Teks Negosiasi: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Teks Negosiasi: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya – Pasti sebagian besar dari kalian sudah pernah berkomunikasi untuk mencapai suatu kesepakatan. Tawar menawar di pasar misalnya atau pada saat berbincang dengan sanak saudara membahas liburan. Hal semacam inilah yang menjadi bentuk nyata dari sebuah negosiasi di tengah masyarakat.

Berkat perkembangan jaman yang semakin maju kini kita bisa menjumpai contoh teks negosiasi dengan mudah di berbagai media online. Seperti shopee, tokopedia, blibli, hingga grab yang notabenya merupakan platform jual barang online. Lewat aplikasi itulah orang bisa bertransaksi jual beli, melakukan negosiasi, dan memperoleh kesepakatan. Jadi, perundingan tersebut tak hanya dilakukan secara lisan saja tapi kalian juga dapat melaksanakannya lewat tulisan.

Teks Negosiasi: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya
Struktur teks negosiasi

Teks negosiasi sendiri mempunyai arti penyelesaian sebuah kepentingan secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersangkutan. Pihak-pihak tersebut berusaha menyelesaikan perbedaan dengan cara berdialog dan tidak akan merugikan salah satu pihak. Kaidah kebahasaan teks negosiasi menurut saya cukup unik karena masing-masing pembicara akan memakai bahasa persuasif.

Adapun ciri ciri negosiasi yang paling menonjol yakni dapat mencari penyelesaian dan menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan. Hal ini pun sesuai dengan fungsi sosial serta tujuan negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan bersama. Struktur teks negosiasi lumayan kompleks karena sifatnya yang fleksibel tapi tetap memakai tutur kata santun. Aspek tersebut harus terpenuhi agar proses perundingan dapat berjalan lancar.

Teks Negosiasi: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Tak semua siswa mampu ketika guru meminta sebutkan struktur teks negosiasi dengan benar. Padahal materi yang sedikit banyak membahas salah satu jenis teks bahasa indonesia ini bisa kita jumpai di buku pedoman. Setiap aspeknya yang terdiri dari definisi, kaidah kebahasaan, serta contohnya pun sudah mulai diperkenalkan guru ketika siswa berada di bangku sekolah menengah.

Contoh teks negosiasi sebenarnya dapat kalian temukan hampir setiap hari di tengah masyarakat. Khususnya jika kalian gemar berbelanja online dan suka tawar menawar dengan pembeli. Kegiatan itu bisa menjadi contoh otentik dari negoisasi.

Sayangnya, mayoritas siswa masih merasa kesulitan untuk menjelaskan setiap aspek bacaan tersebut. Khususnya pada bagian kaidah kebahasaan dan struktur teks negosiasi singkat. Menurut saya, hal ini cukup lumrah karena terbatasnya materi yang tertulis di buku LKS. Maka dari itu sebagai siswa kita wajib menambah referensi dengan mencarinya di internet ataupun buku serupa.

Pengertian Teks Negosiasi

Kalian pasti sudah pernah menyampaikan suatu informasi, data ataupun mendeskripsikan suatu hal dengan menggunakan teks. Teks sendiri juga dapat digunakan untuk atau sarana melakuian negosiasi atau kesepatan dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Maka teks tersebut dapat dikategorikan sebagai teks negosiasi. Apa yang dimaksud dengan teks negosiasi itu?

Para ahli pun turut berpendapat dan mengartikan teks ini diantaranya:

  1. Pengertian teks negosiasi menurut Priyatni dan Harsiati yaitu teks yang menjabarkan tentang proses tawar-menawar melalui perundingan.
  2. Pengertian teks negosiasi menurut Agnesia yaitu teks yang berbentuk interaksi sosial, yang fungsinya untuk mencari atau mendapatkan kesepakatan antara kedua belah pihak dengan kepentingan yang berbeda.
  3. Menurut Lumumba, teks negosiasi merupakan sebuah proses yang sifatnya kompleks serta harus ada kegiatan di dalamnya. Kegiatan atau aktivitas yang ada dalam pembuatan teks negosiasi ini harus melibatkan kedua belah pihak, baik secara individual maupun kolektif.

Sayangnya para ahli tak menjelaskan pula seperti apa struktur teks negosiasi yang baik dan benar. Sehingga pernyataan di atas perlu kita rangkum untuk mendapatkan arti secara umum. Teks negosiasi adalah penyelesaian sebuah kepentingan secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersangkutan. Setiap pihak berusaha menyelesaikan perbedaan dengan cara berdialog dan tidak akan merugikan salah satu pihak.

