Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi

Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi – Surat biasanya digunakan untuk sarana komunikasi. Surat tersebut dapat dikirimkan untuk orang tua, teman, perusahaan dan sebagainya. Maka dari itu surat dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah surat pribadi. Surat pribadi memang mengandung ungkapan perasaan penulis untuk disampaikan kepda pembacanya. Apa pengertian surat pribadi itu? Secara umum, surat pribadi adalah sehelai kertas atau lebih yang dimanfaatkan untuk alat komunikasi tertulis dari pihak yang satu ke pihak lainnya mengenai pernyataan atau informasi tertentu.

Informasi yang ingin disampaikan oleh surat pribadi tersebut biasanya berupa permintaan, pemberitahuan, sanggahan, pernyataan, laporan, pemikiran, pertanyaan, dan lain lain. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi haruslah sopan, rapi, tertulis, baik, indah, dan ramah tamah. Surat pribadi memang sering digunakan dalam unsur perkenalan, kekeluargaan, dan persahabatan. Lantas apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi?

Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi
Menulis Surat Pribadi

Surat pribadi dapat disebut juga dengan surat tidak resmi. Dalam surat resmi sendiri kita dapat menemukan jenis jenis surat lainnya seperti surat lamaran kerja ataupun surat permohonan. Surat pribadi memang identik dengan surat berisi hal hal yang pribadi untuk diberikan kepada orang lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi

Surat pribadi memang bersifat personal atau tidak resmi karena isinya bebas atau masalah pribadi serta menggunakan bahasa sehari hari. Isi dari surat pribadi tentunya beraneka ragam seperti mengirimkan undangan, ungkapan perasaan karena sudah lama tidak bertemu, dan kabar dirinya sendiri untuk orang lain. Surat pribadi ini memiliki perbedaan dengan surat resmi, baik dari segi struktur, isi, maupun bahasa yang digunakan.

Seperti yang kita tahu bahwa seseorang menulis surat pribadi dikarenakan adanya alasan masing masing orang. Alasan dan tujuan dari setiap orang tersebut dituangkan dalam surat pribadi ini. Seseorang menulis atau mengirimkan surat kepada orang lain memang didasarkan pada latar belakang yang berbeda beda.

Surat pribadi pada dasarnya telah diajarkan ketika dibangku sekolah. Materi ini bahkan dijadikan sebagai bahan soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu meliputi:

Apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi?

Jawaban.
Menulis surat pribadi memiliki alasan atau tujuan yang berkaitan dengan masalah pribadi seperti menanyakan kabar, mengucapkan belasungkawa, mengucapkan terima kasih, permohonan maaf, ataupun pemberitahuan akan berkunjung.

Seperti yang kita tahu bahwa bahasa yang digunakan dalam surat pribadi memang personal atau tidak resmi dan tidak ada pola khusus di dalamnya sehingga lebih mudah menulisnya daripada menulis surat pribadi. Kita memang harus memperhatikan beberapa hal penting ketika menulis surat pribadi seperti tata etika dan sopan santun, terutama jika surat tersebut dikirimkan untuk orang yang lebih dewasa ataupun orang yang baru dikenal.

Dari sini kita tahu apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi itu. Surat pribadi merupakan jenis surat tertulis yang digunakan untuk melakukan komunikasi kepada orang lain dengan bahasa yang tidak resmi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here