Alat Musik Tifa: Asal, Cara Memainkan, dan Gambarnya

Alat Musik Tifa: Asal, Cara Memainkan, dan Gambarnya – Indonesia kaya sekali akan ragam budayanya mulai dari pakaian adat, rumah adat, Bahasa daerah dll. Setiap daerah juga memiliki alat musik tradisional yang khas termasuk dari papua. Pada umumnya masyarakat papua masih menggunakan alat musik sebagai pengiring untuk suatu acara atau peristiwa yang special selain sebagai sarana hiburan.

alat musik tifa berasal dari daerah mana
Alat musik tifa berasal dari daerah mana

Alat musik tradisional yang berasal dari papua salah satunya adalah tifa. Alat musik tifa ini juga sangat terkenal di maluku akan tetapi kebudayaan ini jarang sekali terekspos dan tidak banyak yang diketahui. Ada mitos mitos yang dipercai oleh masayarak papua mengenai alat musik ini. filosofinya adalah untuk menyatukan warga karena suara dari tifa mampu menggerakkan masyarakat papua untuk berkumpul Bersama.

Pernahkah kalian memainkan alat musik tifa ? cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul, alat musik ini hamper mirip dengan yang sama sama dipukul untuk mengeluarkan bunyinya. Alat musik tifa ini dibuat dari kayu lenggua yang dikenal besar dan kuat. Agar kalian tiak penasar lagi tentang alat musik satu ini mari kita bahas Bersama asal usulnya, cara memainkan dan juga bagaimana bentuk dari alat musik ini yang katanya mirip dengan gendang.

Contents

Alat Musik Tifa: Asal, Cara Memainkan, dan Gambarnya

Sebenarnya Papua adalah tanah yang kaya akan sumber daya, adat serta budaya. Berbagai kerajinan serta alat musik pun turut serta menjadi pelengkap keragaman yang menurut saya cukup menarik. Sayangnya aspek tersebut kurang mendapat perhatian di mata publik karena berbagai alasan.

Alih-alih paham cara memainkan tifa dengan benar. Masyarakat bahkan tak memiliki gambaran seperti apa bentuk ataupun material pembuatannya. Bahkan ada yang tidak mengetahui alat musik tifa berasal dari mana. Hal ini tentu menjadi masalah besar mengingat kita hidup di Indonesia yang notabenya terdiri dari bangsa yang majemuk.

Secara garis besar materi yang membahas cara memainkan alat musik tifa memang tertulis di buku pedoman. Ketika pembelajaran guru pun pasti juga menyampaikannya secara lengkap kepada siswa. Semua itu dilakukan sebagai bentuk pembekalan agar mereka tak kesulitan mengerjakan soal ujian.

Tapi sayang, beberapa murid masih mengeluh kurang tau alat musik tifa berasal dari daerah mana. Padahal alat musik satu ini sudah pasti keluar ketika ujian berlangsung. Nah, untuk mengantisipasi masalah tersebut mari kita mempelajari kembali apa itu tifa pada artikel di bawah.

Gambar Alat Musik Tifa

Memahami seperti apa gambar alat musik tifa menjadi langkah awal untuk menguasai materi. Pasalnya banyak orang masih merasa kurang familiar karena gambar tifa sendiri tidak banyak beredar. Tapi berkat internet kini kita bisa mencari sendiri gambar alat musik tifa kapan dan dimana saja.

Alat musik tifa ini dibuat dari sebatang kayu yang bagian tengahnya dilubangi (seperti tabung) sehingga membentuk lubang pada salah satu sisi ujungnya ditutupi. Penutup sisinya biasanya digunakan kulit rusayang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang keras dan indah. Pada bodi alat musik tifa biasanya diukir dengan bentuk ukiran yang khas. Bentuk alat musik ini jika dilihat sekilas hampir mirip dengan gendang namun yang membedakan terletak pada dan ukurannya.

gambar alat musik tifa dan cara memainkannya
Gambar Alat Musik Tifa Dari Papua

Sekilas gambar alat musik tifa di atas mirip layaknya kendang (gendang) karena berbentuk tabung. Terlebih membrannya juga terbuat dari kulit binatang semakin mengerucutkan pandangan masyarakat.

Baca juga: Manfaat Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Meski demikian cara memainkan alat musik tifa sedikit berbeda dari gendang pada umumnya. Karena pada satu set alat akan dibekali dengan sebuah tongkat untuk memukul. Tongkat tersebut tak akan kalian temukan pada kendang yang notabenya berasal dari jawa.

Pada gambar alat musik tifa di atas bisa kalian perhatikan pula adanya ukiran khusus. Ukiran serta ornamen pada tubuh tifa itu juga menjadi salah satu ciri khas alat musik dari daerah papua satu ini.