Baca juga: Teks Persuasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Selain itu menurut KBBI teks negosiasi adalah bentuk tertulis proses tawar menawar yang dilakukan melalui cara berunding. Tujuannya untuk memberikan atau menerima untuk tercapainya sebuah keputusan bersamadari satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Ciri ciri negosiasi paling utama yakni mampu mencari penyelesaian dan menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan. Tujuan dilakukannya negosiasi untuk mendapatkan kata “sepakat”.

Struktur Teks Negosiasi

Tak semua siswa mampu ketika diminta sebutkan struktur teks negosiasi dengan benar. Padahal lewat struktur inilah kita bisa menciptakan bacaan yang mudah dipahami dan sesuai aspeknya. Meski materi tersebut sudah disampaikan oleh guru tapi faktanya masih banyak siswa yang mempertanyakan apa saja struktur yang membentuk teks satu ini.

Dari masalah itulah akhirnya saya tergerak untuk kembali membahas struktur teks negosiasi pada penjelasan di bawah:

Orientasi: Orientasi disini adalah sebuah kalimat pembukaan maupun awalan untuk memulai percakapan dalam sebuah negosiasi. Pada umumnya seperti: salam, sapa dan lainnya.

Permintaan: Dari pihak yang ingin mengetahui sehingga menanyakan suatu barang ataupun permasalahan yang sedang dihadapi.

Pemenuhan: Dari Pihak yang terkait dengan pihak perminta, disini bertugas memberitahukan mengenai barang maupun obyek yang diinginkan atau membantu permasalahan yang dihadapi.

Penawaran: Sebuah klimaks atau disebut dengan puncak atas negosiasi karena terjadinya proses tawar menawar antar pihak. Tujuannya tak lain agar tercapainya sebuah kesepakatan dimana menguntungkan satu sama lain.

Persetujuan: Kesepakatan atas hasil penawaran atau negosiasi antara kedua belah pihak tersebut.

Pembelian: Terjadinya suatu transaksi jual beli antara pihak yang berkaitan.

Penutup: dalam kalimat penutup ini mengakhiri sebuah percakapan antara kedua pihak agar menyelesaikan suatu proses interaksi didalam negosiasi.

Meski demikian, struktur teks negosiasi terkadang juga bisa bersifat fleksibel dan mengabaikan beberapa aspek. Misalnya pada sebuah perundingan sederhana kalian dapat merangkumnya menjadi 3 sesi saja. Diantaranya adalah:

  1. Pembuka : Salam pembuka dan permasalahan yang akan dinegosiasikan
  2. Isi : Proses negosiasi antara pihak-pihak yang berkepentingan
  3. Penutup : Hasil negosiasi dan salam penutup

Berikut diatas adalah struktur dari teks negosiasi dalam teks negosiasi kaidah kebahasaan juga berbeda dengan teks lainnya mari kita bahas satu persatu dari kebahasaan tekss negosiasi ini.

Kaidah kebahasaan Teks Negosiasi

Teks negosiasi digunakan untuk mencari sebuah solusi antar pihak yang berkepentingan untuk mencapai keputusan atau kesepakatan saling menguntungkan. Teks negosiasi sendiri memiliki kaidah kebahasaan yang berbeda dengan teks lainnya, mari kita pelajari struktur dan juga kebahasaan dalam teks negosiasi.

Kaidah kebahasaan teks negosiasi
Kaidah kebahasaan teks negosiasi

Bahasa Persuasif: Persuasif merupakan suatu bahasa yang digunakan untuk membujuk ataupun menarik perhatian. Contoh kalimatnya “Bagus itu, Mi. Sangat pantas baju itu untuk dipakai ke acara formal ataupun non formal.”

Kalimat Deklaratif: Deklaratif merujuk suatu kalimat yang disampaikan dalam bentuk isi pernyataan, yang berfungsi agar memberikan informasi maupun berita mengenai hal sesuatu.

Kesantunan Bahasa: Nah, di samping mempunyai kalimat tersendiri, di dalam teks ini menggunakan bahasa yang santun antara kedua belah pihak. Hal ini disebabkan agar terjadi komunikasi yang baik demi mencapai negosiasi yang sukses. Penggunaan kesatuan bahasa yang baik dan benar tentu harus sejalan dengan struktur teks negosiasi seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Menggunakan Konjungsi: Kaidah kebahasaan teks negosiasi selanjutnya yakni menggunakan kata penghubung. contoh : kalau, begitu, meskipun, walaupun, dan lainnya.

Kalimat Efektif Kalimat: efektif artinya suatu kalimat yang padat, singkat, jelas, lengkap, serta dapat menyampaikan informasi secara tepat. Jelas maksudnya agar mudah dipahami baik si pendengar atau pembaca, sedangkan tepat maksudnya dapat sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku tersebut.

