Pelaku Ekonomi: Pengertian, Jenis, Peran, dan Contohnya

Pelaku Ekonomi: Pengertian, Jenis, Peran, dan Contohnya – pasti kalian sudah tau jika manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan butuh bantuan dari manusia lain. Manusia tidak bisa menghasilkan sumber pangan sendiri. Banyak manusia yang saling ketergantungan karena setiap manusia membutuhkan kebutuhan untu bertahan hidup.

Individu tersebut belum tentu mampu memenuhi kebutuhannya jadi Salah satu cara memenuhi kebutuhan dan mendapatkan sumber pangan adalah dengan membeli produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh orang lain.

pelaku ekonomi
pelaku ekonomi

Dalam ekonomi yang menyediakan barang dan jasa disebut sebagai produsen sedangkan orang yang memakai barang atau jasa disebut dengan komsumen. Kegiatan produsen dilakukan atas dasar kebutuhan konsumen atau faktor produksi lainnya.

Setelah produk selesai diproduksi, supaya barang sampai ke tangan konsumen, jasa yang dibutuhkan selanjutnya adalah distribusi. Dostribusi adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Pelaku Ekonomi: Pengertian, Jenis, Peran, dan Contohnya

Nah dari para produsen, konsumen dan juga distributor inilah yang disebut dengan pelaku ekonomi. Berkat pelaku ekonomi inilah yang akhirnya menciptakan interaksi atau transaksi jual beli dari kebutuhuan seseorang, yang kemudian melahirkan istilah perekonomian. Jadi yang termasuk dalam pelaku ekonomi tidak hanya berbentuk individu atau perorangan, tetapi juga termasuk organisasi yang melakukan kegiatan distribusi, produksi maupun konsumsi.

Pengertian pelaku ekonomi adalah siapa saja baik individu atau lembaga yang terlibat dalam kegiatan ekonomi yang terjadi di sekitar kita. Kegiatan ekonomi ini berkutat pada produksi barang, distribusi, serta konsumsi. Masing-masing dari kegiatan ini punya pelakunya sendiri yang berhubungan satu sama lain alias sulit untuk dipisahkan.

Apa Itu Pelaku Ekonomi

Sebelum kita bahas tentang pelaku ekonomi lebih baik kita bahas terlebih dahulu pengertian dari perekonomian itu sendiri. Perekonomian adalah aturan yang mengatur tindakan dan cara mengelola ekonomi dalam rumah tangga. Dimana aturan yang dimaksudkan yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Perekonomian juga dapat diartikan sebagai upaya perekonomian rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain meningkatkan perekonomian masyarakat, kebutuhan masyarakat juga untuk mengatur perekonomian rumah tangga agar terpenuhi.

Sedangkan pengertian dari pelaku ekonomi adalah siapa saja baik individu atau lembaga yang terlibat dalam kegiatan ekonomi yang terjadi di sekitar kita. Kegiatan ekonomi ini berkutat pada produksi barang, distribusi, serta konsumsi. Masing-masing dari kegiatan ini punya pelakunya sendiri yang berhubungan satu sama lain alias sulit untuk dipisahkan.

Jenis dan Contoh Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi sendiri dibagi menjadi 4 yaitu rumah tangga, masyarakat, perusahaan dan pemerintahan, berikut mari kita bahas satu persatu jenis dari pelaku ekonomi tersebut.

Rumah Tangga

Rumah tangga merupakan lingkung terkecil dalam ekonomi. Tetapi rumah tangga yang menjadi masyarakat luas. Rumah tangga sendiri memiliki 2 peran yaitu sebagai pelaku produsen dan juga konsumen. Usaha yang dapat dijalankan dalam rumah tangga yaitu UMKM.

Sedangkan dari sisi konsumem rumah tangga merupakan konsumen yang sangat berperab penting dalam ekonomi karena yang paling banyak menfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari baik barang maupun jasa. Contohnya ; tenaga kerja, tanah atau lahan, bahan baku, modal, dan juga wirausaha.

Masyarakat

Peran masyarakat sangat penting dalam kegiatan ekonomibaik konsumsi, distribusi mauoun konsumsi. Contohnya: masyarakat sebagai pengguna produk umum seperti jalan raya, sekolah dll.

Perusahaan

Perusahaan disini termasuk pelaku ekonomi yang berperan sebagai produsen, distributor dan juga konsumen. Karena perusahaan biasanya yang menghasilkan barang maupun jasa tetapi juga sebagai konsumen untuk mendukung dari usaha perusahaan tersebut.

Contohnya : menentukan barang atau jasa ang akan diproduksi, menentukan proses pengelolaan produksi barang atau jasa tersebut, membuka cabang perusahaan, membuat kegiatan dan promosi, mengadakan kegiatan perdagangan.

Pemerintah

Pemerintah bertugas sebagai yang membuat berbagai kebijakan yang menguntungkan bagi pelaku ekonomi baik bagi produsen, konsumen dan juga distributor. Peran pemerintah ini untuk mengendalikan ekonomi dan untuk mensejahterakan warga negaranya. Contohnya: membeli peralatan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan juga membangun sarana prasarana yang ada.

Peran Ekonomi Pelaku

Mari kiat pahami lagi mengenai peran pelaku ekonomi yang ada di sekitar kita. Peran ekonomi sebagai berikut :

  • Peran rumah tangga konsumen dan kegiatannya.
  • Peran rumah tangga pemerintah dan kegiatannya.
  • Peran rumah tangga luar negeri dan kegiatannya.

Peran rumah tangga produsen dan kegiatannya

Ada dua peran yang dilakukan oleh rumah tangga keluarga yaitu:

  1. Sebagai konsumen: Rumah tangga keluarga membeli barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Sebagai penyedia faktor produksi: Pelaku ekonomi yang berada di ranah rumah tangga produksi menjalankan kegiatan produksi barang atau jasa yang nanti ditawarkan pada rumah tangga keluarga atau konsumen. Memanfaatkan faktor produksi dengan melihat kebutuhan konsumen terlebih dulu. Artinya barang dan jasa yang dibuat pun asal produksi.

Peran rumah tangga konsumen dan kegiatannya

Peran rumah tangga ini adalah sebgai Menerima barang atau jasa yang diperlukannya untuk kegiatan harian.

Baca juga: Satu Galon Berapa Liter? Jawaban dan Cara Menghitung

Peran rumah tangga pemerintah dan kegiatannya

pemerintah yang berkaitan dengan perlindungan konsumen. Konsumen juga berhak untuk mendapatkannya. Melancarkan perputaran barang dan jasa untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Pemerintah juga menjadi pelaku penting di kegiatan ekonomi.

Tanpa ada pemerintah yang melakukan interupsi, pasti hubungan konsumen dan produsen tidak sesolid sekarang. Mengeluarkan berbagai kebijakan yang mampu membantu mengentaskan permasalahan ekonomi.

Peran rumah tangga luar negeri beserta kegiatannya

Memesan produksi dalam negeri untuk kebutuhan negaranya sendir, Menyediakan barang yang dijual di Indonesia yang menjadi barang impor, Berinvestasi di bidang produksi Indonesia. Hal itu pun bisa menghasilkan manfaat yang banyak seperti meningkatkan produksi, menyerap tenaga kerja dalam jumlah lebih besar, dan meningkatkan potensi ekonomi dalam negeri, Menghubungkan pasar uang dari dalam ke luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here