjutnya karena tidak tau cara menghitung pemfaktoran persamaan kuadrat tersebut.

Pemfaktoran persamaan kuadrat sendiri mulai diajarkan kepada siswa bahkan semenjak masih di bangku SMP. Apakah kalian tau bagaimana cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran? Apa yang dimaksud persamaan kuadrat itu? Pengertian persamaan kuadrat ialah kalimat terbuka yang digunakan untuk menjelaskan pangkat variabel tertinggi yang nilainya dua dan hubungan sama dengan (=). Persamaan kuadrat sendiri dapat diselesaikan dengan beberapa cara. Namun salah satu penyelesaian persamaan kuadrat tersebut ialah dengan pemfaktoran.

Bagaimana cara memfaktorkan persamaan kuadrat itu? Persamaan kuadrat secara umum memiliki bentuk berupa ax² + bx + c = 0, dimana c ialah konstanta, a dan b ialah koefisien serta a ≠ 0. Persamaan kuadrat ini memiliki nilai x yang merupakan hasil akar persamaan ax² + bx + c = 0 karena memenuhi syarat di dalamnya. Maka dari itu persamaan kuadrat ini dapat bernilai benar karena nilai nilai x tersebut. Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud persamaan kuadrat ini? Materi persamaan kuadrat tersebut telah diajarkan ketika di bangku Sekolah Menengan Pertama (SMP).

Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Mudah dan Cepat

Manfaat menghafal rumus persamaan kuadrat bisa kita rasakan ketika menginjak materi analitik matematika. Namun banyak siswa yang kurang mengerti bagaimana cara menyelesaian persamaan kuadrat dengan metode pemfaktoran tersebut. Memfaktorkan ialah metode untuk mencari solusi pada persamaan kuadrat. Untuk itu persamaan kuadrat ini dapat diselesaikan dengan himpunan atau solusi menggunakan cara pemfaktoran tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memfaktorkan persamaan kuadrat dengan mudah.

Ketika di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat materi persamaan kuadrat dengan cara penyelesaian seperti pemfaktoran. Kemudian ketika di bangku sekolah menengah atas (SMA), maka akan terdapat pembahasan mengenai penyelesaian nilai x. Tentunya soal dan pembahasan yang kalian terima disampaikan secara bertahap dan bertingkat.

Baca juga : Rumus Cepat Limit Tak Hingga Beserta Contoh Soal Latihannya

Cara memfaktorkan persamaan kuadrat pada umumnya dapat dilakukan dengan beberapa metode. Dalam proses menghitung saya akan menyertakan contoh soal pemfaktoran persamaan kuadrat secara bersamaan agar lebih ringkas. Berikut penjelasan selengkapnya:

Rumus Cepat Persamaan Kuadrat

Cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran yang pertama dapat diselesaikan dengan beberapa langkah di dalamnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal di bawah ini:

Selesaikan persamaan kuadrat 2x² + 10x + 8 = 0 dengan pemfaktoran?

Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Mudah

Contoh soal persamaan kuadrat tersebut dapat diselesaikan dengan konsep perkalian dan penjumlahan seperti di bawah ini:

Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Mudah
Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Mudah

Cara memfaktorkan persamaan kuadrat yang pertama yaitu mencari faktor bilangan yang merupakan hasil perkalian dari ac. Setelah itu hasil faktor ini dapat ditambahkan, apakah memenuhi hasil yang sama dengan b atau tidak. Untuk itu hasilnya akan seperti berikut:
Setelah itu nilai bx nya dipisahkan agar persamaan kuadratnya dapat diubah sesuai dengan metode di atas. Maka dari itu caranya akan seperti di bawah ini:

Cara memfaktorkan persamaan kuadrat yang pertama ini memang memiliki langkah langkah kurang efisien dan panjang. Metode pemfaktoran persamaan kuadrat ini memang merupakan cara dasar yang para siswa wajib ketahui. Namun sebenarnya cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran ini dapat dilakukan dengan cepat agar tidak membutuhkan waktu yang banyak.

Baca juga : Pengertian Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7

Cara Cepat Mengerjakan Faktor Persamaan Kuadrat

Cara kedua ini sebenarnya termasuk dalam bagian pada cara pertama. Namun tahapan tahapan pada cara pertama ada beberapa yang ditiadakan agar penyelesaiannya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal di bawah ini:

Selesaikan persamaan kuadrat 2x² + 10x + 8 = 0 dengan pemfaktoran?

Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Mudah

Contoh soal persamaan kuadrat tersebut dapat diselesaikan dengan konsep perkalian dan penjumlahan seperti di bawah ini:

Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Mudah

Cara memfaktorkan persamaan kuadrat selanjutnya yaitu mencari nilai yang memenuhi perkalian dan penjumlahan seperti di atas. Sehingga:

Cara Memfaktorkan Persamaan Kuadrat Dengan Mudah

Kemudian faktorkan persamaan kuadrat tersebut dengan cara seperti di bawah ini:

Sekian penjelasan mengenai cara memfaktorkan persamaan kuadrat dengan mudah. Pemfaktoran ialah metode penyelesaian persamaan kuadrat dengan cara menjumlahkan suku aljabar menjadi bentuk perkalian suku aljabar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here