Besar Sudut 3/4π rad Sama Dengan

Besar Sudut 3/4π rad Sama Dengan – Radian memang sering disama artikan dengan derajat seksagesimal. Radian adalah satuan yang dapat digunakan sebagai alat pengukur bidang dalam sistem SI. Maka dari itu radian sering kali digunakan sebagai satuan pengukur sudut bidang, sedangkan meter digunakan sebagai satuan panjang. Sejak abad ke 19 tentunya kita menemukan radian dalam segitiga. James Thompson adalah insinyur saudara Lord Kelvin sekaligus Fisikawan yang menemukan Radian.

Apakah anda tahu besar sudut 3/4π rad sama dengan berapa? Radian memang merupakan satuan untuk mengukur sudut dalam sistem Internasional. Hal ini sudah saya jelaskan dalam rumus trigonometri. Radian sering dianggap sebagai pengganti derajat. Maka dari itu kita dapat menemukan minimal 6 radian dalam lingkaran penuh atau sebesar 360 derajat. Sedangkan lingkaran memiliki sekitar 6,28 radian atau 2π radian.

besar sudut 3/4π rad sama dengan
Satuan Radian

Sebuah lingkaran penuh memang memiliki jumlah sudut 360°, dimana masing masing radiannya memiliki besar 57,296°. Radian pada dasarnya berbeda dengan derajat karena kegunaan derajat ialah mengukur sudut yang bentuknya sudut siku siku (90 derajat), sudut lingkaran penuh (360 derajat), dan sudut segitiga (180 derajat). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang besar sudut 3/4π rad sama dengan berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Besar Sudut 3/4π rad Sama Dengan

Radian memang merupakan satuan pengukur sudut dengan konsep sudut siku siku (π ÷ 2 radian), sudut lingkaran penuh (2 × π (pi) radian), dan sudut segitiga (π radian). Satuan pengukur sudut bidang ini memang digunakan dalam sistem Internasional. Radian disajikan dalam bentuk pusat yang menuju keliling sehingga sama dengan panjang busur rasio keliling dan jari jari.

Pada umumnya satuan radian digunakan dalam ilmu kalkulus sangat kecil, fisika, goniometri, trigonometri, dan lain lain. Lalu besar sudut 3/4π rad sama dengan berapa? Radian digunakan dalam pengukuran sudut bidang dengan simpul lengkungan kelilingnya di bagian tengah lingkaran, dimana sisi sisinya dapat dipotong oleh jari jari dengan panjang yang sama.

Materi radian ini sering masukkan dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Besar sudut 3/4π rad sama dengan . . .
A. 105°
B. 135°
C. 210°
D. 270°

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan B. 135°.

Pembahasan.
Radian dan derajat dapat digunakan untuk menyatakan sudut. Radian dapat dikonversikan menjadi derajat. Maka dari itu nilai 1 π radian = 180°. Sehingga:
3/4π rad = 3/4 x 180° = 135°
Jadi besar sudut 3/4π rad = 135°.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa besar sudut 3/4π rad sama dengan 135°. Radian merupakan satuan yang dapat digunakan untuk menggantikan derajat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here