Cara Konversi Satuan Panjang Beserta Contoh Soalnya

Cara Konversi Satuan Panjang Beserta Contoh Soalnya – Bagaimana cara menghitung satuan panjang itu? Bagaimana bentuk contoh soal satuan panjang? Konversi memiliki nama lain yang berupa mengubah. Cara mengubah satuan panjang yang satu dengan satuan panjang lainnya dapat dilakukan dengan mudah. Konversi satuan secara umum dapat diartikan sebagai perhitungan nilai besaran menggunakan proses tertentu. Contohnya saja satuan panjang meter yang dapat dikonversikan menjadi satuan panjang dm dan lain sebagainya. Konversi satuan ini dapat kita jumpai ketika dibangku sekolah dasar. Kemudian lebih diperdalam lagi pada tingkat sekolah di jenjang yang lebih tinggi.

Konversi satuan tidak hanya diterapkan dalam pembelajaran sekolah saja. Namun konversi ini juga dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Untuk itu penting sekali memahami cara konversi satuan panjang dan mencoba menyelesaikan contoh soal satuan panjang yang dikonversikan, sehingga anda dapat memahaminya dengan baik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam Matematika terdapat beberapa jenis satuan yang digunakan. Macam macam satuan tersebut dapat meliputi satuan luas, satuan panjang, satuan volume, satuan berat dan lain sebagainya. Masing masing satuan memiliki cara konversi yang berbeda beda, namun secara garis besar mempunyai konsep yang hampir sama.

Satuan panjang dapat digunakan untuk mempertimbangkan panjang dari suatu hal seperti panjang benda, panjang jalan dan sebagainya. Satuan panjang yang sering digunakan oleh sebagian besar negara ialah meter. Satuan jenis ini dapat diubah atau dikonversikan menjadi bentuk satuan panjang lainnya. Lantas bagaimana cara mengubah satuan panjang itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara konversi satuan panjang dan contoh soal satuan panjang yang dikonversikan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Konversi Satuan Panjang Beserta Contoh Soalnya

Dalam sistem satuan internasional (SI) terdapat standar satuan panjang yang bentuknya meter (m). Satu meter sendiri memiliki nilai yang berupa jarak cahaya dalam waktu 1/299792458 detik yang dapat ditempuh dalam ruang hampa. Satuan panjang selain dalam sistem SI juga terdapat dalam sistem CGS yang berupa centimeter (cm). Apa yang dimaksud satuan panjang? Pengertian satuan panjang adalah satuan menggunakan titik interval dalam garis linear dengan jarak yang sama berbentuk titik titik diskrit. 

Baca juga : Contoh Soal Fungsi Invers, Jawaban, dan Pembahasannya

Kegunaan satuan panjang juga dapat dilakukan untuk mengukur dimensi linear seperti keliling bangun datar, jarak antar kota, lebar benda, tinggi suatu benda dan lain sebagainya. Pada umumnya kita memang dapat menemukan satuan panjang di Indonesia dalam bentuk km (kilometer), hm (hektometer), dam (dekameter), m(meter), dm (decimeter), cm (centimeter), dan mm (milimeter). Cara konversi satuan panjang tersebut dapat dilakukan menggunakan tangga konversi pada satuan panjang tersebut. Di bawah ini terdapat cara mengubah satuan panjang menggunakan tangga konversi seperti berikut:

Cara Konversi Satuan Panjang Beserta Contoh Soalnya

Tangga konversi panjang ini dapat digunakan dengan ketentuan tertentu. Syarat ketentuan ini yaitu apabila naik satu tangga maka akan dibagi dengan 10 dan jika turun satu tangga maka akan dikali dengan 10. Agar anda lebih paham mengenai cara mengubah satuan panjang tersebut, maka perhatikan contoh konversi pada satuan panjang seperti di bawah ini:

  • 1 m = 1 m
  • 1 dm = 0.1 m
  • 1 cm = 0.01 m
  • 1 mm = 0.001 m
  • 1 km = 1000 m
  • 1 hm = 100 m
  • 1 dam = 10 m

Contoh Soal Konversi Satuan Panjang

Setelah mengetahui cara konversi pada satuan panjang di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal satuan panjang yang dikonversikan. Berikut contoh soal dan jawabannya yaitu:

Baca juga : Unsur Unsur Lingkaran dan Penjelasannya

Tentukan nilai dari:
a. 7 cm = … mm
b. 9 m = … cm
c. 60 m= … cm
d. 17 hm = … m

Jawaban.
Contoh soal konversi pada satuan panjang ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
a. 7 cm = 7 x 10 mm = 70 mm
b. 9 m = 9 x 100 cm = 900 cm
c. 60 m= 60 ÷ 1000 km = 0,06 km
d. 17 hm = 17 x 100 m = 1700 m

Contoh Konversi pada Satuan Panjang Lainnya

Setelah membahas tentang cara konversi satuan panjang dan contoh soal satuan panjang di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh satuan panjang lainnya yang dapat dikonversikan yaitu sebagai berikut:

  • 1 inchi = 0.0254 m
  • 1 mil (UK & US) = 1609.34 m
  • 1 satuan astronomi = 149598550000 m
  • 1 cable = 182.88 m
  • 1 micrometer = 0.000001 m
  • 1 tahun cahaya = 9460528405000000 m
  • 1 kaki = 0.3048 m
  • 1 hand = 0.1016 m
  • 1 yard = 0.9144 m

Demikianlah penjelasan mengenai cara konversi satuan panjang dan contoh soal satuan panjang yang dikonversikan. Satuan panjang yang satu dengan satuan panjang lainnya dapat dikonversikan satu sama lain menggunakan tangga konversi panjang tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here