Alat Musik Tifa Berasal Dari Mana

Hampir semua alat musik tradisisonal yang berasal dari papua memiliki mitos atau legenda. Masayarakat pedalaman papua pastinya masih mempercayai mitos- mitos yang ada. Sejarah alat musik tifa paling populer berasal dari daerah Biak. Yang mitosnya Dahulu kala ada 2 orang laki-laki bernama Sarenbeyar dan Fraimun yang hidup di daerah Biak. Nama sarenbeyar berasal dari 2 kata yaitu kata Saren dan Kata Beyar.

Saren artinya busur dan Beyar diartikan anak panah terpasang pada busur. Sedangkan nama Fraimun sendiri artinya perangkat perang yang gagangnya bisa untuk membunuh. Pada suatu ketika. Konon dua saudara ini pergi meninggalkan desa yang bernama desa Maryendi karena ketika itu desa mereka sedang tenggelam.

Lalu mereka mengembara sampai di suatu kawasan yang Namanya Wampember di Biak Utara pada Akhirnya mereka berdua tinggal dan hidup disana. Mereka berburu untuk bertahan hidup ketika sedang berburu pada malam hari Mereka mnemukan pohon yang bernama pohon opsur. Opsur artinya kayu atau pohon yang bisa keluarkan suara di tengah hutan Lantaran sudah mulai larut Mereka akhirnya pulang dan kembali besok harinya.

Ketika kembali lagi Mereka menemukan bahwa pohon opsur dihuni hewan hewan seperti biawak, lebah madu dan soa soa serta binatang kecil lainnya. Keduanya memiliki rasa penasaran, kemudian memutuskan pohon opsur ditebang dan Kemudian bagian tengah kayu itu di keruk dan dikosongkan dengan gunakan nibong Jadi kemudian kayunya menjadi mirip pipa besar.

Sementara itu, bagian dalam kayu dibakar agar tak gampang lapuk Keduanya ada niat untuk menggunakan kulit paha dari Kakaknya Tapi karena dirasa sangat menyakitkan akhirnya tidak jadi. Diganti menggunakan kulit soa soa untuk tutupi salah satu ujung kayu tadi Untuk menangkap soa soa. Mereka memanggil dengan Hei, napiri Bo secara terus menerus.

Uniknya soa soa itu seolah mengerti dan menyerahkan diri Setelah itu kakak beradik itu akhirnya menangkal dan menguliti soa soa Kemudian, Kulit Soa soa digunakan untuk menutupi salah satu pada sisi kayu yang memiliki bentuk pipa. Nah itulah awal mula sejarah Alat musik Tifa yang dikenal hingga sekarang.

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Dari penjelasan di atas setidaknya kita telah mengetahui alat musik tifa berasal dari daerah mana yakni papua. Sebagai salah satu karya seni papua maka kita wajib menghafalkan gambar, bentuk, serta tau cara memainkannya.

Baca juga: 4 Hikmah Iman Kepada Rasul Allah dan Penjelasannya

Pada umumnya alat musik tifa diaminkaan oleh orang dewasa yaitu para pria biasa dengan cara menabuh atau memukulnya sehingga suara yang dihasilkan layaknya suara gendang. Mengapa alat musik tifa dimaiankan oleh para pria dikarenakan mereka dianggap sebagai sosok pemimpin yang kuat dan pantas memainkan musik ritual.

Tidak sembarang orang boleh memainkan tifa dalam ritual, ada serangkaian prosedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin dari tetua adat maupun masyarakat sekitar. Sampai saat ini, para perempuan adat masih dilarang untuk memainkan alat musik ini. Peraturan ini sudah berlaku secara turun temurun dan terus dijaga oleh masyarakat setempat. Akan tetapi, peraturan adat tidak berlaku jika tifa dimainkan sebagai alat musik biasa dalam pertunjukan musik atau acara budaya lainnya.

Biasanya semakin kering kulit hewan yang digunakan sebagai membra tifa, maka semakin kuat pula suara yang dihasilkan. Alat music ini juga bisa dimainkan Bersama sama dengan alat music lainnya atau sering disebut dengan alat musik pengiring.

Nah berikut keunikan kenuikan dari alat musik tifa. Masyarakat papua masih mempercai mitos yang ada sehingga pada upacara adat hanya para pria saja yang boleh memainkan alat musik ini. Sebagai pengiring dalam upaca adat alat musik tifa juga digunakan sebagai pengiring lagu, dansa, api unggun, dan lain sebagainya. Akan tetapi pada jaman dahulu tifa digunakan sebagai pengiring dalam peperangan agar semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here