Apa Itu Kalimat Kompleks, Ciri Ciri, dan Contohnya

Apa Itu Kalimat Kompleks, Ciri Ciri, dan Contohnya – Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sangat identik dengan yang Namanya kalimat. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat, apasih sebenarnya arti dari kalimat itu? kalimat adalah suatu kesatuan Bahasa yang berupa kata atau sebuah rangkaian kata yang dapat beridi sendiri dan menyatakan arti yang lengkap.

Apa itu kalimat kompleks
Apa itu kalimat kompleks

Ada banyak jenis kalimat dan salah satunya adalah kalimat kompleks kalimat ini merupakan salah satu kalimat yang sering di pelajari dalam kaidah Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Indonesia sendiri kalimat kompleks sering disebut dengan kalimat majemuk bertingkat. Mengapa demikian? karena ada satu klausa yang berkedudukan sebagai klausa utama.

Apakah itu klausa? klausa adalah satuan sintaksis berupa runtutan kata-kata berkonstruksi predikatif. Artinya, di dalam konstruksi itu ada komponen, berupa kata atau frasa yang berfungsi sebagai predikat. Sedang lainnya berfungsi sebagai subjek, sebagai objek, dan berfungsi sebagai keterangan. Selain fungsi predikat yang harus ada dalam konstruksi klausa ini, fungsi subjek boleh dikatakan bersifat wajib, sedangkan yang lainnya bersifat tidak wajib.

Contents

Apa Itu Kalimat Kompleks, Ciri Ciri, dan Contohnya

Jadi, berdasarkan definisi di atas dapat dijabarkan bahwa klausa adalah unsur segmental kalimat yang mengandung fungsi S dan P atau P saja. Tetapi tidak memiliki intonasi final, baik berupa intonasi deklaratif, intonasi interogatif, intonasi imperatif, maupun intonasi interjektif. Oleh karena itu diawali dengan huruf besar dan tidak diakhiri dengan tanda baca titik, tanya, atau seru.

Ciri ciri kalimat kompleks sendiri sudah mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku SMA. Meski tergolong materi yang sederhana tapi faktanya masih banyak siswa kesulitan membedakan pengertian kalimat kompleks dan simpleks. Selain dari penjelasan guru, siswa pun dapat menambah refernsi dengan belajar mandiri dari buku pedoman bahasa.

Agar kalian lebih paham lagi tentang jenis kalimat bahasa indonesia berdasarkan strukturnya. Maka artikel kali ini akan membahas berbagai contoh kalimat kompleks lengkap dengan definisi dan ciri cirinya. Penasaran seperti apa materinya? simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Apa itu Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks disebut juga dengan kalimat majemuk. Pada umumnya pengertian kalimat kompleks adalah kalimat yang mempunyai makna yang lebih dari satu peristiwa. Dengan kata lain, kalimat ini mempunyai lebih dari satu verba utama atau predikat karena mempunyai 2 aksi, kejadian, atau peristiwa.

Kedua struktur tersebut biasanya dipisahkan oleh koma, konjungsi, atau bahkan tidak mempunyai tanda atau konjungsi sama sekali. Kalimat kompleks mempunyai 2 struktur yang saling terpisah dengan konjungsi ataupun koma. Pada proses utama dalam kalimat kompleks jumlahnya lebih dari satu.

Kita bisa menjumpai contohnya dalam kalimat spok yang notabenya merangkap semua struktur. Tanpa sadar bahkan kita sering mengucapkan contoh kalimat kompleks dalam keseharian. Entah itu saat di sekolah, berbincang bersama rekan, atau dengan orang tua di rumah.

Ciri Ciri Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks memiliki dua klausa, yakni klausa utama (induk kalimat) dan klausa penghubung (anak kalimat), klausa utama dapat berdiri sendiri sebagai kalimat sementara klausa penghubung tidak dapat berdiri sebagai kalimat dikarenakan klausa penghubung berfungsi sebagai keterangan pada sebuah kalimat.

Gabungan tersebut memakai konjungsi eksternal. Konjungsi eksternal ialah sebuah kata yang dipakai untuk menggabungkan satu kalimat dengan kalimat lain. Kalimat simpleks ini dapat dipisahkan menggunakan tanda koma “,” ; konjungsi atau kata penghubung ataupun tidak menggunakan pemisah sama sekali antar klausanya.

Di bawah ini beberapa ciri ciri dari kalimat kompleks sebagai berikut:

  1. Kalimat kompleks memiliki (minimal) 2 peristiwa/proses. Kalimat kompleks harus mempunyai minimal dua peristiwa atau klausa atau proses, bahkan lebih dari dua dalam satu kalimat.
  2. Gabungan dari beberapa kalimat simpleks atau klausa. Untuk menggabungkannya menggunakan kata gabung yang sudah ditentukan atau dipisahkan dengan tanda koma.
  3. Struktur kalimatnya dipisahkan dengan tanda penghubung. Terdiri dari 2 buah subjek dan predikat.

Contoh Kalimat Kompleks

Dibawah ini akan kami sajikan beberapa contoh dari kalimat komplek yang bisa kalian jadikan sebagai referensi:

  1. Bong mengomentaribahwatadi ia tertidur di taksidaningin melanjutkan
  2. Aku tentu saja tidak mengirabahwaharganya semahal itu,tetapimemang pada waktu itu anggrek jenis itu merupakan penemuan baru.
  3. Aku terus terdiamhinggagelombang-gelombang kecil itu menghilangdan kembali tenang.
  4. bu membimbing Ruthagartetap tenangdanterus membacakan doa.
  5. Semua itu disebabkan hilangnya pemimpin yang amanah, visioner, serta kompeten sehingga republik ini menjadi karut marut dan sangat memprihatinkan
  6. Keka marah dan menjelaskan bahwa ia bukan pembelanya.
  7. Kami akan segera pindah rumah dengan segera, jika suamiku sudah mendapatkan pekerjaan yang tetap
  8. Tita sudah beranjak dewasa saat ini sehingga dia mampu mengambil keputusan dengan bijak
  9. Rina tidak pernah menegur maupun berbicara sepatah katapun dengan orang yang tidak dikenalnya
  10. Rudi bermain gitar di halaman sedangkan adik mengerjakan tugasnya di kamarnya.
  11. Hujan turun dengan deras ketika Siti sedang menjemur pakaian di halaman

Itulah pembahasan materi singkat dari kalimat mompleks beserta lengkap dengan contohnya. Kalimat kompleks memiliki dua klausa, yakni klausa utama (induk kalimat) dan klausa penghubung (anak kalimat), klausa utama dapat berdiri sendiri sebagai kalimat sementara klausa penghubung tidak dapat berdiri sebagai kalimat dikarenakan klausa penghubung berfungsi sebagai keterangan pada sebuah kalimat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here