Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan

Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan – Ada banyak sekali jenis karya seni yang dipelajari di sekolah. Salah satu indikator tercapainya kompetensi yakni memahami materi seni patung. Metode pembuatan secara aditif dan substraktif membuatnya cukup fleksibel dari segi komposisi maupun bahan. Metode substraktif adalah metode yang pelaksanaanya menggunakan bahan yang dikurangi seperti dipotong, dicungkil, atau dipahat. Sedangkan aditif merupakan metode yang pelaksanaannya menggunakan bahan yang ditambah seperi mengecor maupun mencetak.

Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan
Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan

Patung sendiri adalah tiruan orang, benda dan sebagainya dari batu, tanah liat, kayu dan lain lain. Tiruan manusia, hewan, dan hal lainnya sebenarnya dapat dilakukan. Tetapi tidak semua patung bisa menirukan alam. Misalnya patung abstrak. Lalu bagaimana cara menerapkan teknik seni patung? Apa saja alat seni patung yang digunakan? Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa?

Bahan patung biasanya dari bahan lunak dengan teknik pembuatan yang beraneka ragam. Salah satu bahan lunak yang digunakan untuk membuat karya seni adalah tanah liat. Apa saja alat alat yang digunakan? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang jenis jenis karya seni. Salah satu bentuk karya seni tersebut adalah kerajinan. Kerajinan adalah karya seni yang dibuat penciptanya menggunakan keterampilan dan keahlian tangan. Unsur inilah yang membedakan karya seni tersebut dengan produk industri karena produk industri dibuat dengan tenaga mesin. Pembuatan kerajinan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung jenis bahan yang digunakan.

Penggunaan bahan sendiri tergantung kekurangan dan kelebihannya masing masing sehingga kerajinan yang dibuat ini memiliki hasil akhir sesuai bahan dasar yang digunakannya. Salah satunya adalah bahan lunak. Apa itu bahan lunak? Pengertian bahan lunak adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat kerajinan. Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa? Bahan lunak biasanya memiliki sifat yang lunak dan lembek sehingga kita dapat menggunakan tangan untuk merubah bentuknya dengan mudah.

Teknik ukuran sering dipakai untuk menciptakan kerajinan dari bahan lunak yang estetik. Untuk melakukannya kita memerlukan alat khusus. Inilah yang memunculkan pertanyaan alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa. Apabila mendapati pertanyaan demikian jawabannya adalah Butsir.

Butsir adalah alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dimana bagian ujungnya runcing. Alat butsir ini biasanya terbuat dari kayu atau kawat dan berguna untuk pembuatan kerajinan bahan lunak seperti tanah liat tersebut.

Alat butsir biasanya sering ditemukan dalam salah satu soal seperti di bawah ini:

Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan . . .
A. Pahatan
B. Butsir
C. Pisau
D. Pengikir

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan B. Butsir.

Kita dapat memperindah kerajinan bahan lunak menggunakan alat khusus. Salah satu jenis alatnya adalah butsir. Butsir ini terdiri dari beberapa bentuk atau jenis. Untuk lebih jelasnya dapat perhatikan gambar di bawah ini:

alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan
Jenis Jenis Butsir

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan butsir. Fungsi butsir adalah memotong, membentuk, dan mengurangi tanah liat sebagai bahan dasar seni patung atau karya seni lainnya. Bentuk butsir tersebut hampir sama dengan pisau atau sudip dimana mata kawat atau mata logamnya tumpul.

Untuk mengukir kerajinan bahan lunak tak hanya menggunakan butsir semata. Tapi masih ada berbagai jenis alat yang bisa dipakai. Sayangnya alat alat itu tidak dijelaskan secara rinci di buku LKS. Sehingga pengetahuan siswa pun seolah jadi terbatas.

Untungnya berkat internet kita bisa mengetahui apa nama alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa. Sekarang, mari kita simak beberapa alat penunjangnya:

  1. Meja putar adalah meja yang memiliki sisi putar menuju segala arah. Kegunaan meja putar tersebut ialah untuk membentuk patung menjadi objek yang wujudnya seperti lingkaran, tabung, ataupun silinder.
  2. Alat pahat adalah alat yang digunakan untuk memahat, mengurangi atau membentuk tanah liat menjadi objek tertentu.
  3. Tang adalah alat yang dimanfaatkan untuk mengencangkan ikatan maupun memotong kawat.
  4. Sendok adukan adalah alat yang digunakan untuk mengambil adonan dari bahan patung maupun menempelkan adonan menuju kerangka patung tersebut.

Sekian penjelasan dari alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah butsir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here