Sebutkan Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal

Sebutkan Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal – Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita sering menggunakan tekanan zat cair. Hal seperti ini sering dikenal dengan nama hukum pascal. Zat cair tersebut diberikan tekanan pada ruang tertutup hingga diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama. Biasanya hukum pascal ini banyak digunakan dalam pembuatan mesin. Dengan adanya mesin ini, gaya kecil yang terdapat didalamnya dapat diubah menjadi gaya besar.

Selain itu mesin yang menggunakan penerapan hukum pascal juga dapat digunakan untuk mengangkat benda berat menggunakan gaya kecil sehingga besarnya gaya tersebut lebih kecil dibandingkan berat bendanya. Lantas sebutkan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal itu? Apa yang dimaksud hukum pascal? Bagaimana bunyi hukum pascal?

Pertama kali Blaise Pascal menemukan hukum pascal ini pada tanggal 19 Agustus 1623 di Perancis. Blaise sejak kecil sering sakit sakitan sehingga dirinya tidak sekolah. Namun dirumah Blaise tetap tekun belajar. Ketika Blaise Pascal berusia 16 tahun, ia bisa menulis buku kecil tentang kerucut. Maka dari itulah ketika usianya 18 tahun, Pascal dapat menciptakan kalkulator digital yang pertama di dunia. Dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan jawaban tentang sebutkan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebutkan Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal

Seperti yang kita tahu bahwa Blaise Pascal adalah ahli Fisika yang menemukan alat suntik, hukum pascal dan lain sebagainya. Pascal ini melakukan penemuan yang diawali dengan tekanan zat cair melalui percobaan Torricelli sampai pada akhirnya hukum tekanan pada zat cair ini ditemukan. Hukum tersebut dikenal dengan nama hukum pascal.

Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal
Contoh Penerapan Hukum Pascal

Apa itu hukum pascal? Pengertian hukum pascal tersebut telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Mengingat kembali definisi hukum pascal adalah hukum Fisika yang berisi pernyataan tentang pemberian tekanan pada cairan di ruang tertutup hingga diteruskan menuju semua arah dengan besar sama. Hukum pascal tersebut memang berhubungan dengan tekanan dalam cairan. Hukum pascal ini dapat dikembangkan lebih awal oleh Fisikawan sekaligus Matematikawan bernama Blaise Pascal tersebut. Lantas apa saja alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah?

Hukum pascal memiliki bunyi seperti di bawah ini:

“Zat cair yang diberikan tekanan dalam ruang tertutup akan diteruskan pada zat cair menuju segala arah dengan besar yang sama”

Berdasarkan bunyi hukum pascal di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa rumus hukum pascal secara sistematis dapat dibentuk seperti berikut:

F1/A1 = F2/A2

Keterangan :
F1 = Gaya penampang A1 (N)
A1 = Luas penampang 1 (m²)
F2 = Gaya penampang A2 (N)
A2 = luas penampang 2 (m²)

Materi hukum pascal tersebut dapat kita pahami setelah mempelajari tentang pengertian Tekanan Hidrostatis, rumus, dan contoh soalnya. Kedua materi tersebut saling berhubungan, tetapi penjelasan di dalamnya tidak sama atau berbeda. Seperti yang kita tahu bahwa hukum pascal banyak digunakan pada peralatan hidrolik, terutama mobil seperti pada dongkrak hidrolik dan rem hidrolik. Kedua benda ini adalah contoh alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal.

Penerapan hukum pascal tersebut dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Selain itu penerapan hukum tersebut juga terdapat dalam soal soal ujian. Soal tersebut biasanya berbunyi seperti di bawah:

Sebutkan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal? Bagaimana mekanisme kerjanya?

Jawaban dari pernyataan di atas:
Alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah rem hidrolik dan dongkrak hidrolik. Kedua benda ini memiliki mekanisme kerja yaitu menggunakan perbedaan gaya dan luas penampang di dalamnya. Gaya yang diberikan pada salah satu sisi memiliki luas penampang yang kecil, kemudian gaya yang dihasilkan lebih besar pada sisi lainnya sehingga lebih besar pula luas penampangnya.

Hukum pascal ini berisi tentang kondisi fluida yang diam karena peletakkannya di dalam wadah. Kemudian fluida ini diberikan tekanan ke segala arah. Fluida yang letaknya di dalam kondisi diam dinamakan dengan fluida statis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here