Bagi Bangsa Indonesia Politik Luar Negeri Merupakan Penjabaran Dari

Bagi Bangsa Indonesia Politik Luar Negeri Merupakan Penjabaran Dari – Bangsa Indonesia pada dasarnya memang memiliki beberapa peran dalam dunia Internasional seperti Gerakan Non Blok ataupun Konferensi Asia Afrika. Bangsa Indonesia melaksanakan diplomasi secara aktif supaya dapat mencapai perdamaian dunia. Pencapaian bangsa Indonesia tersebut tidak terlepas dari adanya politik luar negeri. Apa itu politik luar negeri?

Dalam UU No. 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, kita mengenal adanya politik luar negeri ini. Jenis politik tersebut dapat bersifat bebas aktif, sehingga bangsa Indonesia pernah menganut politik luar negeri bebas aktif. Apa maksudnya? Bebas maknanya bangsa Indonesia tidak memihak salah satu blok kekuatan yang terdapat di dunia. Sedangkan aktif maknanya selalu aktif menjalankan politik luar negeri dan berperan serta dalam menyelesaikan masalah Internasional. Lantas bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari apa?

bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari
Politik Luar Negeri

Apa itu politik luar negeri? Pengertian politik luar negeri adalah tindakan tindakan yang digunakan untuk menjalin hubungan politik dengan negara lain agar tujuan Nasional dapat dicapai. Politik luar negeri ini menjadi pengambilan kebijakan, sikap, dan langkah pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan subjek hukum Internasional dan organisasi Internasional. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan Nasional tersebut. Kali ini saya akan menjelaskan tentang bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagi Bangsa Indonesia Politik Luar Negeri Merupakan Penjabaran Dari

Bangsa Indonesia dalam pelaksanaannya memang menjalankan politik luar negeri bebas aktif yang bertumpu pada landasan konstitusional UUD 1945 dan ideologi Pancasila sebagai dasar hukum negara Indonesia yang paling tinggi. Politik luar negeri bertujuan untuk memperoleh input barang dari luar negeri yang dibutuhkan oleh negara sehingga rakyat menjadi lebih makmur. Selain itu dapat mewujudkan adanya perdamaian antar negara secara regional maupun Internasional.

Lantas bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari apa? Politik luar negeri Indonesia mempunyai cerminan dari Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dengan beberapa hal yang tercantum di dalamnya seperti:

  • Indonesia menjalankan politik damai.
  • Indonesia menerapkan sikap saling menghargai, tidak melakukan intervensi terkait masalah dalam negeri, dan menjadi hubungan baik dengan negara lain.
  • Indonesia mendukung perdamaian dunia secara penuh dan berperan serta dalam organisasi Internasional secara aktif.
  • Indonesia memberikan kemudahan dalam menukarkan pembayaran Internasional.
  • Indonesia membantu adanya keadilan sosial yang dilakukan secara global sesuai dengan piagam PBB.
  • Indonesia membantu kemerdekaan negara lain yang masih dalam kondisi terjajah.

Politik luar negeri yang dianut oleh setiap negara memang tidak sama karena pedoman yang dimilikinya berbeda beda sesuai dengan dasar ideologi didalamnya. Materi politik luar negeri ini dapat kita temukan dalam bentuk soal seperti di bawah ini:

Bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari . . .
A. Bentuk pemerintahan republik
B. Sistem demokrasi yang dianut bangsa Indonesia
C. Cita cita dan tujuan Nasional bangsa Indonesia
D. UUD RI Tahun 1945
E. Pembukaan UUD RI Tahun 1945 sebagai konstitusi bangsa Indonesia

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan C. Cita cita dan tujuan Nasional bangsa Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa cita cita dan tujuan bangsa Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum, ikut menjalankan ketertiban dunia (sesuai dengan perdaman dunia, kemerdekaan, dan keadilan sosial), mencerdaskan kehidupan bangsa, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Tujuan dan cita cita ini dapat diiwujudkan dengan cara ikut serta dalam ketertiban dunia dan menjalankan politik luar negeri.

Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa bagi bangsa indonesia politik luar negeri merupakan penjabaran dari cita cita dan tujuan Nasional bangsa Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here