1 Kg Berapa Liter? Konversi dan Contoh Soal

1 Kg Berapa Liter? Konversi dan Contoh Soal – Apa jawaban 1 kilogram berapa liter itu? Bagaimana konversi kg ke liter itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi satuan kg ke liter. Kilogram dan liter merupakan jenis satuan yang berbeda. Untuk itu cara konversinya sedikit berbeda dengan jenis satuan lainnya karena tidak dapat dilakukan secara langsung. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam Matematika terdapat jenis jenis satuan di dalamnya. Masing masing jenis satuan tersebut memiliki konsep, nilai dan kegunaan yang berbeda beda. Untuk itu tidak semua jenis satuan dapat digunakan untuk menyatakan barang yang satu dengan barang lainnya.

Dalam ilmu Matematika tentunya terdapat dua jenis satuan yang dapat dikonversikan satu sama lain. Misalnya saja liter dan kg. Sebagian siswa tentunya memiliki pertanyaan terkait kedua satuan ini. Pertanyaan pertanyaan tersebut dapat berupa 1 kg berapa liter, konversi kg ke liter dan contoh soal konversi kilogram ke liter. Bagi sebagian siswa tentunya meremehkan materi ini karena dianggap sepele. Namun apabila anda tidak mengerti konsepnya, maka materi tersebut akan terasa susah untuk dipahami. 

1 Kg Berapa Liter? Konversi dan Contoh Soal

Sebelum memahami cara konversi satuan kg ke liter tersebut tentunya anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian kilogram dan pengertian liter. Pengertian kedua jenis satuan tersebut tentunya dapat memudahkan anda memahami maksud dari satuan liter dan kg itu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 1 kg berapa liter? konversi kg ke liter dan contoh soal konversi kilogram ke liter. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Kg Berapa Liter? Konversi dan Contoh Soal

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa sebelum memahami konversi satuan kg ke liter ini memang sangat penting untuk mengerti apa itu kilogram dan apa itu liter. Agar anda lebih paham mengenai materi tersebut, maka perhatikan pengertian di bawah ini:

Pengertian Kilogram (Kg)
Satuan kilogram dapat diartikan sebagai jenis satuan berat atau massa yang tercantum dalam sistem Internasional (SI). Satuan kilogram ini memiliki lambang secara resmi yang berbentuk kg. Massa atau berat ini memiliki satuan dasar yang berbentuk gram. Nilai 1 kilogram (kg) setara dengan 1000 gram. Kemudian satuan berbasis gram ini juga dapat berupa hektogram (hm), dekagram (dag) dan lain lain.

Baca juga : Materi Kerucut Terpancung (Rumus Luas Selimut, Volume dan Contoh Soal)

Pengertian Liter
Satuan liter dapat diartikan sebagai salah satu jenis satuan volume. Sebenarnya dalam sistem Internasional terdapat satuan volume yang tidak memuat satuan liter di dalamnya. Untuk itu jika dikonversikan menjadi jenis satuan SI lainnya, maka tidak dapat dilakukan secara langsung sehingga membutuhkan perantara tertentu.

Massa Jenis (Densitas)

Setelah menjelaskan tentang pengertian kilogram dan pengertian liter di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang massa jenis atau densitas. Materi ini berisi jawaban 1 kg berapa liter, konversi kg ke liter dan contoh soal konversi kilogram ke liter tersebut. Kita tahu bahwa besaran berat atau massa memiliki satuan yang berbentuk kilogram. Sedangkan besaran volume memiliki satuan yang berbentuk liter. Kedua satuan ini jenisnya berbeda sehingga untuk melakukan konversi dibutuhkan unsur pendukung di dalamnya. 

Baca juga : Materi Bilangan Real: Pengertian, Sifat, Jenis, dan Contohnya

Besaran massa dapat dikonversikan menjadi besarann volume menggunakan besaran densitas atau massa jenis. Apa yang dimaksud massa jenis? Pengertian massa jenis ialah suatu benda yang memiliki massa setiap satuan volume. Pada umumnya massa jenis memiliki nama lain yang berupa densitas. Bagaimana rumus massa jenis itu? Massa jenis dapat dihitung menggunakan rumus seperti di bawah ini:

Massa Jenis = Massa / Volume
ρ = m / V

Konversi Kg ke Liter

Jawaban 1 kg berapa liter dapat diperoleh menggunakan konsep rumus massa jenis seperti di atas. Untuk itu besaran berat dapat dikonversikan menjadi besaran volume menggunakan rumus seperti berikut:

Volume = Massa / Massa Jenis
V = m / ρ

Contoh Soal Konversi Kilogram ke Liter

Agar anda lebih paham mengenai cara konversi satuan kg ke liter tersebut, maka saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait rumus di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Hitunglah berapa liter 2 kg beras jika massa jenisnya memiliki berat 0,753 kg/liter?

Pembahasan.
m = 2 kg, ρ = 0,753 kg/liter
V = m / ρ
   = 2 / 0,753
   = 2,656 L
Jadi volume 2 kg beras sama dengan 2,656 liter.

2. Hitunglah berapa liter 2 kg minyak jika massa jenisnya memiliki berat 0,933 kg/liter?

Pembahasan.
m = 2 kg, ρ = 0,933 kg/liter
V = m / ρ
   = 2 / 0,933
   = 2,143 L
Jadi volume 2 kg minyak sama dengan 2,143 liter.

Sekian penjelasan mengenai 1 kg berapa liter? konversi kg ke liter dan contoh soal konversi kilogram ke liter. Satuan kilogram dapat dikonversikan menjadi satuan liter menggunakan konsep massa jenis seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here