Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya – Menghitung cepat merupakan skill yang harus dimiliki siswa. Lewat kemampuan inilah kita bisa menyelesaikan berbagai variasi soal dan menghemat waktu saat ujian. Dengan demikian kalian bisa mengerjakan soal secara efisien. Mengkombinasikan cara hitung cepat dan perkalian maupun pembagian adalah pilihan tepat.

Bagaimana contoh hitung cepat perkalian dalam Matematika? Bagaimana bentuk contoh soal hitung cepat perkalian Matematika itu? Materi perkalian dalam Matematika tersebut telah diajarkan ketika di bangku sekolah dasar (SD). Bagi sebagian siswa materi ini dianggap sebagai materi yang susah susah gampang. Hal ini dikarenakan bilangan yang dikalikan tersebut dapat berbentuk satuan, puluhan, ratusan dan sebagainya. Untuk materi perkalian Matematika dapat diselesaikan dengan trik cepat di dalamnya. Trik hitung cepat perkalian dalam Matematika tersebut dapat digunakan untuk jenis perkalian tertentu.

Cara hitung cepat perkalian Matematika sebenarnya sangat mudah. Bilangan dalam Matematika bisa berbentuk angka sederhana ataupun rumit. Sedangkan cara mengerjakannya sendiri juga ada yang rumit, panjang, ataupun sederhana. Hal inilah yang berpengaruh terhadap cara menghitung perkalian Matematika itu. Operasi perkalian dalam Matematika tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan trik cepat yang akan saya bagikan nantinya. Dengan begitu pelajaran Matematika ini dapat diubah menjadi pelajaran yang mudah dan lebih asik.

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Dalam ilmu Matematika terdapat materi dasar yang perlu dipelajari seperti operasi perkalian ini. Materi tersebut merupakan operasi hitung Matematika yang dihubungkan dengan operasi penjumlahan, pengurangan dan pembagian. Lalu bagaimana cara menghitung perkalian Matematika dengan cepat itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara hitung cepat perkalian Matematika beserta contoh soal hitung cepat perkalian Matematika lengkap.

Bagi sebagian orang tentunya menghitung perkalian, penjumlahan, pembagian dan pengurangan dengan menggunakan kalkulator karena dianggap lebih mudah dan praktis. Akan tetapi hal ini tidak dibenarkan bagi seorang siswa, terlebih lagi ketika sedang menghadapi ujian tentunya tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator saat ujian. Maka dari itu para siswa harus mengetahui cara cepat hitung perkalian Matematika agar waktu yang dibutuhkan dapat lebih cepat dan tidak membuang waktu dengan sia sia.

Baca juga : Pengertian Bilangan Asli dan Contohnya Terlengkap

Cara hitung cepat perkalian Matematika pada umumnya sering diajarkan ketika di bangku Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan bantuan tangan. Cara cepat menghitung perkalian tersebut membuat anak lebih mudah untuk mengalikan angka angka yang dicari seperti 6, 7, 8, 9 dan sebagainya. Lalu apa saja trik hitung cepat perkalian Matematika itu? Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai trik menghitung cepat perkalian Matematika yaitu sebagai berikut:

Perkalian 6, 7, 8, 9 Menggunakan Jari Tangan

Cara cepat menghitung perkalian Matematika yang pertama dapat dilakukan menggunakan jari tangan untuk kategori angka 6, 7, 8 dan 9. Cara tersebut populer di kalangan banyak orang sehingga tidak jarang apabila sering digunakan. Cara ini biasanya diajarkan ketika di bangku Sekolah Dasar dalam materi perkalian Matematika. Adapun cara melakukannya yaitu di setiap jari pada kedua telapak tangan diberikan nomor imajinatif sebagai tanda. Nomor tersebut diawali dengan angka 6 dan diakhiri dengan angka 10 pada ibu jari. Berikut gambar selengkapnya:

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal Lengkap

Nomor nomor pada tangan di atas dibuat menjadi permisalan untuk melakukan cara hitung cepat perkalian Matematika tersebut. Agar anda lebih paham mengenai materi ini, maka perhatikan contoh soal hitung cepat perkalian Matematika antara 7 dan 8 (7 x 8) seperti di bawah ini:

