Apa itu Kalimat Simpleks, Ciri Ciri, dan Contohnya

Apa itu Kalimat Simpleks, Ciri Ciri, dan Contohnya – Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kalian akan menemukan banyak sekali jenis kalimat, kalimat satu dengan yang lainnya pasti memiliki banyak perbedaan dari segi pengertian, ciri ciri dan juga fungsinya. Nah, salah satu jenis kalimat adalah kalimat simpleks, pernahkah kalian mendengar kalimat simpleks?

Kalimat simplek ini biasa disebut dengan kalimat tunggal yang artinya yaitu kalimat yang hanya terdiri atas satu klausa atau satu struktur predikat. Jika kalian masih asing dengan kalimat simplek pada pembelajaran Bahasa indonesa guru kalian akan mengenalkan apa itu kalimat simplek.

apa itu kalimat simpleks
Apa Itu kalimat Simpleks

Di jenjang sekolah guru kalian akan mengajarkan kepada kalian bagaimana Menyusun kalimat yang baik dan benar dengan kalimat simpleks. Karena pada dasarnya dalam kehidupan sehari hari kalian akan berinteraksi dengan banyak orang baik dengan individu maupun kelompok.

Untuk menjalin suatu hubungan yang lebih baik dan akrab yaitu berkomunikasi dengan cara komunikasi secara lisan maupun tulisan dengan kalimat yang baik dan benar. kalimat simpleks ini sama saja dengan kalimat tunggal yang mempunyai satu S (subyek)-P (predikat)-O (obyek)-K (keteragan).

Apa itu Kalimat Simpleks, Ciri Ciri, dan Contohnya

Kalimat simpleks adalah salah satu materi dasar yang dapat kita jumpai saat masuk bangku sekolah menengah. Lebih tepatnya di kelas 8 dan 11 guru akan menjelaskan apa yang dimaksud kalimat simpleks secara lengkap. Selain dari guru, siswa pun dituntut harus mempelajari keseluruhan materi yang ada di buku pedoman bahasa.

Perbedaan kalimat simpleks dan kompleks pun cukup jelas sehingga kita bisa menganalisanya dengan mudah. Meski sudah mendapat pembelakan sebanyak itu tapi faktanya tak semua mampu mengidentifikasi ciri ciri kalimat simpleks. Padahal sedikit banyak jenis kalimat tersebut pasti akan muncul menjadi soal untuk ujian sekolah ataupun sekedar ulangan harian.

Perintah “temukan contoh kalimat simpleks dalam teks di atas” menjadi salah satu model soal yang cukup menyulitkan. Tak jarang siswa salah menjawab karena kurang memahami seperti apa ciri ciri dan strukturnya. Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan belajar tentang apa itu kalimat simpleks beserta semua aspeknya.

Apa itu Kalimat Simpleks

Apa yang dimaksud kalimat simpleks bahasa indonesia? tak semua orang mengetahui pengertiannya. Padahal dari definisi tersebut kita bisa mengetahui seperti apa konsepnya. Maka dari itu mari kita fokuskan pembahasan pertama hanya pada pengertian saja.

Kalimat simpleks adalah jenis kalimat yang terdiri hanya dari satu klausa atau satu struktur predikat saja. Dengan kata lain kita dapat mengartikannya pula sebagai kalimat bentuk tunggal. Unsur inti (komponen inti) dalam satu kalimat simpleks hanya berisi satu informasi, yang ditandai dengan adanya fungsi predikat.

Dalam kalimat simpleks, terdapat semua unsur wajib (utama) yang diperlukan. Unsur wajib itu seperti subjek dan predikat serta objek, pelengkap, dan keterangan. Sementara unsur mana suka merupakan unsur yang tidak wajib, seperti keterangan tempat, keterangan waktu, dan atau keterangan alat dapat muncul dalam kalimat simpleks.

Ciri Ciri Kalimat Simpleks

Kalimat sudah menjadi salah satu aspek kebahasaan yang melekat pada kehidupan sehari-hari manusia. Tanpa adanya penyusunan kalimat yang jelas maka pesan atau gagasan pun tidak akan tersampaikan dengan baik. Nah, berdasarkan susunan serta tingkat kerumitannya kalimat bisa dibagi menjadi dua yakni simpleks dan kompleks.