Berisi Pasangan Tuturan: Tuturan ialah sebuah kalimat yang diutarakan oleh seseorang untuk menyampaikan maksud maupun tujuan tertentu. Hal ini merupakan bentuk komunikasi secara lisan seseorang kepada mitra tutur pada kehidupan sehari-hari. Di dalam sebuah teks negosiasi tuturan berupa dialog yang artinya dilakukan oleh dua orang maupun lebih.

Contoh Teks Negosiasi

Contoh teks negosiasi sendiri bisa kita jumpai dengan mudah hampir setiap hari di tengah masyarakat. Namun beberapa siswa justru tak menyadarinya karena kurang memahami materi. Setelah membaca kaidah kebahasaan dan struktur teks neogisasi di atas saya harap bisa menambah wawasan kalian.

Pada sesi ini saya ingin memberikan beberapa contoh bacaan yang topiknya mengarah pada negosiasi jual beli ataupun kerjasama. Untuk lebih jelasnya simaklah pembahasan berikut:

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

Orientasi
Anak: “Bapak sama Ibu lagi sibuk enggak?”
Ibu: “Ibu lagi santai aja.”
Bapak: “Lagi santai juga nih, memangnya kenapa?”

Pengajuan
Anak: “Gini, Pak, besok kan aku les, kalau habis pulang les boleh langsung main?”
Bapak: “Memangnya kamu enggak ada PR dari sekolah?”
Anak: “Ada, Pak, tapi sudah dikerjakan.”

Penawaran
Bapak: “Mau pergi ke mana? Jauh ya?”
Anak: “Dekat kok. Cuma main ke rumah teman aja, Pak.”
Ibu: “Kamu main sama siapa aja?”
Anak: “Putri, Dinda, sama Vina, Bu.”
Ibu: “Gimana, Pak, Dea boleh main sama temannya enggak?”
Anak: “Gimana Pak, Dea boleh main sama temen Dea kan?”
Bapak: “Iya, kamu boleh main sama teman kamu, tapi ingat pulangnya jangan malam-malam.”
Anak: “Oke, Pak. Nanti Dea pulangnya enggak sampai malam.”

Persetujuan
Bapak: “Ingat ya, boleh main, tapi jangan malam-malam.”
Ibu: “Kalau main jangan sampai lupa makan.”
Anak: “Oke, Pak. Oke, Bu.”

Penutup
Bapak: “Dea, kamu enggak tidur?”
Anak: “Iya, Pak, ini aku mau ke kamar langsung tidur. Selamat malam.”
Bapak: “Selamat malam.”
Ibu: “Selamat tidur.”

Contoh Teks Negosiasi Kerja Sama

Orientasi
Pihak bank: “Selamat siang, Pak. Silakan duduk!”
Pengusah : “Selamat siang. Ya, terima kasih.” (Pengusaha lalu duduk)

Pengajuan
Pengusaha: “Begini, Bu. Saya mempunyai usaha furnitur. Saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang.”
Pihak bank: “Bisa saya lihat proposalnya.”
Pengusaha: “Silakan, Bu!” (Pihak bank membaca dan mempelajari proposal)

Penawaran
Pengusaha: “Usaha ini sudah turun-temurun dari kakek saya. Saya berencana memperluas penjualan sampai luar negeri karena sudah ada permintaan dari luar negeri.”
Pihak Bank: “Begini, Pak. Untuk proposal ini tidak ada masalah, cuma untuk Rp800 juta kami dari pihak bank tidak bisa memenuhinya. Pihak bank hanya sanggup memenuhi Rp500 juta dengan bunga lima persen.”
Pengusaha: “Tidak bisa tambah, Bu? Saya yakin usaha ini akan sangat sukses.”
Pihak Bank: “Mungkin jika tambah sedikit bisa.”
Pengusaha: “Jika Rp700 juta bagaimana, Bu?”
Pihak Bank: “Maaf Pak, kami maksimal hanya mampu menyediakan Rp650 juta.”

Persetujuan
Pengusaha: “Baiklah, Bu, Rp650 juta tidak apa-apa.”
Pihak Bank: “Silakan Pak menunggu sebentar.” (Pengusaha menunggu beberapa menit)

Penutup
Pihak Bank: “Ini Pak uangnya Rp650 juta dengan bunga lima persen. Silakan dihitung.”
Pengusahan: ‘Iya, Mbak. Terima kasih. Selamat siang.”
Pihak Bank: “Selamat siang.”

Setelah membaca penjelasan diatas mengenai pengertian, struktur dan juga kaidah kebahasaan teks negosiasi di atas. Saya berharap kalian sudah menguasai materi dan mampu menulis contoh teks negosiasi dengan baik. Pada dasarnya jenis teks satu ini bertujuan untuk tawar menawar agar mencapai kepurusan bersama. Ketika kalian hendak menulis alangkah baiknya memperhatikan beberapa aspek seperti yang sudah saya terangkan pada penjelasan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here