Pada gambar di atas dapat kita lihat bahwa jari berangka 7 ditempelkan dengan jari berangka 8. Dua jari yang disatukan ini membentuk bagian atas dan bagian bawah. Bagian bawah bersama dengan kedua jari yang dipertemukan tersebut digunakan untuk menunjukkan angka puluhan, maka dapat diperoleh angka 50 = 5 jari. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar berikut:

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal Lengkap

Baca juga : Contoh Soal Sudut Pusat Lingkaran dan Sudut Keliling Lengkap

Cara hitung cepat perkalian Matematika selanjutnya yaitu mencari nilai angka pada bagian atas untuk melengkapi angka satuan pada perkalian tersebut. Di bagian atasnya terdapat jumlah jari yaitu 3 dan 2, maka akan diperoleh nilai sebesar 3 x 2 = 6. Kemudian hasil perhitungan bagian bawah dan atasnya disatukan menjadi hasil akhir yaitu 50 + 6 = 56. Berikut gambar selengkapnya :

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal Lengkap

Dari penerapan cara cepat hitung perkalian matematika antara 7 dan 8 tersebut diperoleh hasil 56. Jadi 7 x 8 = 56.

Perkalian 9 Cepat yang Pertama

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal Lengkap

Cara hitung cepat perkalian Matematika selanjutnya ditujukan untuk perkalian 9. Caranya mudah yaitu melihat angka yang semakin naik untuk menunjukkan nilai angka puluhan, kemudian jika semakin menurun maka menunjukkan nilai angka satuan. Akan tetapi angka puluhan yang dijumlahkan dengan angka satuan tersebut harus bernilai 9. Untuk itu anda dapat memperhatikan contoh soal hitung cepat perkalian Matematika pada angka 9 yaitu:

Perkalian 9 Cepat yang Kedua

Cara cepat menghitung perkalian Matematika selanjutnya juga ditujukan untuk kategori perkalian 9. Caranya mudah yaitu kedua tangan diberikan nomor antara 1 sampai 10. Nomor yang diberikan tersebut berawal dari tangan sebelah kiri. Misalnya saja kita akan mengalikan 3 dan 9 (3 x 9). Maka kita tinggal menekuk saja jari yang bertandakan nomor 3 seperti di bawah ini:

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal Lengkap

Dalam gamat tersebut dapat kita lihat bahwa bagian sebelah kiri pada jari yang ditekuk menunjukkan nilai puluhan. Maka dalam cara hitung cepat perkalian Matematika tersebut diperoleh nilai 20 = 2 jari. Kemudian di bagian sebelah kanan pada jari ditekuk menunjukkan angka satuan yaitu 7 = 7 jari. Setelah itu nilai puluhan dan satuannya digabung menjadi 20 + 7 = 27. Jadi 3 x 9 = 27.

Perkalian 11 Dengan Dua Digit Angka

Cara cepat hitung perkalian Matematika selanjutnya ditujukan untuk perkalian 11 menggunakan 2 digit angka. Caranya mudah yaitu memisahkan kedua angka yang dikalikan 11 terlebih dahulu. Kemudian dua angka tadi dijadikan sebagai bilangan ratusan dan satuan. Lalu nilai puluhannya dapat dicari dengan menjumlahkan kedua angka yang dipisahkan tadi. Setelah itu hasil penjumlahan ini digabungkan dengan kedua angka sebelumnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal hitung cepat perkalian Matematika antara 24 dan 11 seperti di bawah ini:

Cara Hitung Cepat Perkalian Matematika Beserta Contoh Soal Lengkap

Jadi nilai dari 24 x 11 ialah 264.

Sekian penjelasan mengenai cara hitung cepat perkalian Matematika beserta contoh soal hitung cepat perkalian Matematika lengkap. Cara cepat menghitung perkalian Matematika yang saya bagikan ini berlaku untuk jenis jenis angka seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here