Dari pengertian di atas sebenarnya kita bisa menarik kesimpulan seperti apa ciri ciri kalimat simpleks. Di dalam satu struktur predikat kalimat simpleks dapat berupa:

  • Subjek dan Predikat (S-P)
  • Subjek, Predikat, dan Objek (S-P-O)
  • Subjek, Predikat, dan Pelengkap (S-PPel)
  • Subjek, Predikat, Objek, dan Pelengkap (S-P-O-Pel)
  • Subjek, predikat, dan Keterangan (S-P-K)
  • Predikat (P).

Struktur Kalimat Simpleks

Mengetahui struktur kalimat juga tak kalah penting untuk menambah pemahaman. Lewat struktur tersebut sebuah kalimat bisa terdengar jelas dan tersampaikan maknanya. Tapi sayangnya tak semua siswa tau struktur ataupun ciri ciri kalimat simpleks tersebut. Oleh karenanya, kita akan melanjutkan pembahasan dengan belajar struktur di bawah:

  1. Struktur kalimat simpleks sederhana dan tidak menggunakan kata penghubung atau konjungsi.
  2. Gabungan dari beberapa kalimat simpleks atau klausa.
  3. Dalam satu kalimat terdapat dua subjek dan predikat.
  4. Kalimat simpleks tidak ada kata penghubung.
  5. Struktur kalimatnya sangat sederhana.
  6. Memiliki satu aksi saja.
  7. Memiliki satu proses utama
  8. Merupakan kalimat tunggal.

Ada satu lagi struktur kalimat simpleks yang wajib kalian tau. Yakni hubungan antara klausa utama dan klausa subordinatif ditandai dengan penggunaan konjungsi subordinatif. Misalnya sejak, ketika, sambil, selama, setelah, sebelum, selesai, asalkan, apabila, dan lain-lain.

Contoh Kalimat Simpleks

nah, bagamana menurut kalian setelah membaca pengertian dan ciri dari kalimat simpleks apakah kalian sudah bisa membuat contohnya ? agar kalian tidak bingung lagi mari kita simak beberapa contoh dari kalimat simpleks dibawah ini.

  1. Ayahnya (S) Guru SMA (P)
  2. Andika (S) melihat (P) pemandangan alam (O)
  3. Orang itu (S) guru kami (P)
  4. Kartini (S) sedang membuat (P) surat jawaban (O)
  5. Kepakaran Teguh (S) diakui (P)banyak orang (Pel)
  6. Sulaeman (S) mengajari (P) anaknya (O) melukis (Pel)
  7. Ayah dam paman (S) mengalami (P) kecelakaan (O) tadi malam (Ket. Waktu)
  8. Alya (S) memarahi (P) Santi dan Reno (O) kemarin (ket. Waktu)
  9. Ali dan Andi (S) mengejar (P) perampok itu (O) di depan sekolah (Ket. tempat).
  10. Tina (S) menyalakan (P) lampu (O) di belakang rumah (Ket. tempat).
  11. Ibu dan adik (S) mengambil (P) sembako dan kebutuhan rumah tangga (O) di kantor kelurahan (Ket. tempat).
  12. Adik (S) memecahkan (P) gelas itu (O) tadi pagi (Ket. waktu).
  13. Kristin (S) memberikan (P) uang (O) kepada adiknya (Ket. tujuan).
  14. Polisi itu (S) mengejar (P) gerombolan pencuri (O) seharian (Ket. waktu).
  15. Saya (S) meraih (P) peringkat pertama (O) di sekolah (Ket. tempat).

Diatas adalah beberapa contoh dari kalimat simpleks. Bagaimana apakah kalian sudah bisa membuat kalimat simpleks ? pada dasarnya kalimat simpleks ini biasa terdapat pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kalimat simplek sendiri merupakan kalimat tunggal yang terdiri atas satu verba utama atau satu klausa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here